Dark
Light

Sistem Pembayaran Online yang Aman, Melindungi Konsumen Dalam Transaksi Online

by
1 min read
January 31, 2013

Perkembangan dunia jual beli online dan e-commerce di tanah air terus meningkat. Dalam beberapa tahun ke belakang ini pemain baru dan pemain lama e-commerce yang menyegarkan produk mereka semakin berbenah diri untuk memikat hati konsumen.

Di sisi lain, pengguna internet yang terus meningkat menjadikan Indonesia sebagai pasar yang sangat potensial untuk e-commerce. Pertumbuhan kalangan menengah serta tingkat literasi pelaku jual beli online juga semakin bertumbuh. E-commerce sendiri bukan barang baru, namun kebangkitannya ini menandai tonggak baru industri ini di tanah air.

Meski tumbuh cukup pesat, masih ada satu persoalan besar yang menghambat e-commerce di Indonesia untuk landas yaitu masalah kepercayaan konsumen pada situs e-commerce. Konsumen masih belum percaya dengan sistem penjualan yang proses jual belinya non fisik, belum percaya untuk memberikan nomor kartu kredit ke layanan e-commerce dan masih takut dengan penipuan.

Namun sebenarnya krisis kepercayaan ini bisa ditemukan pemecahannya. Salah satu dari banyak cara adalah menggunakan layanan pembayaran yang telah terjamin keamanannya.

Tidak semua e-commerce bisa menyediakan sistem pembayaran sendiri, kini ada banyak layanan yang menyediakan sistem pembayaran yang aman dan terlebih mudah untuk diaplikasikan ke toko online.

Para pelaku e-commerce bisa menggunakan sistem pembayaran ini dengan mudah, cepat dan yang bisa meningkatkan proses kinerja di toko online mereka. Namun, pemilihan layanan yang menyediakan sistem pembayaran juga harus diperhitungkan dengan baik.

Penyedia sistem pembayaran yang aman akan memberikan rasa aman pada calon pembeli, artinya kepercayaan konsumen harus dibangun oleh penyedia layanan e-commerce agar konsumen bisa nyaman dan tidak menemukan masalah dalam melakukan pembelian dan pembayaran produk di toko online yang disediakan.

Keamanan menjadi hal penting, penggunaan kartu kredit banyak disorot karena masih banyak kejadian tidak mengenakan atau penipuan yang terjadi atas penggunaan kartu kredit. Sistem pembayaran yang menggunakan ReD Shield dan PCI-DSS adalah salah satu pencegahan dan jaminan agar proses pembayaran bisa aman.

Payment Card Industry – Data Security Standard (PCI-DSS) adalah sebuah standar propietary keamanan informasi yang ditujukan untuk organisasi yang menangani informasi kartu untuk kartu debit umum, kartu kredit, prepaid, e-purse, ATM dan POS. Standar ini dibuat untuk meningkatkan kontrol atas data pemilik kartu untuk mencegah penipuan atas kartu kredit yang digunakan. Standar ini juga sangat penting pelaku e-commerce yang ingin memiliki layanan sistem pembayaran online.

Edukasi atas kemanan ini perlu dilakukan terus menerus, karena akan berhubungan dengan perilaku konsumen. Tetapi juga pelaku e-commerce atau pemilik layanan jual beli online telah mempersiapakan keamanan yang baik bagi calon konsumen mereka, edukasi akan lebih mudah dilakukan, dan pertumbuhan internet serta e-commerce di tanah air bisa dimanfaatkan dengan baik untuk memajukan industri berbasis digital.

*) Artikel ini adalah advertorial yang disponsori oleh Veritans Indonesia, layanan yang menjadikan pembayaran online lebih mudah, cepat dan lebih aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Akhir Februari 2013, Konsumen Lokal Sudah Bisa ‘Lihat’ BlackBerry 10?

Next Story

App Annie Index: Pendapatan Aplikasi iOS Masih Memimpin, Pendapatan Aplikasi Android Tumbuh Pesat

Latest from Blog

Don't Miss

Belajar Mobile Photography, Kiat Memotret dengan Kamera Smartphone

Belajar Mobile Photography, Kiat Memotret dengan Kamera Smartphone

Mobile photography adalah salah satu skill penting yang perlu dikuasai

Tips Streetphotography dengan Ponsel 

Kami berbincang dengan mentor dari acara workshop foto Hybrid tentang