3 September 2014

by Yoga Wisesa

The Sims 4 Telah Tersedia di Toko Game Retail Indonesia

Awal bulan September ini adalah momen yang paling dinanti oleh jutaan fans seri The Sims di seluruh dunia, akhirnya The Sims 4 telah mendarat! Dan berita gembira untuk para gamer di Indonesia, The Sims 4 sudah tersedia di toko-toko retail video game lokal - beberapa hari lebih cepat dari peluncuran Inggris, Australia dan sebagian negara Eropa.

Sebenarnya, The Sims 4 telah tersedia di Amerika Utara semenjak tanggal 2 September kemarin. Tapi karena perbedaan waktu yang, ketersediaan game tersebut di Indonesia hampir berbarengan dengan tetangga kita di sana. Belakangan, Electronic Arts juga mengeluarkan kebijakan untuk tidak merilis 'early copy' bagi media game - biasanya digunakan sebagai review.

Dengan alasan itu, gamer biasa tidak didahului para reviewer profesional dalam mengulik konten The Sims 4. Saat artikel ini ditulis, belum ada satupun media besar seperti IGN, GameSpot, Kotaku atau Destructoid mempublikasikan ulasan mereka. Satu-satunya rating yang bisa Anda simak ialah user review di Metacritic.

 

Info menarik: Daftar Permainan Role-Playing Modern Terbaik Untuk Platform Game Pilihan Anda

 

Kaget melihat skornya? Entah apa alasannya, hal unik ini hampir selalu terjadi pada judul-judul permainan hasil publikasi Electronic Arts. Tapi tentu saja sebaiknya kita tetap berpedoman pada ulasan profesional sebagai alat tolak ukur kualitas permainan.

Setidaknya ada tiga buah toko retail terpercaya yang sudah mulai menjual The Sims 4, mereka adalah Drakuli, GS Shop, dan Butik Games. Jika berpatokan pada standard edition yang ditawarkan seharga US$ 70 di Origin, versi retail lokal memang jauh lebih murah.

Di sana, The Sims 4 dibanderol seharga Rp 500 ribuan. Biasanya, Drakuli-lah yang menyajikan harga termurah. Tapi sepertinya sedang ada diskon di GS Shop: harga normal Rp 565 ribu menjadi Rp 510 ribu. Namun situs tersebut masih menuliskan 'ready stock for pre-order', sedangkan Drakuli sudah menyetoknya dan saya telah mengkonfirmasinya langsung.

 

Info menarik: New Nintendo 3DS Resmi Diumumkan

 

Drakuli juga tampaknya menawarkan beberapa edisi berbeda. Anda bisa memiliki The Sims 4 Premium Edition dengan harga Rp 950 ribu, berisi bonus konten in-game tambahan Up All Night dan Life of the Party, serta buku hardcover Creator's Guide. Jika itu belum cukup, silakan beli The Sims 4 Collector's Edition yang ditawarkan Rp 1,25 juta.

Sudah siap memesan The Sims 4? Pastikan PC Anda memenuhi kriteria hardware minimal di bawah ini:

  • Sistem operasi XP Service Pack 3, Windows Vista Service Pack 2, Windows 7, Windows 8 dan Windows 8.1
  • Prosesor Intel Core 2 Duo 1,8GHz, AMD Athlon 64 dual-core 4000+ atau setara. Untuk PC dengan chipset build-in, game membutuhkan Intel Core 2 Dua 2GHz atau AMD Turion 64 X2 TL-62
  • Hard disk 9GB ditambah ruang kosong 1GB
  • RAM minimal 2GB
  • Kartu grafis dengan VRAM 128MB dan mendukung Pixel Shader 3.0, Nvidia GeForce 6600, ATI Radeon X1300, Intel GMA X4500, atau GPU terbaru
  • Chip suara kompatibel DirectX 9.0C

Cukup rendah bukan?

Gambar header: TheSims.com.