Dark
Light

[Simply Business] Kebangkitan Social Media Reseller

2 mins read
May 18, 2012

Industri e-commerce di Indonesia memang dalam masa pertumbuhan. Kita telah melihat banyaknya dukungan dari layanan payment gateway atas pertumbuhan ini serta perusahaan terkenal dengan kantong tebal. Namun sayang, sebagian orang masih menjual produk mereka di Facebook. Ya, Facebook!

Facebook tidak pernah diperuntukkan sebagai tempat menjual barang, namun pengguna Indonesia melakukannya. Ini juga terjadi di Multiply, Friendster dan bahkan BlackBerry Messenger Groups. Di mana orang berkumpul, maka disitulah para penjual melakukan aksinya.

Mari kita lihat Multiply. Perusahaan ini melakukan pivot dari situs jejaring sosial menjadi marketplace karena mereka melihat pertumbuhan yang pesat dari para penjual yang menggunakan Multiply sebagai sarana untuk menjual barang di negara Asia seperti Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Setelah pivot ini, Multiply kini diperhintungkan sebagai tempat tujuan belanja online sosial di Filipina dengan lebih dari 120.000 penjual yang menjual dagangannya ke lima juta pengguna. Melihat besarnya pasar di Asia, mereka bahkan memindahkan kantor pusat mereka ke Indonesia dan akan berkonsentrasi pada ekspansi e-commerce mereka di Asia Tenggara.

Multiply adalah perusahaan besar yang bekerja dengan cara yang besar pula, kini mari kita lihat penjual dengan skala yang lebih kecil: mereka yang benar-benar menjual produk di media sosial. Kebanyakan orang yang saya kenal yang menjual barang dagangan mereka di media sosial adalah ibu muda. Dari informasi yang saya kumpulkan, mereka mengklaim mendapatkan pemasukkan $1000-$3000 per bulan, yang adalah lebih banyak 10-30 kali lipat dari gaji minimun orang Indonesia yang sebesar $120.

Media sosial yang paling populer untuk berjualan adalah Facebook. Sangat mudah untuk mengunggah foto lalu men-tag semua orang yang kita kenal. Acungkan tangan jika Anda belum pernah di-tag oleh teman yang berjualan barang tertentu. Saya mendapatkan pengalaman tersebut berulang kali dan sesungguhnya cukup menyebalkan. Tetapi yang membuat saya terkejut, dari berbagai komentar yang saya baca, orang ternyata membeli barang-barang tersebut.

Tempat kedua yang paling populer adalah BlackBerry Messenger Group (BBM Group). Hanya karena sangat mudah untuk menyiarkan pesan kepada ratusan orang dari kontak dan adanya fasilitas untuk menyimpan gambar yang bisa dilakukan dengan mudah. Pengguna BlackBerry sangat kecanduan BBM dan adanya fakta bahwa lima juta orang Indonesia memiliki BlackBerry, adalah faktor lain yang menjadikannya pilihan untuk berjualan.

Secara pribadi saya sendiri menemukan bahwa berjualan di Facebook atau BlackBerry Messenger Group cukup rumit. Namun hal ini menjadi lebih mudah bagi sebagian besar orang jika Anda mempertimbangkan faktor bahwa mereka telah mengkustomisasi sistemnya. Sistem e-commerce seperti Tokopedia mungkin menyediakan pendekatan yang sederhana dan langsung pada layanan e-commerce, tetapi menurut saya Tokopedia masih belum bisa mengalahkan jumlah penjual sporadis di Facebook atau BBM Group, atau tidak juga bisa mengalahkan jumlah orang (jutaan pembeli potensial!) yang telah menggunakan platfrom tersebut.

Penggunaan BlackBerry Messenger sebagai sebuah alat berdagang tidak hanya eksklusif milik pedagang personal, karena beberapa pemilik merek juga melakukannya. Kita bisa melihat semakin banyak mall yang menggunakan BBM sebagai platfrom untuk menyebarkan informasi diskon. Seperti yang dilakukan Brodo Footwear yang menggunakan BBM sebagai saluran customer service mereka. Brodo memiliki 2 perangkat BlackBerry khusus yang secara total memiliki lebih dari 1500 kontak. Mereka mengklaim bahwa lebih dari 50% penjualan terjadi di BBM! Ini cukup lucu mengingat mereka sebenarnya memiliki toko online dengan sistem keranjang belanja yang cukup baik. Mungkin orang terlalu malas atau lebih memilih komunikasi langsung dengan penjual ‘asli’ meski hanya lewat teks.

Social Media Reseller atau Pedagang media sosial adalah sebuah fenomena yang menarik dan suka tidak suka masih menjadi sesuatu yang populer dalam menjual barang. Hal ini mungkin mengganggu namun selama kita masih belum memiliki platform yang cukup mudah untuk digunakan dan secara luas dipakai oleh banyak orang, orang akan tetap men-tag Anda dengan produk jualan mereka serta menyebarkan info barang dagangan lewat BBM.

*Untagged*

Aria Rajasa adalah CEO dari GantiBaju.com, startup di bidang busana yang tidak berbeda dengan Threadless tetapi dengan sentuhan lokal Indonesia, GantiBaju juga memiliki komunitas desain yang sangat kuat. Semangat Aria di dunia wirausaha membuatnya mendirikan beberapa perusahaan setelah lulus kuliah.

8 Comments

  1. gue paling suka deh baca semua tulisannya om Aria Rajasa, you are the best man, because you are a pragmatic and praktisi langsung di bisnis internet

  2. kemaren udah tulis comment panjang lebar di tulisan asli yang versi inggris http://dailysocial.net/en/2012/05/16/simply-business-the-rise-of-social-media-reseller/

    Intinya sih penasaran aja, 1000-3000 USD itu revenue atau profit ya? Kalau profit berarti hebat banget 🙂 Trus dari pengalaman baik sebagai buyer dan seller memang Indonesia punya cara berbelanja yang unik, apa yang udah sukses di negara lain, di Indo belum tentu. Tapi sebagai native dari Indonesia justru kelebihan kita karena kita tau gimana habit orang Indo kan :))

  3. datanya tidak bersumber dengan jelas…dan memang tidak ada sumber itu, kalau hanya berdasarkan pengamatan tanpa data kuantitatif, itu namanya bias, meskipun statistik juga hanya mendekati benar, alangkah baiknya jika tulisan didukung data kuantitatif yang sahih.

  4. ^_^,.. merujuk ke data 3 juta lebih pengguna blackberry rasanya pantes klo jalur bbm di gunakan buat berdagang. karena yg di cari itu simpel gk ribet terpercaya.. ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Mobile Games Developer War 3 Pamerkan 15 Finalisnya di Malioboro Mall

Next Story

[Dailyssimo] Sebidang Taman bernama Social Media

Latest from Blog

Don't Miss

Meta sedang siapkan chatbot AI untuk produk-produknya

Meta Segera Luncurkan Chatbot AI dengan Banyak Kepribadian

Sejak ChatGPT diluncurkan November tahun lalu, chatbot AI terus menjadi

Alasan Meta Rilis Threads, Pesaing Twitter

Elon Musk resmi membeli Twitter seharga US$44 miliar pada Oktober