Dark
Light

Siap-siap, Bandung Akan Miliki Akses Internet (Hotspot) di Setiap RW

by
1 min read
August 2, 2012

Minggu kemarin PikiranRakyat menerbitkan berita yang mengatakan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan segera mewujudkan kota Bandung sebagai cybercity, dengan salah usahanya membuat hotspot akses internet di kurang lebih 1500 RW di kota Bandung.

Program ini dijalankan atas kerja sama Pemkot dengan Telkom dan menjadi cikal bakal menuju cybercity. Program RW net ini akan menghadirkan hotspot tidak hanya di kantor RW tetapi juga di seluruh taman kota di Bandung.

Kegunaan RW net ini adalah untuk membantu masyarakat dalam melakukan kontrol pada kebijakan pemerintah, seperti laporan infrastruktur, jalan dan program pembangunan lain. Serta bisa menjadi media untuk memberikan saran dan keluhan pada Pemerintah.

Kegunaan lain yang akan dikembangkan adalah untuk tempat pembayaran online, seperti untuk pembayaran pulsa, token listrik, tagihan PDAM dan pembayaran lain.

Saat ini program masih tahap sosialisasi, setelah tahap baru kemudian akan dibangun jaringan dan infrastruktur. Targetnya akan selesai Oktober 2012 mendatang.

Belum ada keterangan resmi apakah hotspot ini akan tersedia gratis atau akan ada biaya, namun seperti yang dikutip dari Pikiran Rakyat, Edi Siswadi РSekretaris Kota Bandung mengatakan program ini bisa membari masukan keuangan terhadap kas RW, jadi sepertinya akan ada biaya untuk menggunakan fasilitas hotspot ini, meski harganya bisa diperkirakan akan murah.

Menarik untuk melihat perkembangan program cybercity ini selanjutnya, antusias masyarakat sepertinya sudah bisa diprediksikan akan tinggi, karena pertumbuhan penggunaan internet yang juga semakin tinggi.

Sumber: PikiranRakyat, DailySocial. Gambar: Bem.fk.uns.ac.id.

 

Previous Story

Efek Foto Instagram Kini Tersedia di Adobe Photoshop

Next Story

Paling “Bawel” di Twitter, Indonesia Duduki Peringkat Ketiga Supporter Olimpiade

Latest from Blog

Don't Miss

Bandung Startup Pitching Day 2020

Bandung Startup Pitching Day 2020 Berhasil Digelar, Diikuti 50 Startup dan 31 Pemodal Ventura

Thegreaterhub SBM ITB, LPIK ITB, Startup Bandung, Startup Grind Bandung,
Sepatu Pijak Bumi

Produsen Sepatu “Pijak Bumi” Manfaatkan Kanal Digital Sampaikan Visi Produk

Identitas merek atau produk bisa dibangun lewat berbagai macam media. Pijak