Gadget News
for SEO
Gadget News

[Tekno] Shopify Mudahkan Brand dan Kreator Berjualan NFT Langsung Lewat Situs Masing-Masing

20 December 2021Glenn Kaonang

Dari proses minting NFT sampai pembayarannya, semua akan diurus oleh Shopify, dan pembayarannya pun tidak harus menggunakan cryptocurrency

Berdasarkan observasi pribadi, salah satu alasan populer yang banyak dilontarkan oleh mereka yang enggan menelusuri lebih jauh perihal NFT adalah keterkaitannya dengan cryptocurrency. Buat sebagian orang, crypto dinilai menambah kompleksitas, dan semuanya akan lebih mudah seandainya mereka dapat menggunakan metode pembayaran yang sama seperti yang mereka gunakan saat berbelanja online seperti biasanya.

Berhubung NFT masih baru, wajar kalau prosesnya masih tergolong rumit. Kalau kita ingat, belanja online pun dulunya tidak semudah sekarang. Namun berkat bantuan platform e-commerce seperti Shopify, berbelanja online di jutaan situs di seluruh dunia kini terasa jauh lebih simpel, baik bagi pihak pembeli maupun penjual. Nah, premis yang sama itu rupanya juga ingin Shopify hadirkan untuk tren NFT.

Melalui sebuah cuitan, co-founder sekaligus CEO Shopify, Tobias Lütke, mengumumkan bahwa platform Shopify kini dapat digunakan untuk berjualan NFT. Tidak perlu ke OpenSea atau Rarible, brand atau kreator bisa menjual koleksi NFT-nya langsung lewat situsnya sendiri (yang elemen e-commerce-nya ditenagai oleh platform Shopify).

Mulai dari proses minting sampai pembayarannya, semuanya akan diurus oleh Shopify berkat kemitraannya dengan perusahaan spesialis blockchain bernama GigLabs. Blockchain yang didukung tidak melulu Ethereum, melainkan juga Polygon, Near, dan Flow.

Pembayarannya pun tidak harus menggunakan crypto, tapi bisa juga dengan Shopify Payments, Shop Pay, maupun kartu kredit/debit. Selesai membayar, pembeli bisa langsung mengklaim aset NFT-nya melalui email, dan menambahkannya ke crypto wallet masing-masing. Sekali lagi, tujuannya adalah mempermudah proses transaksi NFT, baik untuk pihak pembeli maupun penjual.

Untuk sekarang, program NFT di Shopify ini sayangnya masih berstatus beta, dan baru bisa diikuti oleh merchant terpilih yang berdomisili di Amerika Serikat saja. Bukan cuma itu, merchant-nya juga wajib menjadi pelanggan Shopify Plus terlebih dulu (yang sendirinya tidak murah, dengan tarif $2.000 per bulan), dan itu pun belum bisa menjamin mereka bakal langsung diberi lampu hijau untuk berjualan NFT, sebab masih ada proses seleksi yang harus dijalani.

Gambar header: Twitter @ethmessages via Unsplash.

Play video

19 May 2022

Dampak Penggunaan NFT Dalam Game #hybridhighlight

Episode pertama dari #hybridhighlight. Kali ini akan membahas tentang maraknya blockchain game dan dampak buruk dari ...

Others from #HybridTV