17 January 2023

by Wiku Baskoro

Sharp Pamerkan Prototipe Perangkat VR

Salah satu hal menarik dari prototipe VR dari Sharp ini adalah kemampuannya untuk bisa dilipat

Ajang CES 2023 memang sudah berlalu namun bukan berarti bahasan tentang produk yang hadir di acara ini berakhir begitu saja. Salah satunya adalah prototipe dari Sharp yang menghadirkan head mounted display untuk VR.

Sharp Corporation menghadirkan prototipe untuk sebuah tampilan VR (Realitas Virtual) yang dapat dipasang di kepala dan terhubung ke smartphone.

Alat ini sangat ringan dengan berat hanya 175 gram dan memiliki gambar berkualitas tinggi. Prototipe ini dapat dihubungkan menggunakan teknologi canggih Sharp seperti layar VR yang sangat ringan dan lensa mata tipis. Keunggulan dari bobot yang ringan dimungkinkan salah satunya karena pengalaman Sharp yang mengembangkan smartphone sehingga mampu membuat prototipe ringan yang bisa digunakan dalam waktu lama.

Produk ini juga dapat dilipat menjadi ukuran yang kecil sehingga mudah dibawa kemana saja. Dari sisi layar, prototipe ini mampu menghadirkan definisi tinggi 4K (2K per mata) dan reproduksi halus dengan kecepatan refresh 120 Hz. Memungkinkan menghadirkan gambar yang sangat realistis.

Sharp menggabungkan modul kamera warna RGB Sharp serta lensa polimer untuk hasil fokus otomatis yang ultra cepat. Tampilan gambar yang kaya warna dan realistis juga disebutkan Sharp bisa dihasilkan lewat perangkat ini. Ada pula fitur gambar pop-up yang menampilkan dunia nyata di sekitar dalam jendela terpisah di ruang VR.

Dijelaskan dalam rilis, Sharp menyebutkan bahwa pemfokusan gambar dicapai dengan mengubah ketebalan lensa polimer, yang berarti pemfokusan jauh lebih cepat daripada kamera konvensional. Bahkan saat posisi fokus berpindah, sudut pandang tetap sama, yang berarti mengurangi rasa mual dan pusing. Selain itu, headset ini juga memiliki dua kamera B/W untuk mendukung fitur pelacakan tangan yang mengenali gerakan tangan pengguna dan mengubahnya menjadi operasi di bidang yang terlihat.

Fitur ini memungkinkan operasi yang intuitif tanpa perlu menggunakan pengontrol. “Dengan dimulainya pengembangan ini, Sharp akan mempercepat penciptaan pengalaman baru yang menggabungkan dunia nyata dan virtual”, kata Robert Wu selaku CEO Sharp Corporation.

Fitur utama dari prototipe VR Sharp:

  • Bodi ultra ringan dengan bobot hanya sekitar 175 gram berkat perangkat canggih Sharp dan kemampuan miniaturisasi yang berasal dari pengembangan smartphone.
  • Layar dengan kualitas 4K (2k per mata) dan reproduksi halus dengan kecepatan refresh 120 HZ.
  • Modul kamera RGB menggunakan lensa polimer memungkinkan pemfokusan otomatis yang cepat serta tampilan yang nyaman.