13 October 2016

by Bambang Winarso

Sharp Aquos Xx3 Mini, Si Kecil yang Punya Layar FullHD IGZO dan Kamera 21MP

Layarnya hanya 4,7 inci, tapi kepadatan pikselnya di atas rata-rata, sistem operasinya juga sudah Android 7.0 Nougat

Sharp sepertinya mulai menikmati peran barunya di ranah mobile. Setelah melahirkan beberapa perangkat smartphone sebagai permulaan, Sharp kembali memperkenalkan satu lagi smartphone berbasis Android yang dijuluki Aquos Xx3 Mini.

Kendati baru akan tersedia bulan Februari 2017, Sharp Aquos Xx3 Mini tetap menarik untuk diulas berkat hadirnya beberapa komponen yang menarik perhatian. Misalnya, kehadiran komponen layar FullHD IGZO yang menghantarkan kepadatan piksel hingga 469ppi. Padahal penampang layar yang digunakan hanya 4,7 inci. Pun demikian, tampilan ringkas ini justru tampak lebih menarik bagi mereka yang tak menyukai ponsel bongsor.

Beberapa varian warna Sharp Aquos Xx3 Mini

Bahkan di atas kertas, kualitas layar Aquos Xx3 mini jauh meninggalkan smartphone Sony Xperia X Compact yang masih menggunakan layar 720p dengan kepadatan piksel hanya 319ppi. Ada perbedaan besar yang memisahkan keduanya, kendati dari segi harga mungkin Sharp lebih bersahabat. Sayangnya, sampai saat ini belum ada informasi resminya soal itu.

Menyoal performa, Sharp Aquos Xx3 mini mengandalkan chipset Snadpragon 617 yang merupakan chipset dengan prosesor delapan inti. RAM yang dibawa mempunyai kapasitas 3GB, memori 16GB dengan tambahan slot microSD jika pengguna membutuhkan tambahan ruang simpan.

Di sektor kamera, Aquos Xx3 mini tampaknya juga tak ingin disepelekan oleh Sony ataupun Oppo. Untuk itu, Sharp dengan berani membenamkan kamera 21MP di belakang Aquos Xx3 mini dan 8MP di bagiandepan.

Kehadiran sistem operasi Android 7.0 Nougat jelas jadi kejutan besar, di samping dukungan VoLTE dan juga NFC yang makin membuat Aquos Xx3 mini terlihat istimewa.

Sumber berita Sharp dan GSMArena.