5 December 2016

by Yoga Wisesa

Setelah PS4 dan Xbox One, Stardew Valley Akan Hadir di Nintendo Switch

Kabar kurang gembiranya, Chucklefish Games harus membatalkan versi WII U Stardew Valley.

Selain terinspirasi, Eric Barone juga terang-terangan bilang bahwa Stardew Valley ia buat untuk menyempurnakan sejumlah kekurangan di Harvest Moon. Tertarik dengan kreasinya itu, Finn Brice selaku direktur studio indie Chucklefish Games akhirnya mengajak sang desainer untuk bekerja sama, dan hasil dari kolaborasi tersebut ialah permainan role-playing terbaik di 2016.

Kesuksesan Stardew Valley di PC (terjual satu juta kopi lebih kurang dari dua bulan) mendorong Chucklefish Games mengekspansi permainan mereka ke lebih banyak platform. Via website, developer mengumumkan rencana untuk melepas Stardew Valley di PlayStation 4 dan Xbox One tak lama lagi. Dan setelah itu, permainan nantinya juga dapat dinikmati di console hybrid Nintendo Switch.

Namun di tengah-tengah kabar gembira ini, developer juga menyampaikan berita yang kurang menggembirakan. Chucklefish Games dengan berat hati harus membatalkan versi WII U Stardew Valley, melihat kondisi platform game tersebut. Developer memutuskan untuk fokus pada Switch karena menurut mereka console anyar itu menyimpan kemampuan unik yang membuat pengalaman bermain Stardew Valley jadi lebih mengasikkan.

Dirilis pertama kali di PC bulan Februari silam, grafis 2D pixelated merupakan pesona utama dari RPG simulasi pertanian ini. Permainan menempatkan Anda sebagai seorang individu yang memperoleh warisan tanah dari sang kakek. Seperti Harvest Moon, Anda ditugaskan merawatnya, dipersilakan menanam tanaman serta memelihara hewan ternak. Selain itu Anda dapat membuat kerajinan, menambang, bersosialisasi dengan penduduk desa, bahkan bisa menikah.

Layaknya RPG, game menyuguhkan banyak quest dan pekerjaan. Dengan menyelesaikannya, Anda akan mendapatkan uang tambahan atau memperoleh material/item khusus buat diberikan ke Community Center. Stardew Valley juga menyimpan elemen procedurally-generated, diimplementasikan ke dalam gua tempat pemain menambang dan berburu monster.

Semua kegiatan tersebut akan mengurangi level stamina dan tugas pemain adalah mengelola aktivitas karakter mereka. Waktu juga terus berjalan, jadi Anda sebaiknya melakukan hal-hal penting terlebih dulu. Tidur malam dapat mengembalikan kembali stamina sang karakter, dan jika energi lebih dulu habis sebelum ia istirahat, maka Anda mungkin akan kehilangan uang serta item. Stardew Valley memanfaatkan sistem kalender sederhana, tanpa membebani player dengan deadline.

Stardew Valley rencananya akan mendarat di PlayStation 4 dan Xbox One pada tanggal 13 Desember besok. Sayangnya, Chucklefish Games belum mengonfirmasi apakah game akan tersedia di hari pertama peluncuran Nintendo Switch atau tidak.