Dark
Light

Setelah 24 Tahun Berlalu, Streets of Rage 4 Resmi Diumumkan

1 min read
August 28, 2018

Seri permainan Streets of Rage (dengan judul Jepang Bare Knuckle) akan selalu mengingatkan saya pada malam panjang tanpa tidur yang saya habiskan bersama adik dan sepupu puluhan tahun silam. Sega punya rencana untuk melepas Streets of Rage sebagai tetralogi, namun seri permainan ini terhenti di game ketiga yang dirilis di tahun 1994.

24 tahun setelah itu, terdengarlah kabar soal pengembangan permainan keempat Streets of Rage. Seperti game-game sebelumnya, proyek ini merupakan kolaborasi antara Sega dengan sejumlah tim developer berbeda – di antaranya Lizardcube, Guard Crush Games, serta Dotemu. Dotemu akan berperan menjadi publisher-nya, sedangkan Lizardcube diberi tanggung jawab buat menangani segala aspek visual permainan.

Berdasarkan penjelasan developer, Streets of Rage 4 diramu sebagai penerus seri ini. Trailer perdananya fokus pada dua karakter utama, yaitu Axel Stone dan Blaze Fielding, dan game di-setting ‘bertahun-tahun’ setelah Streets of Rage 3 berakhir. Ketiga tim tersebut berjanji untuk menyuguhkan elemen gameplay beat ’em up klasik yang dikombinasikan bersama mekanisme baru racikan Guard Crush Games.

SoR4 1

Penuturan Lizardcube mengindikasikan dukungan mode multiplayer kooperatif dua orang. Trailer juga baru memperlihatkan Axel (dengan janggutnya) dan Blaze, sedangkan bagi fans, ada karakter-karakter protagonis lain yang dahulu bisadimainkan – misalnya Adam Hunter, Skate, Max Thunder, dan Roo. Belum diketahui apakah mereka akan hadir di Streets of Rage 4 atau tidak.

SoR4 2

Salah satu pesona dari franchise Streets of Rage adalah visual 16-bit pixelated penuh warna dan alunan lagu yang terinspirasi dari musik dance 90-an kreasi Yuzo Koshiro dan Motohiro Kawashima. Developer bermaksud untuk meneruskan tradisi ini, dan khusus pada aspek grafisnya, Lizardcube mengusung art direction dua dimensi yang digambar menggunakan tangan – dikerjakan oleh para talenta di belakang Wonder Boy: The Dragon’s Trap.

SoR4 4

Saat artikel ini ditulis, belum diketahui kapan tepatnya Streets of Rage 4 akan dirilis. Menariknya, ada indikasi cukup kuat bahwa Sega akan melepas permainan di PC dan Switch, sedangkan platform lainnya belum dikonfirmasi.

SoR4 3

Dalam industri gaming, nostalgia memang bisa menjadi senjata ampuh dalam menggaet perhatian calon konsumen. Para gamer veteran kemungkinan besar akan memasukkan Streets of Rage 4 dalam daftar ‘spotlight-nya’. Tapi tentu nostalgia saja tidak cukup. Developer tak boleh lupa buat menawarkan sesuatu yang baru, dan memastikan agar kejadian seperti Mighty No. 9 tak terulang lagi. Khusus buat Streets of Rage 4, saya pribadi berharap adanya dukungan multiplayer co-op lebih dari dua orang.

Previous Story

CD Projekt Red Pamerkan Gameplay Perdana Cyberpunk 2077, Kontennya Luar Biasa

Next Story

Bang & Olufsen Sulap Dua Speaker Mahalnya Jadi Smart Speaker

Latest from Blog

Don't Miss

ASUS Mini PC

ASUS Mini PC ExpertCenter PN53 dan PN64 Resmi Hadir di Indonesia: Pilihan Prosesor AMD atau Intel

ASUS Open Platform Business Group (OPBG) saat ini meluncurkan 2
Sega batalkan rencana kembangkan game blockchain

Berubah Haluan, Sega Batalkan Rencananya Kembangkan Game Blockchain

Pamor game blockchain belakangan relatif meredup. Termakan hype AI itu