Internet
for SEO
Internet

Sering Salah Kirim Email? Aktifkan “Undo Send” di Gmail

24 June 2015Glenn Kaonang

Setidaknya sekali seumur hidup kita pernah salah mengirim email. Entah itu email untuk teman SD yang tanpa sengaja terkirim ke bos, atau sebaliknya, salah kirim email bisa berakibat fatal.

Maka dari itu, Gmail Labs memperkenalkan fitur “Undo Send” di tahun 2009. Selang enam tahun kemudian, fitur tersebut akhirnya ‘lulus’ secara resmi.

Undo Send kini bisa diaktifkan oleh semua pengguna Gmail tanpa harus berkunjung ke Labs terlebih dulu. Buat yang sudah memakai versi Labs-nya, fitur ini akan aktif secara default. Buat yang belum, mereka bisa mencentangnya di laman Settings, tab General.

Info menarik: Kirim File Berukuran Besar via Ekstensi Dropbox untuk Gmail Kini Makin Mudah

Sebagai informasi, fitur Undo Send ini memungkinkan kita untuk membatalkan pengiriman email. Jadi saat diaktifkan, akan muncul tombol “Undo” setiap kali Anda mengirim email. Tekan tombol tersebut, maka email tidak jadi dikirim, dan Anda pun bisa merevisinya dengan lebih teliti lagi.

gmail-undo-send

Rentang waktunya pun bisa Anda atur sesuai keinginan, mulai dari 5 detik sampai 30 detik. Jadi kalau memang seringkali Anda butuh waktu 30 detik sebelum menyadari bahwa Anda salah mengirim email, well, Anda punya opsinya.

Catatan penting: fitur Undo Send ini belum tersedia untuk aplikasi mobile Gmail. Anda baru bisa menikmatinya jika mengakses Gmail dari web browser.

Via: VentureBeat. Gambar header: Gmail via Shutterstock.

Play video

17 May 2022

Review Xiaomi Redmi Note 11 Pro, Sajikan Pengalaman Premium Dengan Desain Lebih Kekinian

Bulan lalu, saya kedatangan Poco M4 Pro dan disusul Xiaomi Redmi Note 11 Pro. Dua smartphone ini mengusung spesifikasi ...

Others from #HybridTV