Seri Laptop Gaming ASUS ROG dengan Intel Core Generasi ke 13 Resmi Hadir di Indonesia

ASUS mengeluarkan jajaran laptop gaming ROG tahun 2023 dan meresmikannya di Indonesia. Apa saja yang dihadirkan oleh ASUS kali ini?

Pada tanggal 4 Mei 2023 lalu, ASUS resmi menghadirkan jajaran laptop gaming ROG terbaru yang ditenagai oleh prosesor 13th Gen Intel Core. Acara peluncurannya ini sendiri bertempat di Mall of Indonesia Kelapa Gading. Kali ini, ASUS menyediakan pilihan yang lengkap bagi semua gamers di Indonesia karena mengeluarkan 6 lini produk secara sekaligus.

Jimmy Lin selaku ASUS Regional Director, Southeast Asia mengatakan bahwa jajaran laptop gaming ROG terbaru kali ini tampil lebih powerful berkat prosesor 13th Gen Intel Core. Selain itu, seumanya dibekali dengan berbagai upgrade mulai dari sistem pendingin hingga kualitas layar. ASUS meluncurkan enam lini produk yang dihadirkan oleh ASUS kali ini mulai dari ROG Strix SCAR 16/18, ROG Zephyrus M16, ROG Zephyrus G16, ROG Strix G16/18, ROG Flow Z13, hingga TUF Gaming F15 terbaru.

Prosesor Intel Core i Generasi ke 13 memang menjadi dapur pacu pada setiap perangkat yang diluncurkan kali ini. Dibandingkan dengan prosesor generasi sebelumnya, prosesor terbaru Intel Core i9-13980HX mampu menghasilkan performa single thread hingga 11% lebih tinggi. Sementara peningkatan performa multitask-nya meningkat hingga 49% lebih tinggi. Prosesor tersebut juga dibekali dengan teknologi Intel Killer WiFi 6E, Bluetooth LE Audio, serta Thunderbolt 4.

Selain 13th Gen Intel Core HX Series, laptop ROG juga mengadopsi penggunaan prosesor 13th Gen Intel Core H Series. Varian tertingginya yaitu Intel Core i9-13900H tampil dengan konfigurasi 20 core, memiliki base power 45W, serta dapat berjalan di frekuensi hingga 5,4GHz. Teknologi konektivitasnya juga sama dengan seri HX.

Laptop ROG yang diluncurkan kali ini menggunakan ROG Nebula Display. Layar ini akan memastikan berjalan dengan responsif, menampilkan warna yang kaya, serta memiliki tingkat kecerahan yang tinggi. Layar ini akan digunakan dari laptop gaming berukuran 13 inci hingga 18 inci.

ROG Strix SCAR 16 dan 18 menggunakan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 40 Series. ASUS mengklain bahwa versi terbarunya ini cocok dipakai oleh para konten kreator dibandingkan seri sebelumnya. Meski ukuran layarnya bertambah besar, namun dimensi bodinya tidak berbeda jauh dengan pendahulunya. Kedua laptop baru ini menggunakan layar dengan resolusi QHD.

Laptop Zephyrus M16 kini hadir dengan desain baru yang tetap mempertahankan portabilitas namun menghadirkan sistem pendingin baru yang menggunakan full-width heatsink dan Tri-fan Technology. Berkat sistem pendingin baru tersebut, ROG Zephyrus M16 kini dapat bekerja pada TDP 25W lebih tinggi dibandingkan dengan model tahun lalu. Laptop ini juga hadir dengan prosesor seri H serta kartu grafis seri 4000. Dan tidak lupa bahwa laptop yang satu ini memiliki Anime Matrix LED pada bagian depannya.

Saudaranya, yaitu Zephyrus G16 memiliki bentuk yang kurang lebih sama dengan M16. Bedanya adalah perangkat ini tidak memiliki Anime Matrix LED pada bagian depannya sehingga tidak bisa menampilkan tulisan. Spesifikasi yang dihadirkan kurang lebih sama dengan M16.

Pembaruan lainnya juga ada pada ROG Flow Z13 dibandingkan dengan versi 2022 lalu. PErangkat ini juga hadir dengan prosesor terbaru dari Intel dan dibekali dengan ROG Nebula. Sama seperti pendahulunya, ROG Flow Z13 juga dapat dihubungkan ke ROG XG Mobile yang merupakan perangkat GPU eksternal. Perangkat ini mampu juga menawarkan berbagai port mulai dari HDMI, DisplayPort, serta USB Type-A untuk menghubungkan berbagai perangkat serta monitor tambahan.

ROG Strix G16 dan 18 hadir dengan desain serta fitur yang baru, selain menggunakan prosesor yang baru pula. Laptop ini menggunakan prosesor Intel seri HX serta NVIDIA GeForce RTX seri 4080. Untuk layarnya, perangkat ini hadir dengan pilihan ROG Nebula atau tidak. Untuk pendinginannya, kedua laptop ini dibekali dengan sistem pendingin baru yang mengandalkan tiga kipas bernama Tri-Fan.

Terakhir adalah TUF Gaming F15 kini dibekali dengan prosesor seri H dan grafis NVIDIA GeForce RTX seri 4000. Berbeda dengan yang lainnya, laptop yang satu ini sudah mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD-810H). Sistem pendinginnya juga telah diperbarui mengunakan lima heatpipe berbahan tembaga serta dua kipas yang mengadopsi empat jalur udara panas.

ROG Strix Scar 16/18 akan dijual dengan harga mulai dari Rp. 66.999.000. Zephyrus M16 dijual mulai dari Rp. 44.999.000 dan G16 mulai dari Rp. 28.999.000. ROG Flow Z13 akan bisa dimiliki mulai dari Rp. 29.999.000.

ROG Strix G16 dan G18 dijual oleh ASUS mulai dari harga Rp. 23.999.000. Dan terakhir, laptop gaming dari ASUS yang paling terjangkau pada peluncuran kali ini adalah TUF Gaming F15 dengan harga mulai dari Rp. 22.999.000.