Esports Ecosystem

Seri Balap eTour de France 2020 Bergulir di Ranah Virtual

30 Jun 2020 | Narendra Soejoedi
Situasi pandemi yang berkepanjangan memindahkan gelaran balap sepeda bergengsi Tour de France ke ranah virtual

Pandemi berkepanjangan menyebabkan berbagai gelaran turnamen esports maupun olah raga menjadi tertunda. Tidak sedikit juga gelaran event dipindahkan ke ranah virtual. Seri kejuaraan balap sepeda tahunan, Tour de France juga mengalami dampak yang kurang lebih sama.

Sebelumnya, Tour de France direncanakan digelar tanggal 27 Juni sampai 19 Juli 2020. Setelah virus COVID-19 merebak secara global, pada pertengahan April 2020 yang lalu, tanggal pelaksanaan Tour de France 2020 diundur menjadi 29 Agustus samapi 20 sept 2020. Berkaca dengan situasi terkini, masih belum dapat dipastikan apakah Tour de France 2020 dapat digelar secara langsung atau tidak.

Namun demikian, di tengah keadaaan yang tidak pasti, seri balapan sepeda yang prestisius, Tour de France, akhirnya diselenggarakan secara online. Meskipun protokol kesehatan new normal sudah diterapkan, untuk bisa menggelar balapan Tour de France secara langsung, terbilang nyaris mustahil.

Adapun ide eTour de France digagas oleh komunitas gamers pecinta balap sepeda di Prancis. Berangkat dari kegemaran yang sama, beberapa tim esports mengajukan diri ke Amauty Sport Organization, selaku race organizer Tour de France, dan Nacon sebagai developer seri gamePro Cycling Manager. Setelah berdiskusi dan mendapatkan titik temu, tim esportsExalty and Warthox kemudian menjangkau lebih jauh ke komunitas gamers dan tim esports lainnya di Prancis untuk mengumpulkan peserta.

Pada akhirnya terkumpul sudah 10 tim yang akan bertanding. Sesuai persetujuan, seri game Pro Bicycle 2020 akan digunakan. Balapan Tour de France yang rencananya terdiri dari 21 etape akan dibagi ke dalam 9 match day.

Beberapa hari yang lalu sudah bergulir matchday perdana dari rangkaain eTour de France 2020. Streamer asal Prancis, Styros,  dipilih menjadi shoutcaster untuk gelaran eTour de France 2020 melalui kanal streaming Twitch dalam bahasa Prancis. Sedangkan untuk streaming berbahasa inggris akan dipandu oleh YouTuber Benji Naesen asal Belgia melalui YouTube.

Benji Naesen | via: twitter.com benjaminnaesen
Benji Naesen | via: twitter.com benjaminnaesen

Meskipun jarang terekspos, ternyata game yang dibesut oleh Nacon sudah dimainkan secara luas dan mendapatkan tempat spesial di khalayak pecinta olah raga bersepeda. Tidak sedikit dari para penggemar yang menyaksikan game tersebut dimainkan setiap minggunya oleh streamers. Game Pro Bicycle Manager sendiri menawarkan pengalaman memiliki dan mengatur sebuah tim balap sepeda profesional.

Di waktu yang lain, Benji Naesen memberikan pernyataanya kepada Cycling Weekly, “ketika dihubungi oleh Exalty, saya rasa itu adalah kesempatan besar untuk memberikan sebuah gelaran pengganti bagi komunitas Pro Cycling Manager.”

Dengan adanya eTour de France 2020 kiranya bisa menjadi pelipur lara di tengah situsasi sulit dan menghibur penggemar di seluruh dunia di saat tidak menentunya gelaran Tour de France yang sesunggguhnya.