15 Senjata Bintang 3 dan 4 Terkuat yang ada di Genshin Impact pada Versi 2.6

Senjata-senjata di daftar ini cocok bagi Anda yang memiliki pilihan senjata yang terbatas maupun bagi pemain baru.

Senjata merupakan faktor penting dalam memperkuat sebuah karakter di Genshin Impact. Berdasarkan jenisnya, senjata dibagi menjadi 5 kategori, yaitu sword, claymore, polearm, bow, dan catalyst.

Namun yang membedakan Genshin Impact dengan RPG lain adalah sistem senjata ini tidak mendikte cara bermain sebuah karakter. Misalnya saja bow yang identik dengan permainan jarak jauh. Di Genshin Impact, karakter bersenjata bow belum tentu dimainkan dengan cara demikian. Bahkan ada karakter bow yang playstyle-nya malah lebih sering dipakai sebagai penyerang jarak dekat (Childe).

Dengan kata lain, sistem senjata di Genshin Impact hanyalah berupa gimmick semata. Sehingga, pemakaian senjata dengan karakter, haruslah sesuai dengan fungsi dan kemampuan karakter tersebut.

Rarity tertinggi senjata di Genshin Impact adalah bintang 5, lalu diikuti dengan bintang 4, lalu bintang 3. Walaupun B5 terlihat memukau, namun senjata B4 tidak boleh dianggap remeh. Apalagi senjata B4 relatif lebih mudah didapatkan. Dengan berbagai senjata, senjata mana sajakah yang terbaik dan terkuat?

Berikut ini adalah 15 senjata Bintang 3 dan Bintang 4 terkuat yang ada di Genshin impact:

Daftar Senjata Bintang 3 dan 4 Terkuat di Genshin Impact

1. Senjata Battlepass

sumber: Genshin Impact

Senjata-senjata dari Battlepass merupakan senjata yang bagus untuk dimiliki. Di setiap versinya, jika Anda membeli Battlepass yang berbayar, Anda berhak memilih satu dari lima pilihan senjata, yaitu antara The Black Sword, Serpent Spine, Deathmatch, The Viridescent Hunt, dan Solar Pearl.

Kelima senjata tersebut mewakili 5 tipe senjata yang ada di Genshin Impact. Walaupun memiliki base Attack dan efek pasif yang berbeda-beda, namun kelima senjata ini sama-sama memiliki stat sekunder Crit Rate yang sangat berguna. Senjata dari Battlepass juga merupakan pilihan yang bagus, bagi Anda yang baru saja bermain Genshin Impact.

Namun, senjata dari Battlepass juga memiliki sedikit kekurangan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pemain perlu mengeluarkan uang untuk mendapatkannya. Selain itu, senjata-senjata tersebut didesain sebagai senjata DPS, sehingga karakter-karakter support atau healer, tidak terlalu cocok untuk memakainya.

2. Seri Favonius

Favonius Lance, senjata polearm untuk seri FavoniusSeri senjata Favonius merupakan senjata yang mungkin paling underrated di Genshin Impact. Senjata ini mampu memberikan partikel energi saat karakter melakukan Crit dengan interval tertentu.

Banyak sekali pemain Genshin Impact yang lebih mengutamakan Crit Rate/DMG yang tinggi, namun kerap mengabaikan Energy Recharge (walaupun hal ini tidak berlaku untuk semua karakter).

Selain memberikan ER bagi para support maupun off-field DPS, senjata Favonius juga akan menjadikan penggunanya sebagai battery bagi satu tim. Karakter-karakter seperti Xiao, Itto, atau Eula, akan sangat terbantu dengan adanya pengguna Favonius di tim mereka.

3. Thrilling Tales of the Dragon Slayer

Senjata B3 satu-satunya di daftar ini, dapat disebut sebagai salah satu senjata catalyst terkuat di Genshin Impact. Bahkan dalam kondisi tertentu, senjata ini bisa mengalahkan senjata B5 sekalipun. Senjata ini akan memberikan tambahan Attack kepada karakter lain saat pemain melakukan penggantian karakter.

Untuk perbandingan, bonus Attack yang diberikan buku yang juga sering disebut dengan TTDS ini, setara dengan separuh buff Attack dari Burst Bennet. Bennet sendiri sudah diakui oleh komunitas sebagai salah satu karakter terkuat di Genshin Impact.

Berbeda dengan Bennet yang perlu mengaktifkan Burst, pemain hanya perlu mengganti karakter saja untuk mendapatkan buff TTDS. Belum lagi sebagai senjata B3, senjata ini sangat sering didapatkan saat pemain melakukan gacha, sehingga mudah sekali untuk mendapatkan refinement dari senjata ini.

4. The Catch

The Catch merupakan sebuah polearm gratis, yang diperkenalkan pada versi 2.1. Senjata ini akan meningkatkan kekuatan dari Elemental Burst penggunanya. Pemain bisa mendapatkannya secara gratis, tanpa dibatasi waktu tertentu.

Pemain hanya perlu membuka fitur memancing pada awal game, dan menukarkan ikan dalam jumlah yang ditentukan. Jika Anda kehabisan ikan di dunia Anda, Anda juga bisa mengambil ikan pemain lain melalui fitur Co-Op. Senjata ini paling sering digunakan oleh Xiangling dan Raiden Shogun.

5. Amenoma Kageuchi

Senjata crafting-an pertama di daftar ini, merupakan salah satu senjata terkuat di Genshin Impact. Bagaimana tidak, selain meningkatkan Attack, Amenoma Kageuchi akan membantu mengumpulkan energi penggunanya.

Pemain hanya perlu mengumpulkan stack melalui Elemental Skill, lalu saat menggunakan Elemental Burst, pemain akan mendapatkan energi, sesuai stack yang telah dikumpulkan sebelumnya. Kelebihan senjata ini juga relatif mudah didapatkan, karena bisa ditempa di Blacksmith.

Karakter-karakter yang sering menggunakan senjata ini adalah Ayaka, Ayato, Kaeya, dan Jean.

6. Prototype Archaic

Seperti namanya, Prototype Archaic merupakan salah satu senjata paling tua di Genshin Impact, yang masih oke untuk digunakan, baik oleh DPS on-field maupun off-field. Fleksibilitas dan kemudahannya untuk didapatkan, menjadi kekuatan utama dari senjata ini. Terlebih lagi manfaatnya sangat terasa oleh pemain baru, yang memiliki pilihan senjata terbatas. Karakter yang bisa memakai senjata ini adalah Diluc, Beidou, Eula, dan Razor.

7. Festering Desire

Festering Desire merupakan senjata event, yang dirilis pada versi 1.2 bersamaan dengan wilayah Dragonspine. Walaupun dirilis di awal game, senjata ini langsung memiliki efek pasif yang sangat kuat. Senjata ini mampu meningkatkan damage dari Elemental Skill penggunanya secara signifikan.

Namun karena senjata ini sudah dirilis cukup lama, dan merupakan senjata eksklusif, maka tidak semua orang memiliki senjata ini. Jadi selama HoYoverse tidak memberikan lagi kesempatan bagi pemain baru untuk mendapatkan kembali senjata ini, maka hal inilah yang bisa dikatakan sebagai salah satu kelemahan Festering Desire.

8. Luxurious Sea-Lord

Sama seperti Festering Desire, Luxurious Sea-Lord juga merupakan senjata Event. Namun perbedaannya adalah, jumlah pemain yang memiliki senjata ini lebih banyak. Hal ini disebabkan oleh Event asal senjata ini, berdekatan dengan anniversary Genshin Impact.

Senjata ini akan meningkatkan damage Elemental Burst secara signifikan, sehingga senjata ini lebih cocok dipakai oleh karakter yang menggunakan Elemental Burst sebagai sumber damage-nya. Karakter-karakter yang biasa menggunakan senjata ini adalah Eula, Beidou, Chongyun, dan Xinyan.

9. The Stringless

Efek pasif senjata di Genshin Impact, biasanya hanya akan meningkatkan damage dari Elemental Skill saja, atau damage dari Elemental Burst saja. Sehingga, The Stringless yang mampu meningkatkan keduanya secara signifikan, dengan mudah menjadi salah satu senjata bintang 4 terkuat.

Walaupun demikian, salah satu kelemahan dari senjata ini justru datang dari jumlah penggunanya itu sendiri. Karena karakter bow identik dengan karakter support, maka penggunaan Stringless sendiri juga tidak sebanyak senjata lain. Andai saja Stringless merupakan jenis senjata selain bow, maka akan banyak sekali karakter yang akan jauh lebih kuat dari saat ini.

Karakter-karakter yang biasa menggunakan senjata ini adalah Venti dan Fischl.

10. Prototype Crescent

Prototype Crescent merupakan salah satu senjata yang cukup unik, karena memerlukan pemain untuk melakukan headshot sebagai syarat pengaktif buff-nya. Jika pemain berhasil melakukannya, karakter akan mendapatkan bonus Attack dalam jumlah yang tinggi. Senjata ini cocok digunakan untuk karakter-karakter on-field DPS, seperti Ganyu atau terkadang Yoimiya (jika tidak memiliki pilihan senjata lain atau kehabisan billet).

Bahkan di situasi tertentu, Prototype Crescent R5 bisa menyeimbangi Amos Bow R1, yang notabene merupakan senjata terbaik unutk Ganyu. Jadi selama pemain bisa konsisten menjaga buff yang diberikan senjata ini, maka pemain akan mendapatkan manfaat yang besar.

11.Prototype Amber

Kekuatan terkadang tidak hanya dinilai dari damage yang dihasilkan saja. Jika pemain kesulitan untuk bertahan hidup, terutama saat bermain di Spiral Abyss, maka akan menjadi percuma damage yang tinggi tersebut.

Prototype Amber mampu menjadikan semua karakter catalyst menjadi karakter healer. Senjata ini akan memulihkan satu tim, saat penggunanya mengaktifkan Elemental Burst. Selain itu, senjata ini juga akan memberikan refund energi kepada penggunanya.

Senjata ini efektif saat melawan musuh yang memiliki damage tipe DoT (damage-over-time). Dapat dikatakan, bahwa senjata ini mampu menambah atau bahkan mengubah role dan gameplay dari sebuah karakter. Karakter yang sering menggunakan senjata ini adalah Mona, Sucrose, Kokomi, dan Yanfei.

12. The Widsith

The Widsith dapat dikatakan menjadi satu-satunya pilihan senjata karakter DPS, yang paling baik. Senjata ini memiliki stat sekunder Crit DMG, yang jarang ditemukan di senjata bintang 4 lainnya. Selain itu, senjata ini juga akan memberikan buff acak antara Attack, damage Elemental, dan Elemental Mastery.

Kelemahan dari senjata ini adalah efek pasifnya yang memiliki cooldown yang sangat lama, serta tidak bergunanya stat Elemental Mastery terhadap karakter tertentu maupun pada komposisi tim tertentu. Senjata ini biasa digunakan oleh Klee, Mona, Yanfei, dan Yae Miko.

13. Akuoumaru, Wavebreaker's Fin, & Mouun's Moon

Stat dan deskripsi Akuoumaru

Alasan mengapa ketiga senjata ini disatukan di satu poin, adalah karena efek pasif mereka yang serupa. Seri senjata ini tidak memiliki kesamaan nama, namun yang pasti, efek pasif yang dimilikinya, memiliki efek yang sama persis.

Senjata-senjata tersebut akan meningkatkan damage Elemental Burst, berdasarkan akumulasi kapasitas Energi Burst dari satu tim. Refinement akan meningkatkan damage dari senjata-senjata ini secara signifikan.

14. Sacrificial Sword & Sacrificial Bow

Mirip dengan seri Favonius, seri senjata Sacrificial juga merupakan seri senjata yang memiliki stat sekunder Energy Recharge (kecuali Sacrificial Fragments). Hanya saja, tidak semua jenis senjata Sacrificial merupakan senjata yang fleksibel. Ditambah lagi, tidak adanya senjata Sacrificial tipe polearm, menambah alasan mengapa seri Sacrificial memiliki pengguna yang tidak banyak, terlepas dari efek pasifnya yang kuat.

Sacrificial Sword dan Bow merupakan yang terbaik di seri ini. Senjata ini mampu mereset cooldown dari Elemental Skill penggunanya. Karakter yang biasa menggunakan Sacrificial Sword adalah Xingqiu, Kazuha, dan Kaeya, sedangkan untuk Bow-nya sering dipakai oleh Diona.

Kelemahan senjata ini adalah efek pasifnya mengharuskan penggunanya untuk memberikan damage terhadap musuh melalui Elemental Skill. Dengan demikian, efek pasifnya tidak akan aktif jika Elemental Skill meleset, atau mengenai shield elemental dari Abyss Order.

Selain itu, refinement juga merupakan faktor krusial, khususnya Sacrificial Sword. Kekuatan antara refinement 1 dan 5, memiliki jarak yang lumayan besar, sehingga dianjurkan untuk mencari refinement-nya, untuk memperkuat Xingqiu, yang notabene sebagai salah satu karakter terkuat di Genshin Impact.

15. Seri Blackcliff

Senjata terakhir di daftar panjang ini adalah senjata dari seri Blackcliff. Senjata yang hanya bisa didapatkan dari Shop ini, memiliki posisi yang cukup unik. Mungkin seri senjata ini cukup sulit untuk dikategorikan sebagai senjata terkuat, baik dari segi damage dan juga fleksibilitas-nya.

Namun di sisi lain, seri senjata ini merupakan salah satu seri  senjata gratis yang memiliki stat sekunder Crit DMG. Tidak banyak senjata bintang 4 yang memiliki stat sekunder Crit DMG, sehingga menaikkan value dari senjata ini. Salah satu senjata di seri ini yang sering digunakan adalah Blackcliff Pole untuk Xiao.

Sebagai informasi, salah satu kelemahan Xiao adalah pilihan senjata DPS yang sangat kurang. Sehingga dengan adanya Blackcliff Pole, Xiao bisa menggunakannya sebagai senjata sementara, sampai pemain mendapatkan senjata yang lebih baik, seperti Primordial Jade Winged-Spear atau Staff of Homa.

Penutup

Walaupun senjata B5 memiliki stat lebih tinggi, namun bukan berarti senjata tersebut selalu menjadi pilihan terbaik. Kelebihan senjata B3 dan B4 dibandingkan B5 adalah senjata-senjata tersebut lebih mudah didapatkan dan di-refine. Selain itu, resource yang dibutuhkan senjata B3 & B4 juga lebih sedikit, sehingga resource dapat dialokasikan ke aspek lain atau karakter lain.