23 February 2022

by Yubian Asfar

5 Senjata Assault Rifle Terbaik di Free Fire Beserta Kelebihannya

Senjata Free Fire ini cocok di berbagai kondisi dan berfungsi sesuai kebutuhan pengguna.

Perkembangan game battle royale terus hadir, salah satunya dari Garena dengan Free Fire. Setelah muncul perdana pada tahun 2017, rupanya game satu ini mampu menyita perhatian banyak orang.

Kehadirannya melahirkan komunitas baru yang perlahan-lahan menjadi besar. Free Fire terbukti menarik untuk ditonton bahkan turnamen Free Fire World Singapore 2021 menjadi turnamen esports paling banyak ditonton di tahun 2021.

Dengan gaya game battle royale, tentu banyak tips dan trik yang bisa Anda terapkan saat bermain Free Fire. Dari tips memilih lokasi mendarat, pemilihan karakter, komposisi tim, hingga pemilihan senjata.

Senjata di Free Fire juga beragam baik dari SMG, Shotgun, Sniper, hingga Assault Rifle. Selain senjata ada juga fitur perisai Gloo Wall yang bisa digunakan pemain untuk berlindung dari gempuran musuh.

Kombinasi Gloo Wall akan lebih optimal bila Anda mampu membawa senjata yang pas. Assault Rifle menjadi tipe senjata yang paling laris digunakan karena berbagai kelebihannya.

Pada tips kali ini, Anda bisa memilih dari 5 daftar senjata Assault Rifle Free Fire terbaik beserta kelebihannya masing-masing.

Senjata Assault Rifle Free Fire Terbaik di Tahun 2022

Kelebihan dari senjata Assault Rifle memang berpusat pada fire rate yang cukup baik dengan damage yang sakit. Jangkauan tembakannya juga cukup jauh dan cocok untuk berperang di berbagai kondisi.

Jadi tidak heran bila banyak pemain Free Fire yang mengandalkan Assault Rifle sebagai senjata utama. Adapula 5 senjata Assault Rifle yang direkomendasikan dan memiliki kelebihan tersendiri.

5. Groza

Sumber: Free Fire

Kelebihan: Akurasi yang tinggi, kuat di jarak menengah, kecepatan tembak yang tinggi.

Groza termasuk senjata AR paling kuat, dilengkapi damage yang besar dan jarak serangan yang jauh. Apalagi advancedweapon, Groza-X yang ditambahkan damage senjatanya sehingga termasuk senjata AR yang overpower.

Senjata ini bahkan cocok digunakan pada pertempuran jarak jauh karena range Groza memang cukup tinggi dalam jajaran senjata Free Fire yang berada pada angka 75.

Melalui Groza, Anda dapat membunuh musuh dengan jarak menengah dengan cukup mudah. Akurasinya berada di angka 54 dan memiliki kecepatan tembak di angka 56.

Mengenai kapasitas pelurunya sendiri sama dengan jenis AR yaitu mencapai 30. Senjata ini juga mendukung fitur attachment jadi pas untuk scope dan silencer.

4. ParaFAL

Sumber: Free Fire

Kelebihan: Damage tinggi, cocok untuk jarak jauh, attachment yang beragam.

Mencari senjata dengan damage instan? ParaFAL sangat cocok untuk mengeliminasi musuh secara instan dari jarak jauh. Bahkan, senjata ini cukup sering digunakan pada turnamen kompetitif seperti Free Fire Master League.

Senjata ini dapat memberikan damage hit yang konstan, namun kurang pada aspek kecepatan. Tetapi bila Anda penembak jitu, maka beberapa tembakan saja sudah cukup untuk menjatuhkan lawan.

Peluru yang dibawa untuk senjata ini juga tidak terlalu banyak yaitu 30 saja. Sehingga Anda tidak bisa sembarangan menggunakan senjata satu ini. Senjata ini juga dapat dipasang dengan berbagai attachment.

ParaFAL dapat ditingkatkan dengan segala macam aksesoris kecuali silencer dan stand.

3. Scar

Sumber: Free Fire

Kelebihan: Attachment yang lengkap, fire rate tinggi, recoil yang rendah.

Bila Anda membutuhkan senjata dengan status lebih seimbang, maka Scar menjadi pilihan yang tepat.

Status senjata ini seimbang karena tidak ada satupun statusnya yang menyentuh angka 40 ke bawah. Pada status Reload Speed dan Accuracy-nya juga masing-masing menyentuh angka 41 dan 42.

Kelebihan lainnya adalah ketersediaan senjata Scar yang mudah ditemukan karena tersebar hampir di seluruh map. Jadi Anda tidak akan kesulitan mencarinya. Scar juga cocok menjadi pengganti senjata AR lain seperti AK47, Famas, ataupun M4A1.

Satu-satunya yang dianggap kekurangan dari Scar adalah tidak cocok digunakan pada jarak jauh. Tidak lain karena statusnya yang bisa dibilang di ambang aman pada setiap lini.

2. XM8

Kelebihan: Sepaket dengan scope, cocok pada jarak menengah, nyaman untuk spray.

Anda masih pemula di Free Fire? Rasanya XM8 bisa diandalkan. Memang XM8 cocok untuk pemula, selain tidak perlu repot mencari scope karena sudah satu paket. Senjata ini juga bisa diandalkan pada jarak menengah dan bisa digunakan secara cepat karena fire rate yang aman.

Memang statistik dari XM8 terbilang cukup bagus, tetapi tidak begitu menonjol di berbagai aspek.

Senjata ini juga paling ringan di antara semua kelas senjata AR dalam game dengan movement sebesar 73. Anda tidak akan melesat di medan perang dengan kecepatan tinggi karena XM8 memiliki bonus kecepatan gerakan permanen.

Kelebihan lain dari XM8 adalah senjata yang sangat akurat. Status akurasinya 58, senjata ini memiliki akurasi terbaik di kelas Assault Rifle dan hanya kalah sedikit dari semi-auto Woodpecker.

XM8 dilengkapi dengan 2x scope secara default, jadi Anda dapat langsung berperang langsung dalam pertempuran. Meski begitu, kelemahan terbesar XM8 adalah tidak bisa menggunakan foregrip sehingga recoil XM8 cukup tinggi.

1. M4A1

Sumber: Free Fire

Kelebihan: Range serangan yang jauh, dilengkapi advance weapon, attachment yang lengkap.

Selain Scar, ada satu senjata lain yang sangat digemari di Free Fire yaitu M4A1. Kelebihannya adalah range serangannya jauh dan bisa dipasang fitur advance weapon (M4 Chip) melalui vending machine. Efek dari advance weapon adalah penbamhan status yang beragam tergantung tipe M4 Chip yang dipasang seperti M4A1-X, M4A1-Y, M4A1-Z.

M4A1 juga memiliki statistik yang seimbang dengan jangkauan tembakkan yang sangat tinggi menjadi kelebihan utama senjata ini. Dibandingkan senjata-senjata Assault Rifle lain di dalam game, M4A1 mungkin yang paling stabil untuk jarak jauh.

Selain itu, senjata ini juga dapat dilengkapi dengan semua attachment. Jika semua attachment pendukung sudah terpasang, maka M4A1 bisa menjawab semua keraguan di medan perang.

Jangan salah, M4A1 tanpa attachment sendiri sebenarnya sudah cukup bagus. Namun penggunannya wajib dimaksimalkan dengan attachment, bila dibandingkan dengan senjata AR lain M4A1 bisa dibilang lemah tanpa attachment.