26 March 2015

by Puja pramudya

Selamat Tinggal Metro, Modern dan Unviersal, Selamat Datang Windows apps

Jika ada satu hal yang membingungkan mengenai aplikasi di platform Windows 8 dan Windows Phone 8 adalah bagaimana tim Microsoft sendiri menyebut jenis aplikasi yang berjalan di sistem operasi tersebut. Untuk membedakan dengak aplikasi desktop yang biasa, di awal kemunculan Microsoft menyebutnya Metro App. Namun setelah terjadi suatu protes masalah legalitas, Microsoft mengubah penyebutan tersebut menjadi Modern App. Lalu ketika konvergensi platform mulai terjadi pada versi Windows 8.1 dan Windows Phone 8.1, Microsoft menyebutnya Universal app.

Menyambut peluncuran Windows 10, Microsoft kembali mengubah cara penyebutan tersebut menjadi lebih sederhana. Karena nantinya tidak ada lagi Windows Phone dan Windows Tablet maka tidak akan ada istilah Windows Phone app dan Windows 8 app. Semuanya diganti menjadi hanya Windows app.

Sementara itu untuk aplikasi β€˜legacy’ yang hanya berjalan pada mode desktop akan dikenal sebagai Windows desktop app. Sebuah slide yang menjadi materi salah satu webinar oleh Microsoft mengindikasikan konvensi nama itu akan digunakan untuk seterusnya.

sumber : https://channel9.msdn.com/Events/Speakers#D

Melihat perubahan penyebutan ini sangat masuk akal. Windows apps nantinya dapat berjalan di perangkat manapun yang didukung Windows (Ponsel,Desktop,XBox) sementara Windows Desktop app hanya dapat berjalan pada versi Windows yang memiliki mode desktop. Meskipun saat ini istilah Universal app mulai banyak digunakan, penggunakan Windows app lebih menggambarkan branding dari Microsoft itu sendiri.