19 September 2022

by Dimas Galih W.

Selamat Tinggal Intel Pentium dan Celeron, Selamat Datang Intel Processor

Umur nama Intel Celeron dan Pentium sepertinya tidak akan sampai 1 tahun lagi

Apakah Anda orang yang cukup bingung dengan penamaan prosesor dari Intel? Tenang, Anda tidak sendiri. Setidaknya hal tersebut lah yang diungkapkan oleh Intel terhadap 2 prosesor mereka yang saat ini masih banyak dijual di pasaran. Intel saat ini pun ingin membuang penamaan prosesor Pentium dan Celeron yang saat ini masih banyak digunakan untuk perangkat PC kelas bawah.

“Baik untuk bekerja atau bermain, pentingnya PC menjadi semakin jelas seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi yang terus membentuk dunia,” kata Josh Newman, Intel vice president and interim general manager of Mobile Client Platforms. “Intel berkomitmen untuk mendorong inovasi untuk memberi manfaat bagi pengguna, dan keluarga prosesor tingkat pemula kami sangat penting untuk meningkatkan standar PC di semua titik harga. Branding Prosesor Intel yang baru akan menyederhanakan penawaran kami sehingga pengguna dapat fokus dalam memilih prosesor yang tepat untuk kebutuhan mereka.”

Prosesor Pentium dan Celeron nantinya akan berganti nama menjadi lebih sederhana, yaitu Intel Processor. Hal ini tentu akan membuat konsumen akan lebih mudah dalam memilih antara perangkat kelas atas yang menggunakan Intel Core dan perangkat untuk entry level yang sekarang memiliki nama sederhana tersebut. Perubahan ini nantinya akan berlaku di tahun 2023 nanti.

Kenapa Intel melakukan hal ini? Tentu saja untuk membuat segalanya lebih mudah bagi konsumen yang akan membeli PC baru. Saat ini, Intel sendiri memiliki banyak jenis untuk sebuah prosesor Core, seperti adanya seri U yang punya varian 9 watt dan 15 watt, seri P, seri H, seri HX, seri S, dan seri K. Nah, Intel pun juga ingin membuat penamaan yang mungkin sama dengan seri Core-nya.

Intel juga mengatakan bahwa pembaruan penamaan ini merampingkan penawaran merek di seluruh segmen PC untuk mengaktifkan dan meningkatkan komunikasi pelanggan Intel pada proposisi nilai setiap produk, sekaligus menyederhanakan pengalaman pembelian bagi pelanggan. Jadi, dengan penamaan ini, nantinya kita tidak akan melihat laptop atau desktop dengan nama Celeron, Pentium Silver, dan Pentium Gold. Hanya akan ada Prosesor Intel saja.

Sebenarnya, konsumen tidak perlu bingung mengenai spesifikasi prosesor dari Intel. Halaman resmi mereka, Intel Ark, memberikan semua informasi yang dibutuhkan dengan sangat lengkap tentang prosesor yang ada saat ini. Namun, diharapkan pada saat berganti nama, konsumen tidak perlu lagi repot-repot untuk membuka situs resmi Intel hanya untuk melihat spesifikasinya.

Sumber dan gambar: Intel