Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Lebih Gaming dari Smartphone Gaming, Sejumlah Ponsel OnePlus Bisa Jalankan PUBGM di 90 Fps

10 August 2020Glenn Kaonang

Eksklusif untuk OnePlus sampai 6 September

Tidak seperti dua atau tiga tahun yang lalu, layar dengan refresh rate di atas 60 Hz sekarang bukan lagi fitur eksklusif yang hanya bisa kita dapatkan pada smartphone gaming. Ponsel biasa, bahkan yang masuk kelas menengah ke bawah pun kini juga hadir membawa layar dengan refresh rate 90 Hz.

Pada kenyataannya, smartphone yang tidak masuk kategori gaming pun sebenarnya juga tidak kalah dalam hal menyuguhkan pengalaman gaming yang optimal. Premis inilah yang ingin OnePlus buktikan, yang baru-baru ini mengumumkan bahwa sejumlah smartphone bikinannya sudah bisa menjalankan PUBG Mobile (PUBGM) di 90 fps.

Smartphone yang dimaksud adalah, urut dari yang terbaru, OnePlus 8 dan 8 Pro, OnePlus 7T dan 7T Pro, serta OnePlus 7 Pro. Entah kenapa OnePlus Nord yang sebenarnya juga dibekali layar 90 Hz malah tidak termasuk, tapi mungkin karena chipset-nya dinilai kurang perkasa. Pada lima ponsel yang disebut tadi, opsi 90 fps akan muncul saat memilih opsi grafik “Smooth” di PUBGM versi terbaru.

Jadi meskipun tidak dilengkapi sepasang tombol trigger maupun gaya desain yang agresif sekaligus pencahayaan RGB, kelima ponsel OnePlus tadi bisa dibilang lebih gaming ketimbang jajaran smartphone gaming itu sendiri. OnePlus bahkan memastikan titel ini bisa mereka banggakan sendirian sampai satu bulan ke depan. Mereka sepertinya ada deal dengan Tencent supaya cuma smartphone bikinan mereka yang mampu menjalankan PUBGM di 90 fps sampai 6 September.

OnePlus 8 Pro, lebih gaming daripada smartphone gaming?
OnePlus 8 Pro, lebih gaming daripada smartphone gaming?

Menariknya, OnePlus bilang bahwa semua ini tidak berlaku untuk konsumen yang berada di Tiongkok, Jepang, dan Korea. Alasannya tidak disebutkan, tapi bisa jadi karena PUBGM merupakan salah satu judul esport yang populer di kawasan-kawasan tersebut, sehingga OnePlus tidak ingin para konsumennya dicap sebagai cheater karena akurasi bidikannya meningkat pesat sejak bermain di 90 fps.

OnePlus sendiri bilang bahwa manfaat dari 90 fps akan paling terasa di PUBGM saat panning, saat membidik menggunakan scope, saat berlari, atau saat mencari pemain-pemain lain dari kejauhan. Ini juga bukan pertama kalinya OnePlus mengerahkan upaya ekstra di sektor gaming. Sebelumnya, mereka juga sempat membuat deal yang serupa dengan Epic Games untuk Fortnite.

Sayang sekali OnePlus memang sampai sekarang masih enggan berjualan kembali di Indonesia. Padahal kalau mau mereka bisa saja memanfaatkan kelebihan semacam ini untuk dijadikan salah satu bekal dalam mensponsori tim esport tertentu, semisal Bigetron Red Aliens yang baru saja menjuarai PMWL 2020 East Season Zero.

Sumber: OnePlus dan Engadget.

Play video

7 July 2021

HY ESPORTS - APAKAH KOMUNITAS OFFICIAL ITU PENTING?

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV