Dark
Light

Sejumlah Aplikasi Kesehatan Siap Lengkapi Fitur Windows 10 untuk Ponsel

1 min read
March 24, 2015

Platform Windows 10 for Phone telah dipamerkan pada ajang Windows Hardware Engineering Community (WinHEC) 2015 beberapa waktu lalu. Beberapa produk smartphone seperti Xiaomi Mi4  dan ZTE Nubia Z9 terlihat tengah menjalankan platform anyar tersebut yang rencananya akan digulirkan Microsoft pada musim panas tahun ini, lantas fitur apa lagi yang akan dibenamkan menjelang kehadiran resminya nanti?

Dari informasi yang kami kutip melalui situs Softpedia, Microsoft rencananya akan membenamkan sensor kesehatan serta deteksi untuk aktivitas terbaru yang selama ini memang belum banyak ditemukan pada platform Windows Phone. Beberapa dukungan atas Windows 10 untuk ponsel yang diumumkan oleh raksasa software tersebut pada ajang WinHEC 2015 lalu adalah dukungan sensor Barometer, Altimeter dan Perometer.

Informasi Menarik: HTC One M9+ Dirumorkan Siap Meluncur dalam Waktu Dekat

Pengguna platform selain Windows, misalnya iOS dan Android memang sudah bisa menikmati beberapa aplikasi yang berhubungan dengan sensor yang cukup lengkap. Ada pula yang sudah terintegrasi dengan  perangkat pintar lain seperti jam tangan dan gelang  pintar.

Meski agak ketinggalan tapi rencana Microsoft ini tentunya menjadi berita gembira tidak hanya bagi pengguna tetapi juga para pengembang. Dukungan sensor lain yang dikabarkan akan dihadirkan adalah sensor yang dikustomisasi seperti kemungkinan untuk mendeteksi faktor-faktor lingkungan seperti pendeteksi suhu, kelembaban, kandungan CO2, intensitas ultra violet dan aplikasi yang berhubungan dengan fungsi biometric seperti pendeteksi detak jantung, pernafasan dan yang lainnya.

Foto : Softpedia via Microsoft
Foto : Softpedia via Microsoft

Masih dikutip dari Softpedia, beberapa sensor untuk aktivitas atau tracking juga nantinya akan dimungkinkan untuk perangkat Windows 10 untuk ponsel. Perangkat akan bisa melacak pergerakan pengguna, apakah berjalan, berlari atau menggunakan kendaraan dan semua aktivitas pengguna tadi dapat direkam selama 30 hari.

Informasi Menarik:  Blueguard, Perpaduan Bel dan Kunci Pintu Pintar untuk Mengawali Konsep Smart Home

Dengan adanya perkembangan ini bisa diprediksi Microsoft akan menyiapkan beberapa aplikasi yang mendukung sensor-sensor baru ini di ponsel dengan sistem operasi Windows 10. Di sisi lain, bisa juga mereka akan menggelar semacam program untuk mendorong para pengembang memanfaatkan fasilitas baru ini.

Microsoft juga telah memiliki perangkat gelang pintar yang bernama Microsoft Band dan layanan kesehatan berbasis cloud bernama Microsoft Health yang menyediakan panduan latihan fisik berdasarkan input data sehari-hari.

Sumber: Softpedia | Gambar Header: Blog Windows.

Previous Story

BugBounty Rewards Hackers

Next Story

Corruption of the Passport Issuance’s Payment Gateway

Latest from Blog

Don't Miss

92% Pekerja di Indonesia Sudah Menggunakan GenAI dan Temuan Lain dari Work Trend Index 2024

Microsoft dan LinkedIn merilis laporan Work Trend Index 2024. Di

Hadirnya Bot AI Microsoft Copilot di Telegram dan Isu Privasi di Baliknya

Aplikasi Telegram yang dikenal dengan fitur privasi dan keamanannya telah