Walaupun beberapa layanan daily deals di Indonesia yang cukup besar telah gulung tikar, namun layanan daily deals baru pun tetap bermunculan. Terutama layanan daily deals yang segmented di tiap-tiap kota. Sebelumnya kami telah menuliskan layanan daily deals lokal di Yogyakarta seperti MbakDiskon.com dan Angetan.com.
Baru-baru ini kami mendapatkan informasi bahwa di Yogyakarta muncul sebuah layanan daily deals yang akan diluncurkan pada bulan Februari mendatang. Layanan daily deals ini bernama Diskon.com yang dikembangkan oleh JogjaCamp sebuah perusahaan yang bergerak di jasa development web, desktop, multimedia, dan hal yang berhubungan TI lainnya.
Berikut wawancara singkat kami dengan pihak JogjaCamp selaku pengembang Diskon.com :
DS: Bisa diperkenalkan kepada pembaca DailySocial tentang orang-orang dibalik Diskon.com?
Ada 3 orang yang berada di balik berdirinya Diskon.com, yaitu :
- Ogi Sigit Pornawan : Founder sekaligus pimpinan dari IDwebhost dan JogjaCamp
- Mariana Ros Afianti : di JogjaCamp merupakan pengelola project web, baik untuk klien maupun internal
- Ferry Wiharsasto : di JogjaCamp merupakan pengelola untuk pengembangan website AdsenseCamp.com dan PromotionCamp.com
DS: Apa yang melatarbelakangi didirikannya Diskon.com? Dan mengapa JogjaCamp mendirikan layanan daily deals?
Kita menyadari kalau daily deals saat ini sedang booming dan prospek kedepannya sangat potensial itu menjadi latar belakang utama yang mendasari didirikannya Diskon.com. Selain itu dengan memiliki pengalaman bergerak dibidang bisnis online yang sudah bertahun-tahun kami geluti didukung dengan kira kira 300 ribu member group JogjaCamp yang kami miliki yang bisa kami jadikan dukungan untuk pasar Diskon.com ke depan semakin menguatkan kepercayaan diri kami .
DS: Apakah yang membedakan Diskon.com dengan layanan daily deals yang lain?
- Kami menyediakan layanan customer support yang siap online chat 24 jam
- Untuk mempermudah penukaran voucher ke merchant, kode voucher akan kami kirimkan juga melalui SMS. Jadi customer tidak perlu repot untuk mem-print kode voucher untuk ditunjukkan ke merchant. Karena kami menyadari tidak semua orang mempunyai akses mudah ke email.
DS: Pada saat launching di bulan Februari nanti, apakah bakalan ada kejutan yang berkesan ‘wah’?
Ada. Silahkan ditunggu di bulan Februari.
DS: Nantinya, target pasar Diskon.com akan ditargetkan dimana? Seluruh indonesia atau hanya di Yogyakarta saja?
Untuk launching awal kita membukanya di Jogja. Untuk bulan berikutnya kita akan menuju ke Jakarta. Selanjutnya ke Semarang, Solo, Bandung, Surabaya, dan Bali. Itu target di 2012. Tetapi target kita di tahun-tahun berikutnya akan mencoba beberapa kota besar lainnya di Indonesia.
DS: Untuk saat ini (sebelum launching), apakah Diskon.com sudah mendapatkan merchant untuk diajak kerja sama memakai layanan Diskon.com?
Sudah ada beberapa merchant di Yogyakarta yang akan bekerja sama dengan Diskon.com. Dan ada juga sudah ada beberapa merchant dari Jakarta yang tertarik untuk bekerja sama.
DS: Ketika banyak startup yang mengambil segmen daily deals, apa inovasi yang ada di Diskon.com dibanding dengan layanan daily deals pada umumnya?
Kami memberikan sistem referral yang berlaku terus-menerus dan tidak hanya berhenti pada satu produk deals saja, seperti halnya web daily deals yang lain.
DS: Apa rencana yang akan dilakukan setelah Diskon.com resmi launching?
Kami akan segera merencanakan target di bulan berikutnya untuk memasuki kota Jakarta.
DS: Bagaimana strategi dari Diskon.com untuk menarik user menggunakan layanan ini?
Ada beberapa strategi yang akan kami lakukan:
- Layanan newsletter
- Pemasangan baliho/spanduk di tempat strategis di kota dimana Diskon.com berada.
- Facebook Ads
- Banner online yang akan kami pasang di web grup JogjaCamp maupun customer Diskon.com sendiri
- Iklan di AdsenseCamp dan PromotionCamp
- Press release di website yang peduli dengan startup seperti DailySocial.net
- Mendaftar di website daily deals aggregator seperti DealGoing.com dan lain-lain
—
Dari wawancara singkat dengan pihak JogjaCamp.com selaku pengembang Diskon.com di atas, bisa disimpulkan bahwa layanan daily deals Diskon.com hampir sama dengan layanan daily deals yang lain, meski demikian Diskon.com mengatakan perbedaan layanan mereka dengan yang lain adalah layanan customer support selama 24 jam nonstop dan pemberian kode voucher dikirim melalui SMS. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan daily deals ini, mari kita tunggu launching-nya pada bulan Februari nanti.
Semoga sukses untuk Diskon.com 🙂
Wah, asik kalo Jogja bisa beli voucher dulu lewat Diskon.com