14 February 2019

by Yoga Wisesa

Segala Game dan Update yang Nintendo Singkap di Nintendo Direct Bulan Februari 2019

Acara ini juga menandai peluncuran sejumlah game baru di Switch.

Beberapa waktu lalu, bos Sony Worldwide Studios Shawn Layden menjelaskan bagaimana E3 telah kehilangan esensi nya, dan inilah alasannya mengapa Sony memutuskan untuk absen di acara tahun ini. Berkat meratanya internet, pemilik platform kini bisa mudah menjangkau fans secara langsung lewat event-event stream, satu contohnya adalah melalui acara seperti Nintendo Direct.

Nintendo Direct adalah presentasi online tempat perusahaan mengungkap seluruh informasi terkait produk-produk baru mereka. Yang membuat Direct unik adalah pelaksanaannya yang tidak dipatok di tanggal tertentu. Nintendo akan menggelarnya kapan pun mereka menginginkannya. Tiga bulan berlalu selepas event terakhir, dan presentasi Direct terkini baru saja rampung.

Jangan cemas jika Anda tidak sempat menyaksikannya. Lewat artikel ini, saya mencoba merangkum seluruh game dan update yang Nintendo singkap di Direct edisi Februari 2019.

 

Astral Chain

Astrail Chain adalah permainan action racikan tim di belakang Bayonetta dan Nier: Automata yang dipersembahkan hanya untuk para pemilik Switch. Berdasarkan trailer-nya, game menghidangkan pertempuran via mecha dan mengusung latar belakang cyberpunk.

 

Super Mario Maker 2

Nintendo rencananya akan meluncurkan Super Mario Maker 2 di Switch pada bulan Juni tahun ini.

 

Super Smash Bros. Ultimate update 3.0

Game fighting crossover buatan Bandai Namco ini akan kedatangan karakter Joker dari Persona 5. Selain itu, Nintendo juga akan melepas sejumlah action figure Amiibo bertema Smash, seperti Pokemon Trainer, Snake dari Metal Gear Solid, dan Simon Belmont dari Castlevania.

 

BoxBoy + BoxGirl

Merupakan game BoxBoy pertama untuk Switch. Permainan pertamanya dilepas pada tahun 2015 di 3DS, lalu disusul oleh Bye-Bye BoxBoy di 2017. BoxBoy + BoxGirl kabarnya menyuguhkan 270 level plus mode kooperatif dua pemain.

 

Captain Toad: Treasure Tracker

Nintendo berencana untuk meluncurkan DLC untuk versi Switch dari Treasure Tracker ini. Beberapa add-on disajikan gratis, dan sebagian lagi adalah downloadable content berbayar. Tanpa perlu mengeluarkan uang, Anda bisa segera menjajal mode co-op baru.

 

Marvel Ultimate Alliance 3: The Black Order

Kehadiran MUA3 secara eksklusif di Switch memang mengejutkan karena dua game terdahulunya dapat dinikmati oleh gamer di platform berbeda. Via update terbaru, Nintendo mengabarkan bahwa para Defenders akan bergabung di sana.

 

The Legend Of Zelda: Link's Awakening

Link's Awakening versi Switch ini adalah remake dari game berjudul sama yang dirilis pada tahun 1993 untuk Game Boy. Nintendo tidak mengubah penyajiannya terlalu jauh. Game tetap mempertahankan penggunaan perspektif top-down dan visual 2D.

 

Bloodstained: Ritual of the Night

Game action platformer 2D yang terinspirasi dari Castlevania ini dijadwalkan untuk melakukan pendaratan di Switch pada musim panas 2019. Tanggal pastinya masih belum diketahui.

 

Tetris 99

Tetris 99 boleh dikatakan sebagai perpaduan unik antara formula Tetris klasik dengan battle royale, mengadu 99 pemain dalam satu pertandingan. Game sudah bisa dimainkan hari ini, disuguhkan secara gratis.

 

Assassin's Creed 3 Remaster

Versi remaster dari Assassin's Creed III akan tiba di Nintendo Switch pada tanggal 21 Mei. Selain grafis yang diperbarui, game turut dibundel bersama Assassin's Creed III: Liberation (dahulu tersedia di PS Vita) dan DLC Tyranny of King Washington.

 

Fire Emblem: Three Houses

Tree Houses merupakan salah satu permainan terbesar yang akan Nintendo luncurkan di Switch tahun ini. Di Direct, sang publisher memamerkan porsi pertempuran dan elemen role-playing-nya. Game akan dilepas pada tanggal 26 Juli.

 

Hellblade: Senua's Sacrifice

Hal yang membuat Hellblade sukses adalah perpaduan unik antara tema gangguan mental, latar belakang mitos Nordik, dan gameplay action menegangkan. Ia memenangkan banyak penghargaan di tahun 2017, dan siap mendarat di Switch pada musim semi 2019.

 

Deltarune

Penerus Undertale kreasi Toby Fox akan tiba di Switch di tanggal 28 Februari nanti. Chapter 1-nya bisa diunduh gratis, namun Anda perlu mengeluarkan uang buat membeli Chapter-Chapter berikutnya. Sedikit trivia: Sadarkah Anda bahwa Deltrarune ialah anagram dari Undertale?

 

Yoshi's Crafted World

Bersamaan dengan selesainya presentasi Direct, Nintendo melepas versi demo Yoshi's Crafted World di Switch. Game ini pertama kali diumumkan di E3 2017, dan rencananya akan dirilis akhir bulan depan, tanggal 29 Maret.

 

Final Fantasy IX & Final Fantasy VII

Kejutan lagi dari Nintendo (dan Square Enix). Versi port Switch Final Fantasy IX sudah bisa Anda nikmati saat ini juga, dibanderol US$ 21. Selanjutnya, perilisan spin-off Chocobo's Mystery Dungeon: Every Buddy dan Fantasy VII akan menyusul di tanggal 26 Maret. Semuanya disediakan via Nintendo Eshop.

-

Tayangan ulang Nintendo Direct edisi Februari 2019 bisa Anda nikmati di sini.

Via Gamespot.