2 October 2013

by Iqbal Farabi

Scribd Luncurkan Layanan untuk Berlangganan E-book

Dua minggu ini barangkali benar-benar waktu yang menggembirakan buat para penggemar buku, terutama mereka yang tidak keberatan dengan format buku elektronik atau e-book. Setelah pekan lalu Google membuka akses terhadap Google Play Books untuk pengguna dari Indonesia, kali ini Scribd meluncurkan layanan untuk berlangganan e-book.

Scribd, yang sebelumnya lebih dikenal sebagai layanan untuk menyimpan dan membagikan konten teks secara online, sebenarnya sudah melakukan soft launch untuk layanan ini sejak beberapa waktu lalu. Baru pada 1 Oktober kemarin Scribd akhirnya secara resmi mengumumkan layanan berlangganan e-book ini.

Dengan konsep berlangganan, pengguna Scribd bisa mengakses buku-buku yang tersedia khusus untuk berlangganan dengan membayar biaya langganan sebesar $8,99 per bulan. Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba, kabar baik lainnya adalah Scribd saat ini memberikan promo berupa langganan gratis untuk satu bulan pertama. Jika benar-benar berminat, masa promosi ini sebaiknya tidak Anda lewatkan terutama untuk memastikan bahwa katalog buku yang dimiliki Scribd memenuhi kebutuhan membaca Anda.

Saat ini Scribd baru bekerjasama dengan penerbit HarperCollins untuk menyediakan buku-buku dari HarperCollins US dan HarperCollins Christian agar bisa diakses dengan model berlangganan. Dari pengamatan saya, katalog HarperCollins cukup lengkap bagi mereka yang menyenangi karya sastra dan literatur yang populer di Amerika Serikat. Saya sendiri lebih memilih katalog Google Play Books karena memang lebih lengkap.

Untuk berlangganan, Anda harus memiliki akun Paypal atau kartu kredit keluaran Visa atau Mastercard. Setelah melakukan pembayaran, Anda bisa mengakses judul-judul dari HarperCollins dan menyimpannya ke pustaka Anda. Setelah itu buku-buku elektronik ini bisa Anda akses melalui halaman web Scribd maupun aplikasi Scribd di iOS dan Android.

 

Sumber: Scribd via Engadget.