Samsung Visual Display Media Forum 2022, Samsung Pamerkan Update Teknologi di TV Premium Mereka

Mulai dari teknologi yang fokus pada kualitas hasil gambar, gaming, sampai aksesoris dijelaskan di acara Samsung Visual Display 2022

Samsung telah menggelar acara Samsung Visual Display Media Forum 2022 secara online atau virtual. Acara ini bisa diakses oleh media yang telah mendaftarkan diri. Ada 3 bagian utama di acara ini yaitu penjelasan tentang kampanye hijau yang dilakukan Samsung, penjelasan dari sisi teknis tentang jajaran produk display terbaru Samsung serta panjelasan dari sisi gaya hidup dari produk yang sama. 

Rangkaian acara Samsung yang membahas teknologi TV andalan mereka kali ini mengingatkan saya pada acara serupa tahun 2019. Ketika itu saya diundang untuk menghadiri acara Samsung Forum, yang salah satunya menjelaskan tentang TV Samsung yaitu QLED 8K.

Fast forward, acara Samsung Visual Display Media Forum 2022, sesuai namanya, menitikberatkan pada perangkat Samsung yang berhubungan dengan visual. Ada beberapa teknologi terkait TV premium yang dihadirkan di acara ini. Selain TV QLED ada pula beberapa aksesoris yang diperlihatkan untuk perangkat TV lifestyle mereka, seperti The frame, Sero dan The Serif. Termasuk juga urusan audio lewat produk soundbar. 

Artikel ini akan coba merangkum berbagai update tebaru terkaait perkembangan Samsung atas perangkat TV premium mereka. 

Update terkait kualitas gambar Neo QLED 8K TV

Ada bebrapa peningkatan yang menjadi sorotan untuk perangkat Neo QLED 8K 2022 yaitu adalah hadirnya 14-bit contrast mapping. Peningkatan yang dilakukan Samsung adalah 4 kali lebih presisi dari model tahun 2021. 

Teknologi ini akan memungkinkan pengguna untuk bisa melihat desail ekstrem pada layar dari semua jenis scene, baik gelap atau terang. Detail juga akan bisa ditampilkan lebih banyak namun tingkat kontras di area yang lebih gelap tetap bisa dipertahankan. 

TV Neo QLED 8K 2022 juga menghadirkan contrast yang lebih baik lewat teknologi Shape Adaptive Light Control. Teknologi ini akan menghadirkan gambar yang lebih cerah dan hidup karena teknologi yang ada memungkinkan TV untuk melakukan kontrol bentuk backlight yang mencerahkan area yang memang harus tampak terang tanpa menyebabkan blooming pada area sekitarnya. 

Teknologi selanjutnya yang juga bisa dibilang menjadi salah satu inti fitur TV QLED 8K Samsung adalah Neural Quantom Processor 8K. Pada TV keluarah tahun 2022 ada peningkatan menjadi 20 neural AI network independen yang dihadirkan, meningkat dari 16 pada seri tahun sebelumnya. 

Neural network ini akan mampu menganalisa sumber konten berdasarkan jenis dan karakteristik agar bisa dihadirkan gambar yang terbaik. Teknologi ini juga menjadi kunci akan kemampuan TV untuk fitur upscaling (meningkatkan sumber gambar non 8K agar bisa mengejar pengalaman setara 8K). Tambahan 4 neural network dari teknologi tahun 2021 akan menambah presisi dan akurasi saat TV melakukan upscalling jenis konten-konten seperti dari streaming OTT, video Youtube, siaran TV dan berbagai konten lain. Fitur ini juga dijelaskan Samsung akan memberikan peningkatan efek tiga dimensi dan peningkatan pada game cloud

Selain tiga teknologi utama di atas,  Neo QLED 8K 2022 juga menghadirkan Smart Calibration dan EyeComfort Mode untuk memudahkan pengguna dalam mengkalibrasi layar dari menu atau dari aplikasi Smart Calibration di smartphone. Sedangkan untuk EyeComcort Mode, fitur ini memungkinkan TV secara otomatis melakukan penyesuaian kecerahan layar dengan mendeteksi lingkungan sekitar. 

Dalam video demo yang diperlihatkan, skenario yang bisa dinikmati adalah perubahan keluaran cahaya biru dari TV saat matahari terbit yang berubah ke kondisi matarahi terbenam. Tonenya akan lebih hangat atau lebih dingin sesuai waktu yang ada. 

Selain teknologi yang berkaitan dengan perangkat Neo QLED 8K, Samsung juga memamerkan berbagai fitur dan teknologi yang tidak kalah menarik untuk jajaran TV Neo QLED 2022 lainnya. Antara lain adalah untuk gaming dan teknologi Micro LED. 

Untuk ranah gaming, TV Neo QLED 2022 hadir dengan UX yang lebih baru, juga hadir fitur cloud gaming yang menghadirkan teknologi upscaling saat streaming online. Teknologi berbasis AI ini akan meningkatkan kualitas gambar agar lebih detail dan mengurangi noise. 

Fitur lain yang masuk ranah gaming adalah hadirnya HDR10+ gaming untuk pengalaman yang lebih responsif dan akurat. Dan yang terakhir adalah hadirnya mode khusus game yang dihadirkan Samsung berdasarkan survei atas lebih dari 14000 pelanggan tentang pengaturan dan minat game mereka dari gameplay terentu.  Pengaturan genre atas game FPS, RTS, RPG dan sports bisa dinikmati di TV Neo QLED 2022. 

Teknologi MICRO LED

Dalam acara kali ini Samsung juga membahas tentang teknologi micro LED. Teknologi layar yang memungkinkan perangkat memberikan pengalam gambar seperti aslinya dalam format modular yang inovatif. MICRO LED ini terdiri dari chip RGB ukuran mikrometer yang dibuat dengan safir anorganik yang memancarkan cahaya dan warna yang akan awet sampai lebih dari 100 ribu jam tanpa burn-in

Teknologi MICRO LED ini mengintegrasikan 24 juta chip dalam area layar terentu. Samsung melakukan peningkatan teknologi manufaktur untuk meningkatkan efisiensi hingga 1.500 kali lipat. Peningkatan yang dilakukan memungkinkan  MICRO LED menawarkan 100 persen color gamut DCI dan Adobe RGB, dan black level yang sempurna.

Audio dan lainnya

Selain penjelasan terkait teknologi yang berkaitan langsung dengan kualitas gambar pada TV terbaru mereka. Samsung juga memberikan informasi lain seputar perangkat visual mereka. Antara lain yang berhubungan dengan audio, aksesoris dan fitur tambahan. 

Untuk audio sendiri, hadir soundbar flagship Q990B yang membawa  komposisi 11.1.4 channel Dolby ATMOS, disertai wireless rear speaker, main body, serta sebuah subwoofer

Teknologi Q-Symphony pada produk soundbar menciptakan 3D soundscape, ini bisa dicapai dengan sinkronisasi output dari soundbar dan Samsung QLED TV untuk hasil audio yang sinematik.

Wireless Dolby Atmos juga hadir di soundbar versi tahun 2022, selain tambahan speaker top channel untuk suara imersif dari segala arah.

Untuk produk audio yang menarik perhatian saya adalah jajaran soundbar ultra slim. Dengan desain terbaru ini ruang penyimpanan untuk soundbar akan lebih sedikit dan lebih menyatu dengan ruang. Seri soundbar S juga hadir dengan desain baru dan lampiran logam yang ramping serta ukuran yang lebih ringkas. 

Untuk pengalaman ekosistem Samsung antar multi device, Samsung menghadirkan TV terbaru mereka di tahun 2022 ini dengan berbagai fitur mendukung multi device, pembaruan UI dan fitur smart hub

Layanan atau aplikasi Smarthings dari Samsung memungkinkan TV menjadi central hub untuk mengontrol berbagai peranglat lain di rumah. Ada pula fitur MultiView untuk mereka yang ingin membagi layar untuk keperluan tertentu dalam waktu yang sama. 

Mengikuti tren NFT, Samsung juga menghadirkan NFT Platform di jajaran TV mereka tahun ini. Pengguna bisa melakukan preview NFT, mengecek detail dari artwork NFT termasuk judul dan nama artisnya. 

Dan yang terakhir, TV premium Samsung juga dilengkapi Samsung Health untuk membantuk kegiatan olah raga serta fitur Google Duo untuk mendukung kegiatan video call. 

Sebagai pelengkap dalam penggunaan TV, ternyata remote juga menjadi bagian yang tidak lupa diperhatikan oleh Samsung. Hadirnya SolarCell remote cukup menarik dan menyegarkan. Tidak perlu lagi baterai untuk menjadi sumber tenaga tetapi sudah dengan cahaya matahari atau lampu, termasuk juga charging berdasarkan radio frequency harvesting dari perangkat wifi router sekitar.

Teknologi matte display pada produk The Frame 2022 menjadi bagian yang menarik. Tidak ada lagi glare dari layar yang manggangu, tampilan art yang biasa ditampilkan di The Frame juga bisa tampak lebih realistis.

Sebagai pelengkap teknologi terbaru yang dihadirkan Samsung di jajaran TV premium mereka, tidak lupa juga dihadirkan aksesoris pelengkap. 

Ada Slim Fit Wall Mount untuk mereka yang ingin 'menempelkan' perangkat TV premiun di dinding dengan celah yang tips hanya 19.5mm. Wall Mount ini juga memungkinkan pengguna untuk memiringkan atau memutar TV. 

Ada pula wall mount My Shelf untuk pengguna yang ingin menambahkan layout  atau rak tambahan di sekitar TV. Aksesoris lain yang juga dipamerkan adalah Studio Stand Solution yang mengalami pembaruan dengan finishing tembaga. 

Program go green

Sebagai bagian dari pengelanan teknologi, Samsung juga menyematkan penjelasan atas program Go Green mereka. Seperti kita ketahui, ukuran TV premium, termasuk Neo QLED 8K hadir dalam ukuran yang cukup besar. Karenanya menjadi menarik untuk melihat usaha 'hijau' apalagi yang dilakukan Samsung untuk kotak produk mereka. 

Selain memungkinkan pengguna untuk menggunakan ulang atau reuse dari kotak perangkat TV premium mereka, tahun 2022 ini Samsung juga mengurangi penggunaan tinta 90 persen lebih sedikit dari tahun sebelumnya. Tampilan kotak dengan teks dan grafik minimalis hadir untuk mengurangi penggunaan tinta ini. Selain itu, Samsung juga meniadakan penggunaan staples logam dari kemasan. Memungkinkan proses  daur ulang menjadi lebih mudah dan total limbah pun bisa lebih berkurang. 

Berbeda dengan peluncuran produk, memang acara seperti Samsung Visual Display Media Forum 2022 kali ini lebih menitik beratkan pada apa yang ada di balik layar serta menegaskan strategi produk yang akan hadir di tahun berjalan. Teknologi layar Samsung bisa dibilang adalah salah satu yang terbaik, tetap hadirnya dukungan perangkat TV premium oleh Samsung ini juga menandakan bahwa perangkat display yang ada, meski memang hadir dengan harga yang mahal, tetap diminati publik. 

Beberapa dukungan teknologi juga mengikuti perkembangan yang ada, misalnya saja adalah dukungan atas NFT yang menurut saya jadi lebih masuk akal jika dibandingkan dari sekedar men-display karya seni konvensional yang di-convert ke bentuk digital untuk ditampilkan di TV sebagai bagian hiasan eksterior. Atau dukungan gaming yang terus diberikan, karena meski sebenarnya untuk urusan gaming para gamers lebih memilih display monitor, namun untuk couch gamers (seperti gamers console) mereka menggunakan TV sebagai monitor utama. Menyenangkan jika produsen TV juga menghadirkan teknologi terbaru mereka untuk jajaran TV yang diproduksi. Siapa tau juga di kemudian hari, teknologi-teknologi yang ada di TV premium juga akan hadir di model-model tertentu dari TV Samsung yang lebih terjangkau.