1 April 2022

by Lukman Azis

Samsung Ungkap Neo QLED TV 2022, Dilengkapi Gaming Hub Dan NFT Platform

Neo QLED 8K TV 2022 telah di-upgrade dengan teknologi baru seperti Real Depth Enhancer, Shape Adaptive Light Control, hingga kemampuan menampilkan NFT

Dalam acara virtual bertajuk Unbox & Discover 2022, Samsung telah mengungkap jajaran produk 2022, mencakup Neo QLED 8K TV, soundbar, dan aksesorinya. Lewat rangkaian produk baru ini, Samsung ingin mendefinisikan kembali peran televisi dengan mengembangkan layar yang canggih, dirancang dengan indah, dan menawarkan lebih dari sekadar hiburan.

Secara historis, TV dan layar umumnya dikaitkan dengan aktivitas menonton, tetapi Neo QLED 8K TV 2022 bertujuan mengubah hal ini dengan memperluas pengalaman pengguna. Perangkat ini di-upgrade untuk meningkatkan kenyamanan menikmati TV layar besar.

Di jantungnya, terdapat Neural Quantum Processor 8K. Prosesor ini memiliki 20 jaringan neural AI independen, masing-masing menganalisis karakteristik dan kualitas gambar konten untuk menghadirkan tampilan yang optimal, apapun sumbernya.

Neural Quantum Processor 8K juga mengusung teknologi baru bernama Real Depth Enhancer. Teknologi ini memindai layar dan memaksimalkan kontras dengan background dengan cara memperbaiki objek tanpa memproses background.

Prosesor ini dikombinasikan dengan Quantum Mini LED, menciptakan pencahayaan yang presisi dan terkontrol sehingga area terang tetap terjaga keterangannya. Sementara area gelap di sekitarnya akan tetap gelap, fitur ini disebut Shape Adaptive Light Control.

Samsung QLED 2022 terbaru juga telah mengantongi sertifikasi layar 'Pantone Validated', yang secara otentik mereproduksi lebih dari 2.000 warna dan 110 nuansa warna kulit terbaru yang ada di dalam pedoman Pantone. Warna-warna ini nyaman untuk ditonton dengan EyeComfort Mode yang baru.

Fitur EyeComfort Mode terbaru menggunakan teknologi AI yang secara otomatis menyesuaikan tingkat kecerahan dan temperatur warna layar berdasarkan seberapa terang atau gelap ruangan tempat TV diletakkan. Dikombinasikan dengan informasi matahari tenggelam/matahari terbit untuk mengoptimalkan pengalaman menonton yang paling nyaman.

Untuk menyuguhkan pengalaman yang imersif, TV dan layar membutuhkan dukungan audio yang kuat. AI di Neural Quantum Processor 8K dapat menganalisis konten layar secara real-time sehingga fitur Adaptive Sound dapat melacak dan berpindah antar speaker untuk menyesuaikan dengan pergerakan di layar secara presisi.

Pada model flagship Neo QLED 8K TV (QN900B), semua suara hadir dari sistem audio 6.2.4 channel 90W, yang terdiri dari top channel speaker terbaru dan Dolby Atmos dengan Object Tracking Sound Pro. Teknologi ini juga telah diterapkan pada pengenalan suara dengan Voice Tracking Sound, sehingga efek suara dan percakapan benar-benar mengikuti pergerakan di layar. Samsung juga turut memperkenalkan Wireless Dolby Atmos ke Neo QLED 4K dan 8K TV.

Untuk memastikan pengalaman yang seamless, Neo QLED TV 2022 dilengkapi dengan fitur dan user interface baru. Memungkinkan TV dan layar Samsung menjadi central hub dalam menikmati konten, mengontrol perangkat, bermain game, berolahraga, dan banyak lagi.

Smart Hub dengan user interface baru yang ditenagai oleh Tizen ini menghadirkan setiap aspek pengalaman yang smart ke dalam sebuah home screen yang mudah dinavigasi. Tab yang baru mengklasifikasikan fitur-fitur, setting, dan konten ke dalam tiga kategori yaitu Media, Gaming Hub, dan Ambient.

Untuk memenuhi kebutuhan para gamer, Samsung menyiapkan Gaming Hub, platform pencarian game streaming baru yang menjembatani hardware dan software untuk memberikan pengalaman gaming yang seamless. Samsung juga mengumumkan kemitraan dengan layanan game streaming seperti NVIDIA GeForce NOW, Stadia, dan Utomik.

Selain Gaming Hub, Neo QLED TV 2022 juga hadir dengan spesifikasi dan fitur yang dirancang untuk menghadirkan pengalaman gaming terbaik. Ini termasuk empat port yang mendukung HDMI 2.1, gaming dengan Motion Xcelerator Turbo Pro 4K 144Hz, serta Super Ultrawide GameView dan Game Bar.

Tentu saja, Neo QLED TV 2022 sudah mendukung Samsung NFT Platform. Samsung telah bermitra dengan pemimpin industri, Nifty Gateway. Ambient mode akan menawarkan one-stop NFT platform untuk mengeksplorasi dan menampilkan karya digital NFT di jajaran Neo QLED dan QLED TV 2022, sebuah cara baru untuk mengoleksi dan menampilkan karya seni.