Dark
Light

Samsung Resmi Perkenalkan Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge

3 mins read
March 2, 2015

Setelah diramaikan oleh sejumlah rumor dan teaser, Samsung akhirnya resmi memperkenalkan dua smartphone terbarunya, Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge di gelaran MWC 2015. Dua smartphone dari keluarga Galaxy yang meneruskan kiprah Samsung Galaxy S5.

Seperti yang digembor-gemborkan, Samsung menerapkan pendekatan baru dalam merancang Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge. Melihat apa yang tersaji, tak berlebihan bila kedua perangkat disebut sebagai permulaan baru bagi raksasa Korea Selatan ini. Ada banyak perubahan yang diterapkan, wajar mengingat keduanya adalah perangkat terbaru.

kv-phones

Pendekatan desain yang dilakukan oleh Samsung di kedua perangkat ini sama sekali sangat berbeda jika kita bandingkan antara Samsung Galaxy S4 dan Galaxy S5. Meski demikian, cukup ramai perbincangan di media sosial yang membahas tentang apa yang dihadirkan Samsung ini (bahan body, desain speaker dan fitur – Samsung Pay) mirip dengan apa yang disajikan brand lain (baca: iPhone 6).

Lebih jauh kita akan ulas, apa saja spesifikasi dan fitur yang ada di Samsung Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge ini.

Info Menarik: HTC Perkenalkan HTC One M9, HTC Grip dan HTC Vive

Desain

Bicara sisi desain, Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge tampil mengesankan dengan masing-masing karakter, keduanya sama-sama dibangun dari frame metal dan panel kaca tetapi membawa garis desain yang berbeda. Galaxy S6 tampil dengan layar datar, sedangkan Galaxy S6 Edge menampilkan rancangan unik dengan tepian yang melengkung di sisi layar ala Galaxy Note Edge. Hanya saja kali ini bukan hanya satu, tetapi di kedua sisi perangkat.

Kedua varian perangkat dirakit dari material metal dan kaca, tidak ada lagi material plastik murahan yang jadi kelemahan generasi Samsung Galaxy S sebelumnya.

samsung galaxy s6_1

Layar

Spesifikasi menawan Samsung Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge diawali dari komponen layar Super AMOLED yang menawarkan bentang lebar 5,1 inci dengan resolusi quad HD 2560 x 1440 piksel dan kepadatan 577ppi. Komposisi ini menggambarkan dengan gamblang kualitas visual keduanya adalah salah satu yang terbaik saat ini walau soal ukuran diagonal layar tak banyak berubah dari varian sebelumnya. Komponen ini menjadi modal berharga Samsung untuk mengarungi bahtera persaingan ranah mobile yang kian keras.

galaxy_s6_front_black_06

galaxy_s6_edge_front_gold_08

Kamera

Bergeser ke sisi kamera, dimana terdapat kamera utama 16MP disertai sejumlah fitur seperti smart OIS, autofocus dan HDR. Kemudian di bagian depan terdapat kamera 5MP guna mengakomodasi kebutuhan selfie dan video call dengan kualitas terbaik.

Info Menarik: Keyboard Android ini Khusus Disediakan Microsoft Untuk Pengguna Excel

Prosesor

Samsung tak hanya fokus ke sisi desain perangkat, seperti di beberapa varian Galaxy sebelumnya Samsung juga menggunakan chipset buatan sendiri Exynos 7420 yang mengusung CPU octa-core dengan kombinasi 2.1GHz quad-core ditambahan 1,5GHz quad-core. Tidak disebutkan adanya varian dengan prosesor Snapdragon seperti yang biasanya mereka lakukan. Hal ini sekaligus menjawab pertanyaan banyak orang perihal komponen prosesor.

Tampaknya Samsung sudah bertekad tidak akan menggunakan chipset Snapdragon 810 sebagaimana diberitakan sebelumnya.

Untuk menemani prosesor di atas, Samsung membenamkan RAM 3GB dan memori internal yang tersedia dalam tiga pilihan, 32GB, 64GB dan 128GB.

Sistem Operasi dan Baterai

Soal sistem operasi, tak mengejutkan bila Samsung memilih Android 5.0 Lollipop, kemudian sudah barang tentu disertai dukungan teknologi 4G LTE Cat 6. Sementara untuk komponen baterai ada perbedaan tipis antara keduanya, jika Galaxy S6 hanya berkapasitas 2550mAh, Galaxy S6 Edge unggul tipis dengan kapasitas 2600mAh.

Walau tergolong standar, komponen baterai perangkat dinilai cukup baik untuk memberikan pasokan daya dalam waktu yang lama. Jangan lupa bahwa chipset Exynos 7420 merupakan SoC yang dibangun dari arsitektur 14nm yang efisiensinya tak diragukan lagi.

Fitur-fitur lainnya

Selain komponen hardware di atas, Samsung juga menyematkan sejumlah fitur tambahan yang melengkapi persenjataan Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge, antara lain fitur pemindai sidik jari dengan rancangan baru, monitor detak jantung, penghitung kalori dan langkah, Ultra Power Saving Mode, S Finder dan Private Mode.

galaxy_s6_edge_front_gold_10

Fitur wireless charging yang mendukung standar WPC dan PMA jadi andalan berikutnya bagi Samsung untuk bertahan di dalam iklim kompetisi yang luar biasa keras. Selain itu ditanamkan pula fitur pengisian cepat yang memungkinkan pengguna memperoleh 4 jam waktu tambahan hanya dari 10 menit pengisian.

galaxy s6 edge charging

Makin canggih perangkat maka makin besar pula kemungkinan adanya penyalahgunaan oleh orang-orang tak bertanggung jawab. Tapi, tenang. Samsung sudah punya penerawangan sendiri, itu sebabnya mereka menyertakan dukungan teknologi keamanan dari Samsung Knox yang dipasang secara pre-instal di dalam perangkat.

Info Menarik: Gandeng BlackBerry, Google Rilis Layanan Android for Work

Dukungan Samsung Pay

Samsung melengkapi performa dan desain keren Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge dengan dukungan teknologi pembayaran mobile melalui layanan Samsung Pay. Layanan ini disebut-sebut saingan baru Apple Pay, namun dengan integrasi yang lebih luas dan mudah dimana mendukung kedua metode, NFC dan pembaca kartu kredit yang didukung oleh LoopPay.

https://www.youtube.com/watch?v=CnYtWWDor2s

Harga dan Ketersediaan

Samsung Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge direncanakan rilis pada 10 April 2015. Sementara soal harga, dikutip dari PhoneArena, Galaxy S6 varian 32GB akan dilepas €699 dan untuk varian 64GB dan 12GB terpaut €100 lebih mahal. Sedangkan Galaxy S6 Edge dibanderol sedikit lebih tinggi mulai €849 untuk varian 32GB kemudian €949 dan €1,049 untuk varian 64GB dan 128GB (€1 setara dengan Rp 14.500).

Sumber berita Samsung.

Previous Story

Memanfaatkan Regulasi TKDN Smartphone 4G untuk Ciptakan Industri Hardware Lokal

Next Story

Jurnal Peroleh Seed Funding dari East Ventures

Latest from Blog

Don't Miss

Pre-order Z Fold6 dan Z Filp6

Apa yang Bikin Samsung Galaxy Z Fold6 dan Z Filp6 Spesial? Ini Alasannya

Seperti yang sudah diulas sekilas oleh tim Hybrid sebelumnya, Samsung

Samsung Galaxy Watch7 Siap Hadirkan Pengalaman Kesehatan Baru yang Cerdas

Selain merilis seri smartphone lipat baru dan TWS barunya, Samsung