Dark
Light

Samsung Jadi Sponsor Tim Esports Korea Selatan, Gen.G

1 min read
January 29, 2019
Gen.G

Sudah bukan hal baru lagi bila ada brand teknologi, terutama penyedia peripheral PC, yang terjun untuk bekerja sama dengan tim esports. Salah satu yang baru-baru ini diumumkan adalah Samsung. Selain terkenal dengan produk smartphone yang mendunia, Samsung juga telah lama menciptakan produk seputar komputer, termasuk monitor, hard disk, laptop, hingga NVMe.

Samsung kini menjalin kerja sama sponsorship dengan organisasi esports asal Korea Selatan yang bernama Gen.G. Mereka tidak menjelaskan berapa nilai finansial serta jangka waktu kerja samanya, akan tetapi bagian dari perjanjian kerja sama itu adalah bahwa Samsung akan menjadi penyedia solid state drive untuk kebutuhan gaming Gen.G. Samsung juga akan membangun sebuah studio, disebut “Samsung SSD Streaming Studio”, di markas Gen.G yang terletak di Seoul.

Gen.G (singkatan dari “Generation Gaming”) sendiri merupakan organisasi global yang menaungi berbagai tim esports dari segala macam cabang game. Mereka memiliki tim League of Legends, PUBG, Fortnite, serta Clash Royale. Gen.G juga membawahi tim Overwatch League yang bernama Seoul Dynasty. Dulunya Gen.G bernama KSV eSports, akan tetapi organisasi ini telah melakukan rebranding di pertengahan tahun 2018 lalu.

Uniknya, sponsorship ini bukanlah pertama kalinya Gen.G menjalin relasi dengan Samsung. Karena sebelum diakuisisi KSV eSports pada tahun 2017, dulunya roster tim tersebut adalah anggota dari tim milik Samsung yang bernama Samsung Galaxy.

Gen.G Korea Regional Finals 2018
Gen.G saat menjuarai LoL Worlds Korea Regional Finals 2018 | Sumber: Gen.G

Tidak hanya Samsung, Gen.G juga telah menjalin ikatan dengan berbagai brand lain. Salah satunya SIDIZ, perusahaan manufaktur kursi yang sama-sama berbasis di Korea. SIDIZ tergolong sebagai brand non-endemic (non-gaming), dan kerja sama dengan Gen.G merupakan kiprah pertama mereka di dunia esports. SIDIZ berperan menjadi penyedia kursi gaming di fasilitas latihan milik Gen.G.

Selain SIDIZ, Gen.G memiliki ikatan kerja sama dengan Razer dan Nighthawk Pro Gaming. Anda pasti sudah familier dengan nama Razer yang merupakan produsen gaming gear kenamaan. Sementara Nighthawk Pro Gaming atau NPG adalah brand milik Netgear yang khusus menangani produksi perangkat jaringan (router, switch, dsb) dengan kualitas professional gaming grade.

Karena baru melakukan rebranding, maka usia tim Gen.G dapat dibilang tergolong baru. Akan tetapi prestasi mereka selama setengah tahun ini cukup baik. Mereka meraih peringkat empat di League of Legends Champions Korea (LCK) 2018 Summer, serta menjadi juara LoL World Championships Korea Regional Finals 2018. Sayangnya perjuangan mereka di babak utama LoL World Championship terhenti di 16 besar.

Sementara di tingkat lokal, mereka menjadi runner-up untuk kompetisi LoL KeSPA Cup, turnamen yang diselenggarakan oleh Korea e-Sports Association. Dengan skala organisasi yang besar serta sejumlah prestasi seperti ini wajar saja bila Gen.G banyak diminati oleh perusahaan untuk menjadi partner sponsor, baik itu brand gaming ataupun non-gaming. Semoga saja para pemegang brand di Indonesia juga tak ragu untuk mengambil langkah yang sama, karena industri esports sekarang sedang dalam masa subur-suburnya.

Sumber: Esports Observer

Previous Story

Blibli Buka Suara atas Dukungannya ke Esports dan Piala Presiden 2019

Traveloka Bangalore
Next Story

Traveloka Resmikan Kantor R&D di Bangalore, India

Latest from Blog

Don't Miss

Samsung Beberkan Pentingnya Data di Balik Kesuksesan Galaxy AI

Samsung Beberkan Pentingnya Data di Balik Kesuksesan Galaxy AI

Galaxy AI berbahasa Indonesia dikembangkan dengan modal data yang berkualitas

Galaxy AI Tersedia di Samsung Galaxy S23 FE

Fitur-fitur “assistant” teranyar kini bisa dinikmati pengguna flagship lama termasuk