Dark
Light

Samsung Gear Blink, Kacamata Pintar dari Samsung Siap Meluncur?

1 min read
September 14, 2014

Keberadaan perangkat wearable PC semakin populer sejak beberapa perusahaan merilis produk unggulan mereka, sebut saja  Google yang telah sukses merilis dna memperkenalkan perangkat kaca mata pintar Google Glass. Dan kini Samsung sebagai perusahaan elektronik yang berbasis di Korea itu juga berencana membuat perangkat serupa yang bernama Samsung Gear Blink.

Rumor mengenai rencana Samsung untuk merilis perangkat smartglasses atau kaca mata pintar tersebut memang telah tersiar sudah cukup lama, setelah salah satu blogger gadget terkemuka Eldar Murtazin mem-posting sebuah tweet yang berbunyi : ‘Samsung developing own version of Google Glass. We will see it (probably) around april-may under Gear Glass brand‘.

Namun jika memang Samsung akan menggunakan nama ‘Glass’ pada produk kaca mata pintarnya ini maka ini agak sedikit terdengar rancu karena istilah ‘Glass’ telah menjadi ciri khas dari perangkat Google Glass yang dirilis oleh Google.

samsung-gear-blink-4

Dari dokumen paten yang terungkap baru-baru ini, Samsung sebelumnya telah mengembangkan perangkat headset bluetooth yang mereka sebut sebagai head-up display (HUD). Namun yang menarik adalah bahwa pada perangkat tersebut memiliki layar prisma yang berada didepan mata pengguna dimana bentuk ini mengingatkan kita pada perangkat Google Glass.

Sedangkan menurut informasi yang kami rilis dari situs TizenExpert, sepertinya Samsung juga memiliki perangkat kaca mata pintar lain yang kemungkinan akan memiliki beberapa jenis perangkat kaca mata pintar dengan bentuk yang berbeda.

Situs tersebut mengatakan bahwa perangkat kaca mata pintar besutan Samsung itu akan berjalan dengan platform Tizen OS dan akan diberinama sebagai Gear Blink, perangkat tersebut kemungkinan akan diperkenalkan pada bulan Maret 2015 nanti pada ajang Mobile World Congress 2015, acara tahunan yang diadakan di Barcelona.

 

Info menarik: Aplikasi Android Pilihan 8 – 14 September 2014

 

Perangkat kacamata pintar Gear Blink direncanakan untuk meluncur bersama dengan smartphone Galaxy Gear S6 dan akan menjadi aksesoris premium untuk perangkat smartphone Samsung Galaxy S6. Walapun begitu perangkat kaca mata pintar Gear Blink kemungkinan akan bisa digunakan secara mandiri sama seperti jam tangan pintar Galaxy Gear S dimana pengguna tidak harus memasangkannya dengan perangkat smartphone atau tablet.

Selain Samsung, produsen lain seperti Lenovo dan Microsoft juga tengah mengembangkan perangkat kaca mata pintar serupa, dan sementara para produsen tersebut tengah berkutat dengan produk kaca mata pintarnya masing-masing.

Sedangkan Google, yang menjadi produsen pertama yang merilis kacama pintar Google Glass, dikabarkan bahwa kini telah merilis update firmware yang kini telah memasuki versi XE12, pembaharuan ini membawa fitur Lock Screen, kemampuan untuk mengunggah langsung video ke YouTube dan pengenalan gestur mengedipkan mata untuk mengambil foto.

Sementara kita menunggu rilis resmi peragkat Samsung Gear Blink tersebut, kami belum memiliki informasi mengenai berapa harga jual dari perangkat ini, namun kemungkinan harganya tidak akan melebihi harga Google Glass Explorer yang kini ditawarkan dengan harga $1.500 USD per unitnya.

samsung-gear-blink-2
Sumber artikel dan gambar: IntoMobileTizenExpert | Gambar header: Digital Trends.

2 Comments

  1. keren, semakin hari perkembangan teknologi semakin canggih. Itu kita bisa ngetik dengan sentuhan dijari kita sendiri apa gimana?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Game Android Pilihan 8 – 14 September 2014

Next Story

Lazada Akan Buka Pre-Order untuk Motorola Moto E

Latest from Blog

Don't Miss

Buat Avatar AI dalam sekejap dengan Samsung Galaxy AI

Avatar AI memang menjadi fenomena baru dalam bermedia sosial saat
Perbandingan-Spesifikasi-Samsung-Galaxy-Z-Fold6-dan-Galaxy-Z-Flip6

Hasil Survei Terbaru Tunjukkan Samsung Dominasi Pasar Smartphone Lipat

Smartphone lipat atau foldable memang menjadi sensasi baru di dunia