18 January 2024

by Lukman Azis

Samsung Galaxy S24 Series Resmi Diperkenalkan, Unggulkan Galaxy AI

Mencakup tiga model, termasuk Galaxy S24 Ultra, Galaxy S24+, dan Galaxy S24 yang menawarkan pengalaman mobile terbarukan dengan Galaxy AI

Samsung telah memperkenalkan smartphone flagship terbaru Galaxy S24 Series secara global dan di Indonesia. Mencakup tiga model, termasuk Galaxy S24 Ultra, Galaxy S24+, dan Galaxy S24. Mereka menawarkan pengalaman mobile terbarukan dengan Galaxy AI.

Ya, dari segi desain masih tidak banyak berubah dari Galaxy S23 Series. Namun Galaxy AI akan meningkatkan hampir seluruh aspek dari pengalaman penggunaan Galaxy S24 Series. Selain itu, hanya Galaxy S24 Ultra yang mendapatkan chipset Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy. Model Galaxy S24 dan versi Plus-nya ditenagai chipset flagship Exynos 2400 bikinan Samsung sendiri.

β€œGalaxy S24 Series mampu mengubah hubungan kita dengan dunia dan memulai era berikutnya dari inovasi perangkat mobile. Galaxy AI dirancang dengan berlandaskan pada inovasi kami dari tahun ke tahun serta pemahaman mendalam akan bagaimana seseorang menggunakan smartphone. Kami sangat menantikan bagaimana pengguna di seluruh dunia memberdayakan kehidupan sehari-harinya dengan Galaxy AI untuk membuka berbagai kemungkinan baru,” ujar TM Roh, President and Head of Mobile eXperience Business Samsung Electronics.

Fitur Galaxy AI di Samsung Galaxy S24 Series

Galaxy AI menghadirkan rangkaian fitur bertenaga AI. Mulai dari memungkinkan komunikasi tanpa hambatan hingga terjemahan pada teks dan panggilan yang cerdas, semua jadi mudah dengan Live Translate.

Fitur Live Translate memiliki fungsi penerjemah suara dan teks dua arah yang berfungsi secara real-time pada panggilan telepon konvensional. Pengguna tak perlu download aplikasi tambahan untuk bisa menggunakannya, ditambah lagi dengan on-device AI mampu menjaga percakapan tetap sepenuhnya aman.

Kemudian ada Chat Assist, Note Assist di Samsung Notes, Transcript Assist dengan teknologi AI dan fungsi Speech-to-Text yang mampu mengetikkan, merangkum, dan menerjemahkan rekaman suara. Ada Circle to Search with Google yang intuitif dan memahami gestur pengguna, dan banyak lagi.

Galaxy S24 Series juga hadir dengan ProVisual Engine berisikan tool berbasis AI yang komprehensif untuk mentransformasi kemampuan pengambilan gambar dan memaksimalkan kebebasan dalam menuangkan kreativitas. Mulai dari membidik objek hingga membagikannya di media sosial.

Fitur dan Spesifikasi Samsung Galaxy S24 Series

Samsung Galaxy S24 Ultra

Seperti yang disebutkan di atas, hanya Galaxy S24 Ultra yang mendapatkan Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy dan chipset Exynos 2400 untuk Galaxy S24 serta S24+. Chipset tersebut memberikan peningkatan NPU untuk pemrosesan AI yang efisien dan mendukung teknologi ray tracing. Khusus Galaxy S23 Ultra, mengusung sistem pengendalian suhu yang optimal dengan vapor chamber yang 1,9 kali lebih besar.

Dari segi layar, seluruh model Galaxy S24 Series memiliki bezel yang lebih ramping dan rata, Galaxy S24+ mengusung ukuran 6,7 inci dan Galaxy S24 menawarkan ukuran 6,2 inci dengan spesifikasi. Galaxy S24 Ultra memiliki layar yang lebih datar berukuran 6,8 inci. Sebagai tambahan, Galaxy S24+ kini mendukung tingkat QHD+ yang sama dengan Galaxy S24 Ultra.

Layar Galaxy S24 Series dilengkapi dengan adaptive refresh rate pada rentang 1-120 Hz dan memiliki tingkat kecerahan puncak mencapai 2.600 nit dengan visibilitas yang lebih baik di luar ruangan dengan Vision Booster. Corning Gorilla Armor di layar Galaxy S24 Ultra juga telah mengalami peningkatan.

Samsung Galaxy S24 dan S24 Plus

Meski desain tidak mengalami perubahan besar, Galaxy S24 Series dirancang dan dikemas agar dapat memaksimalkan sumber daya yang ada demi keberlanjutan bumi dan manusia di dalamnya. Galaxy S24 melanjutkan peningkatan pemanfaatan berbagai material daur ulang di perangkat Galaxy dengan memakai bahan plastik, kaca, dan aluminium daur ulang pada komponen internal maupun eksternal.

Untuk pertama kalinya, Galaxy S24 hadir dengan komponen yang terbuat dari kobalt dan elemen rare earth daur ulang. Khusus di Galaxy S24 Ultra, setidaknya 50% kobalt daur ulang digunakan pada baterai dan 100% unsur rare earth daur ulang dipakai untuk speaker.

Galaxy S24 juga menjadi Galaxy S Series pertama yang dirancang dengan Thermoplastic Polyurethane (TPU) dan baja daur ulang. Galaxy S24 Ultra mencakup setidaknya 40% baja daur ulang pada speaker dan paling tidak 10% TPU daur ulang hasil dari kegiatan manufaktur pada side key dan tombol volume. Lalu, setiap Galaxy S24 dikemas dalam kotak kemasan yang terbuat dari bahan kertas daur ulang 100%.

Galaxy S24 Ultra menjadi smartphone Galaxy pertama yang menggunakan rangka titanium yang mampu meningkatkan daya tahan dan masa pakai perangkat. Galaxy S24 Series hadir dalam balutan warna yang terinspirasi dari mineral bumi. Varian warna Galaxy S24 Ultra meliputi Titanium Gray, Titanium Black, Titanium Violet, dan Titanium Yellow.

Pilihan warna Galaxy S24+ dan Galaxy S24 mencakup Onyx Black, Marble Gray, Cobalt Violet, dan Amber Yellow. Ketiga model ini akan hadir dengan warna tambahan yang hanya tersedia secara online.