Samsung Galaxy S24 Series, Paling Depan Sambut Era Mobile AI Terkini

Fitur AI, dukungan spesifikasi kelas atas menajadikan perangkat ini adalah flagship sesungguhnya 

Samsung Galaxy S24 Series tidak hanya hadir sebagai sebuah smartphone tetapi juga menjadi sebuah perangkat yang mampu menghadirkan fitur AI handal untuk membantu aktivitas sehari-hari serta dukungan teknis kelas flagship. 

Dari sisi spesifikasi, kehadiran AI di perangkat mobile membutuhkan dukungan prosesor yang bisa secara handal menangani proses komputasi. Perangkat Galaxy S24 Series membawa prosesor palinh handal di kelas flagship, mulai dari  Galaxy S24 Ultra yang dibekali Snapdragon® 8 Gen 3 Mobile Platform for Galaxy. Peningkatan NPU yang luar biasa untuk pemrosesan AI yang begitu efisien hadir diperangkat ini. Sedangkan Galaxy S24+ dan Galaxy S24 biasa menghadirkan prosesor Exynos 2400 yang juga handal untuk kegiatan komputasi mobile. 

Kemampuan AI dalam perangkat dengan Galaxy AI

Ada beragam kegiatan AI yang bisa dilakukan di perangkat mobile Galaxy S24 Series. Mulail dari Live Translate yang merupakan penerjemah suara dan teks dua arah yang berfungsi secara real-time pada panggilan telepon konvensional. Jadi pengguna tak perlu download aplikasi tambahan untuk bisa menggunakannya, ditambah lagi dengan on-device AI mampu menjaga percakapan tetap sepenuhnya aman. 

Lalu ada pula Interpreter, percakapan langsung bisa diterjemahkan secara instan via tampilan split-screen pada perangkat. Jadi, saat saling berhadapan dengan lawan bicara, pengguna bisa seketika membaca hasil transkripsi dari apa yang mereka katakan. Fungsi ini juga bisa digunakan tanpa koneksi data seluler maupun Wi-Fi. 

Untuk yang berbasis teks, ada Chat Assist yang hadir membantu pengguna memperbaiki nada bicara di dalam teks untuk memastikan tiap pesan terdengar seuai maksud,. Pengguna juga bisa menerjemahkan pesan, email, dan teks lain secara real-time ke dalam 13 bahasaberkat AI yang terintegrasi di Samsung Keyboard. 

Kemudahan dalam berkirim pesan juga bisa dinikmati ketika berkendara dengan fitur Android Auto. Yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan rangkuman secara otomatis pesan-pesan yang masuk ke smartphone serta memberi saran balasan dan tindakan yang tepat.

Untuk mendukung kegiatan produktivitas ada fitur AI Note Assistdi Samsung Notes yang menawarkan AI untuk membuat ringkasan, template untuk menyederhanakan catatan, serta cover yang memberi preview singkat untuk tiap catatan agar lebih mudah dikenali. 

Kemudian ada Transcript Assist, teknologi AI dan fungsi Speech-to-Text yang mampu mengetikkan, merangkum, dan menerjemahkan rekaman suara, bahkan ketika ada banyak orang yang bicara sekalipun.

Selain itu, satu fitur AI lagi yang menarik karena terintegrasi dengan Google adalah Circle to Search with Google yang memungkinkan pengguna mencari beragam informasi hanya dengan melingkari gambar tertentu. 

Prosesnya juga sangat mudah, ketika tombol beranda ditekan lama, pengguna bisa melingkari, menggarisbawahi, menyorot, atau menekan apa pun yang ada di layar Galaxy S24 Series untuk melihat hasil pencarian yang relevan dan membantu. 

Dukungan terbaik untuk kegiatan fotografi 

Galaxy S24 Series juga menghadirkan dukungan spesifikasi dan fitur yang terbaik untuk kegiatan fotografi. Ketiga perangkat hadir dengan ProVisual Engine yang beriisikan tools berbasis AI yang komprehensif untuk mentransformasi kemampuan pengambilan gambar. 

Galaxy S24 Ultra menawarkan Quad Tele System dengan lensa 5x optical zoom terbaru yang disandingkan dengan sensor 50MP dan dilengkapi teknologi Adaptive Pixel Sensor untuk memungkinkan kualitas optical zoom di berbagai level zoom, dari 2x, 3x, 5x, hingga 10x. Foto pun tetap jernih di level pembesaran 100x berkat peningkatan digital zoom.

Fitur Nightography yang ditingkatkan akan membuat foto dan video yang diambil dengan Galaxy S24 Space Zoom tetap baik. 

Galaxy S24 Ultra juga punya kemampuan menangkap lebih banyak cahaya dalam kondisi redup berkat ukuran piksel yang lebih besar yakni 1,4 μm, 60% lebih besardibanding model sebelumnya. 

Galaxy S24 Ultra punya OIS dan mampu mengurangi noise dengan lebih efektif dan menghasilkan video yang lebih jelas dalam kondisi gelap, bahkan saat merekam dari jarak jauh.

Hasil gambar yang diambil juga bisa ditingkatkan kembali dengan Galaxy AI editing tools seperti menghapus objek, recompose, dan remaster. Ada pula Edit Suggestion dengan Galaxy AI untuk saran penyesuaian pada setiap foto. 

Fitur AI  Generative Edit bisa hadirkan kreativitas baru untuk hasil foto karena bisa mengisi tepi-tepi pada gambar yang miring. AI juga bisa menyesuaikan posisi objek di dalam foto sekaligus menghasilkan latar belakang yang menyatu sempurna di bagian yang kosong. Nantinya, ketika pengguna menggunakan AI generatif untuk menguatkan sebuah foto, watermark akan muncul pada gambar dan metadata

Satu fitur yang menarik untuk mereka yang gemar membuat konten video adalah fitur Instant Slow-mo yang mampu menghasilkan frame tambahan berdasarkan pergerakan pada video yang diedit, jadi pengguna bisa melihat video slow motion yang smooth dan detail dari berbagai footage, bahkan yang berisi gerakan-gerakan cepat.

Saat melakukan preview foto, Super HDR mampu menampilkan preview layaknya hasil foto asli sebelum shutter ditekan. 

Aplikasi media sosial pihak ketiga bisa mendapatkan keunggulan sistem kamera berbasis teknologi AI dari Samsung Galaxy, fitur kamera di lini smartphone premium Galaxy S Series kini telah terintegrasi secara langsung di berbagai aplikasi.

Spesifikasi lain yang hadirkan kenyamanan paling EPIC

Bagi yang gemar bermain game seluruh model Galaxy S24 pun dilengkapi dengan adaptive refresh rates pada rentang 1-120 Hz untuk kenyamanan paling EPIC. 

Selain itu Galaxy S24 menawarkan tingkat kecerahan puncak mencapai 2.600nit dengan visibilitas yang lebih baik di luar ruangan dengan Vision Booster.

Galaxy S24+ mengusung ukuran 6,7 inci dan Galaxy S24 menawarkan ukuran 6,2 inci dan Galaxy S24 Ultra memiliki layar 6,8 inci. Galaxy S24+ kini juga mendukung tingkat QHD+ yang sama dengan Galaxy S24 Ultra.

Semua fitur layar ini menjadikan pengalaman epic dalam menikmati konten termasuk juga dalam bermain game. 

Galaxy S24 Ultra juga mengusung sistem pengendalian suhu dengan vapor chamber yang 1,9 kali lebih besaruntuk menghadirkan perangkat yang tidak panas berlebih. Ada pula kemampuan ray tracing yang memungkinkan visual yang realistis dengan efek bayangan dan refleksi yang superior. 

Untuk perlindungan maksimal paling Epic

Corning® Gorilla® Armor menjadi pelindung paling depan di layar Galaxy S24 Ultra. Pelindung Gorilla Armor ini juga mengurangi refleksi hingga 75% dalam berbagai kondisi pencahayaan, memastikan pengalaman melihat yang halus dan nyaman.

Dari sisi desain, Galaxy S24 Series hadir dengan bezel yang lebih rampin serta tampilan depan rata memberi viewing experience yang immersive dan memungkinkan ukuran layar menjadi lebih besar.

Kemanan tetap terjaga di Galaxy S24 Series 

Galaxy S24 tak hadir dengan dukungan Samsung Knox sebagai platform keamanan tingkat tinggi untuk perangkat Galaxy. Pengamanan informasi kritis, pertahanan terhadap berbagai bentuk kerentanan, deteksi ancaman secara real-time, hingga perlindungan kolaboratif, semua dilakukan dengan proteksi hardware secara end-to-end. 

Untuk pengalaman AI pengguna Galaxy S24 memiliki kontrol penuh atas seberapa banyak data mereka yang diizinkan untuk digunakan dalam meningkatkan pengalaman AI melalui pengaturan Advanced Intelligence yang dapat menonaktifkan pemrosesan data online untuk fitur-fitur AI.[20] 

Passkey memungkinkan akses yang nyaman dan aman ke situs web dan aplikasi yang pengguna daftarkan di semua perangkat yang mereka percayakan lewat kredensial digital. 

Enhanced Data Protection menawarkan enkripsi yang end-to-end saat pengguna backup, sync, atau restore data menggunakan Samsung Cloud, jadi pengguna Galaxy S24 bisa terhubung ke perangkat lain sambil tetap melakukan sinkronisasi dengan aman. 

Dukungan ramah lingkungan 

Galaxy S24 hadir dengan komponen yang terbuat dari kobalt dan elemen rare earth daur ulang. Khusus di Galaxy S24 Ultra, setidaknya 50% kobalt daur ulang digunakan pada baterai dan 100% unsur rare earth daur ulang dipakai untuk speaker.

Galaxy S24 juga menjadi Galaxy S Series pertama yang dirancang dengan Thermoplastic Polyurethane (TPU) dan baja daur ulang. Galaxy S24 Ultra mencakup setidaknya 40% baja daur ulang pada speaker dan paling tidak 10% TPU daur ulang hasil dari kegiatan manufaktur pada side key dan tombol volume. Lalu, setiap Galaxy S24 dikemas dalam kotak kemasan yang terbuat dari bahan kertas daur ulang 100%. 

Pengguna yang ingin menggunakan dalam waktu lama tidak perlu khawatir, upgrade sistem operasi selama tujuh generasi dan update keamanan selama tujuh tahun hadir untuk membantu pengguna menikmati kinerja andal dan optimal pada perangkat Galaxy. Galaxy S24 juga memiliki sertifikasi UL ECOLOGO® dan jejak karbonnya telah diukur dan diverifikasi oleh The Carbon Trust.

Miliki semua fitur canggih di flagship Galaxy S24 Series 

Galaxy S24 Ultra sendiri merupakan smartphone Galaxy pertama yang menggunakan rangka titanium. Galaxy S24 Series hadir dalam balutan warna yang terinspirasi dari mineral bumi. Varian warna Galaxy S24 Ultra meliputi Titanium Gray, Titanium Black, Titanium Violet, dan Titanium Yellow. Pilihan warna Galaxy S24+ dan Galaxy S24 mencakup Onyx Black, Marble Gray, Cobalt Violet, dan Amber Yellow. Ketiga model ini akan hadir dengan warna tambahan yang hanya tersedia secara online.

Penasaran dan sudah tak sabar mau mencoba kehebatan fitur yang mengesankan ini? Samsung Electronics Indonesia mengundang masyarakat untuk bisa menjadi salah satu dari pembeli pertama Galaxy S24 Series melalui pre-order hingga 6 Februari 2024, dengan mengakseswww.samsung.com/id/unpacked

Dengan melakukan pre-order, konsumen bisa menikmati cicilan mulai dari Rp583,291 per bulan dan mendapatkan penawaran free double storage dengan nilai mencapai Rp4.000.000, gratis paket data XL 120 GB per tahun. Terdapat juga keuntungan cashback ketika kamu melakukan pembelian melalui mekanisme trade-in dari seri flagship sebelumnya dengan nilai mencapai Rp2.500.000, serta cashback lain senilai Rp1.500.000 melalui rekanan bank.  

Jika Anda melakukan pendaftaran Galaxy Unpacked sebelumnya, Samsung juga memberikan perlindungan 2 tahun melalui Samsung Care+ secara cuma-cuma. Namun, apabila Anda terlewat momentum tersebut, dengan mengikuti pre-order ini pengguna bisa mendapat discount 50 persen untuk perlindungan 2 tahun Samsung Care+. 

Galaxy S24 Ultra dibanderol dengan harga Rp21.999.000 (12/256GB), Rp23.999.000 (12/512GB), dan Rp27.999.000 (12/1TB). Kemudian untuk Galaxy S24+ hadir dengan harga Rp16.999.000 (12/256GB) dan Rp18.999.000 (12/512GB). Lalu, Galaxy S24 tersedia dengan harga Rp13.999.000 (8/256GB) dan Rp15.999.000 (8/512GB). 

Info lebih lanjut tentang Galaxy AI bisa dilihat di www.samsung.com/id.