15 March 2016

by Glenn Kaonang

Samsung Entrim 4D Janjikan Pengalaman Virtual Reality Empat Dimensi

Pengguna bisa merasa tubuhnya seolah-olah sedang melayang atau berputar

Samsung kian serius dalam mengembangkan teknologi virtual reality. Baru-baru ini, raksasa Korea Selatan tersebut mengumumkan inovasi terbarunya untuk menawarkan pengalaman VR empat dimensi. Ya benar, empat dimensi seperti yang selama ini bisa kita jumpai di teater-teater 4D di sejumlah taman hiburan.

Inovasi ini berasal dari divisi eksperimental Samsung C-Lab yang sudah beberapa kali memamerkan gadget unik macam sabuk pintar WELT dan controller VR rink. Bernama Entrim 4D, perangkat ini pada dasarnya merupakan sebuah headphone khusus yang dirancang untuk menemani headset Gear VR.

Entrim 4D memanfaatkan perpaduan algoritma khusus dan teknik Galvanic Vestibular Stimulation (GVS) untuk mengirimkan sinyal elektrik menuju ke syaraf di telinga. Sejumlah elektroda yang tersimpan dalam headphone akan menyimpan data pergerakan dari video, lalu meneruskannya lewat sinyal elektrik tersebut. Hasil akhirnya adalah, pengguna akan merasa tubuhnya seolah-olah sedang bergerak mengikuti pergerakan di video yang tengah ditampilkan.

Samsung bahkan menyebutkan bahwa Entrim 4D bisa disambungkan dengan sebuah drone dimana nantinya data pergerakan drone akan diteruskan menuju headphone, dan pengguna bakal merasa seakan-akan sedang terbang selagi mengamati pemandangan virtual di sekitarnya.

Menurut Samsung, paling tidak ada 30 jenis pergerakan yang berbeda yang bisa dirasakan pengguna. Mereka juga tengah menyiapkan prototipe lain dengan elektroda ekstra yang dapat memberikan kesan pergerakan rotasional.

Singkat cerita, perpaduan Entrim 4D dan Gear VR ini nantinya bakal memberikan pengalaman VR empat dimensi tanpa harus mengandalkan kursi khusus yang bisa bergerak-gerak seperti yang ada pada teater 4D. Inovasi ini nantinya juga diharapkan bisa menjadi solusi atas rasa mual yang biasa dirasakan pengguna saat memakai headset VR.

Belum ada rencana terkait perilisan Entrim 4D ke publik. Sejauh ini Samsung Entrim 4D masih dalam tahap pengembangan, namun paling tidak bisa membuka mata konsumen terhadap potensi perkembangan teknologi virtual reality ke depannya.

Sumber: Pocket-lint dan Samsung.