7 March 2016

by Oki Rosgani

Rumor Teranyar Ungkap Tanggal Rilis Smartphone Huawei P9

Empat varian smartphone Huawei P9 dikabarkan dirilis tanggal 6 April 2016 mendatang

Rumor Huawei tengah bersiap untuk merilis smartphone jagoan terbaru sudah beredar cukup santer. Penggemar gadget sudah tidak sabar smartphone Huawei P9 untuk hadir di pasar.

Rumor teranyar dicuitkan oleh Evan Blass, pemilik akun Twitter @Evleaks, kabar ini menyebutkan bahwa smartphone besutan produsen asal Tiongkok itu akan segera melenggang ke pasaran dalam waktu dekat.

Tidak hanya itu, informasi yang beredar menyebutkan bahwa Huawei tidak hanya akan merilis satu buah smartphone saja, namun sedikitnya ada empat varian dari smartphone Huawei P9 yang akan dirilis bulan depan nanti.

Seperti yang sebelumnya penah kami ulas, keempat varian dari smartphone tersebut adalah; Huawei P9 versi standar, P9 Max, P9 Lite dan varian P9 berspesifikasi gahar yang  akan menjadi varian tertinggi dari empat model yang ada. Jika kabar ini benar, maka keempat varian itu akan dirilis pada hari Rabu 6 April 2016 mendatang.

Situs Softpedia juga menyebutkan bahwa smartphone Huawei P9 versi standar akan hadir dengan prosesor Kirin 950, prosesor yang dibuat dan dikembangkan sendiri oleh Huawei. Sedangkan varian P9 Lite akan hadir dengan prosesor Snapdragon 650 besutan Qualcomm, masing-masing dari smartphone itu akan ditawarkan dengan harga $475 dan $290 untuk tiap unitnya.

Sedangkan dua varian lain dari smartphone P9, yakni P9 Max dan versi enhanced akan disematkan oleh prosesor yang lebih bertenaga yakni Huawei Kirin 955. Dengan spesifikasi ini, kemungkinan kedua model ini akan dibanderol dengan harga yang sedikit premium, informasinya bahwa masing-masing dari smartphone itu akan ditawarkan dengan harga $630 dan $565 per unitnya.

Berbicara tentag spesifikasi lebih lanjut, selain perbedaan penggunaan jenis prosesor, keempat model smartphone tersebut juga akan memiliki ukuran layar dan RAM yang berbeda-beda. Smartphone P9 versi standar akan hadir dengan bentang layar Full HD 5.2 inci yang mampu menampilkan resolusi hingga 1080 piksel dan didukung dengan RAM 3GB RAM serta kapasitas penyimpanan internal sebesar 32GB.

Sedangkan versi Lite dikabarkan mengusung layar berukuran 5 inci dengan kapasitas RAM 2GB serta media penyimpanan internal sebesar 16 GB. Sementara untuk Huawei P9 Max, ia akan hadir dengan layar berukuran jumbo dengan bentang layar 6.8 inci dan didukung dengan RAM 4GB serta media penyimpanan internal sebesar 64 GB atau mungkin 128 GB.

Sedangkan P9 versi enhanced akan hadir dengan bentang layar 6,2 inci dengan dukungan RAM 4 GB serta kapasitas penyimpana internal sebesar 64 GB.

Kendati belum ada informasi detail mengenai di pasar mana saja Huawei akan melepas smartphone baru keluarga P9 ini, namun beberapa varian terayar itu telah dikabarkan hanya akan menyambangi sejumlah pasar tertentu yang telah dipilih. Kira-kira Indonesia akan mendapatkan varian yang mana ya?

Sumber dan Gambar Header: Softpedia.  Gambar header: ilustrasi P8.