Sony Sedang Kembangkan Konsol Handheld Baru di Bawah Kode "Q Lite"

Rencananya, konsol tersebut akan memanfaatkan fitur PS Remote Play, yang bisa mengakses koleksi game PlayStation pengguna secara bebas

Sony merupakan salah satu produsen konsol terbaik dalam sejarah dunia gaming dengan PlayStation-nya. Mereka berkontribusi besar dalam memberikan berbagai inovasi di dalam perkembangan konsol, hingga industrinya menjadi seperti yang kita kenal saat ini.

Menurut sebuah laporan, Sony diketahui sedang mengembangkan sebuah konsol handheld baru, dengan kode "Q Lite". Konsol handheld sebenarnya bukanlah hal yang asing bagi Sony, mengingat mereka pernah meluncurkan PSP dan PS Vita, meski tidak semuanya memberikan hasil yang memuaskan.

Namun berbeda dengan PSP dan PS Vita yang memiliki penyimpanan sendiri, konsol Q Lite ini memerlukan sebuah PlayStation untuk bisa bermain game. Fitur ini masuk dalam lingkungan PS Remote Play, yang bisa menghubungkan berbagai perangkat ke dalam sistem PlayStation.

Fitur ini lebih mirip dengan Remote Play milik Steam, yang memerlukan perangkat yang aktif, ketimbang memanfaatkan teknologi cloud seperti milik Xbox.

Untuk bisa terhubung dengan konsol PlayStation, tentunya pengguna harus memiliki PlayStation, baik PS4 atau PS5 yang sedang aktif.

Berikut ini persyaratan lengkap yang diperlukan untuk bisa mengakses PS Remote Play:

  1. Memiliki PS5 atau PS5 Digital Edition, PS4 atau PS4 Pro yang terhubung ke jaringan broadband.
  2. Perangkat kompatibel yang terhubung dengan internet juga.
  3. Aplikasi PS Remote Play.
  4. DualShock 4 Wireless Controller atau DualSense Wireless Controller.
  5. Internet dengan kecepatan minimal 5 Mbps (rekomendasi 15 Mbps).
  6. Game PlayStation yang kompatibel.

Walau belum ada wujud konsol yang diumumkan secara resmi, namun penampakan prototipe dari Q Lite dilaporkan akan menyerupai controller PlayStation 5, namun dengan LCD touchscreen berukuran 8 inci di tengah-tengah konsol. Perangkat ini mendukung adaptive trigger untuk haptic feedback, serta fitur-fitur lain layaknya sebuah konsol handheld, seperti tombol volume, speaker, input audio, dan lain sebagainya.

Q Lite dirumorkan sudah memasuki tahap QA (Quality Assurance) dan perilisannya dijadwalkan akan masuk ke sela-sela antara perilisan PS5 dengan Detachable Disc Drive dan PS5 Pro.

Dengan kabar ini, Sony diketahui akan menjadwalkan peluncuran sejumlah proyek mereka dalam beberapa waktu ke depan, seperti Project Nomad untuk sebuah perangkat earphone nirkabel, Project Voyager untuk headset nirkabel, dan Q Lite.

Salah satu perangkat yang paling ditunggu-tunggu dari Sony adalah PlayStation 5 Pro yang dijanjikan memiliki performa GPU dua kali lipat lebih baik dari PlayStation 5 biasa. Perilisannya kemungkinan akan jatuh pada musim liburan di tahun 2024.