Dark
Light

Rumor: Produsen Komputer Personal Dell Akan Dijual?

1 min read
January 15, 2013

Sebelumnya kami sempat melaporkan mengenai menurunnya penjualan komputer personal pada tahun 2012. Dalam laporan dari lembaga riset pasar IDC tersebut, terungkap bahwa Dell sebagai salah satu produsen komputer personal mengalami penurunan angka penjualan yang cukup signifikan pada kuartal keempat 2012. Jika dibandingkan dengan kuartal yang sama pada tahun 2011, Dell mengalami penurunan angka penjualan sebesar 20.8%.

Menurut narasumber dari portal berita Bloomberg, Dell saat ini sedang dalam pembicaraan untuk dijual kepada perusahaan private equity bernama TPG Capital dan Silver Lake. Masih menurut narasumber Bloomberg yang tidak disebutkan namanya ini, beberapa bank juga telah memberikan penawaran untuk membeli Dell. Pada tanggal 11 Januari lalu, produsen komputer personal ini dikatakan memiliki nilai pasar sebesar 18,9 miliar dolar AS. Angka penilaian ini adalah sepertiga dari penilaian terhadap Dell pada tahun sebelumnya.

Dell sendiri, meskipun mengalami penurunan angka penjualan, sampai saat ini masih tercatat sebagai produsen komputer personal terbesar ketiga setelah HP dan Lenovo. Beredarnya spekulasi mengenai penjualan Dell ini telah meningkatkan harga stock Dell di bursa saham sebesar 13% ke angka 12,29 dolar setelah sebelumnya mencapai angka terendah dalam 19 bulan.

Menurut Bloomberg, jika penjualan Dell jadi terlaksana, berdasarkan nilai pasar Dell pada 11 Januari lalu maka bisa jadi penjualan ini menjadi penjualan perusahaan teknologi terbesar sejak 2007 ketika perusahaan bernama First Data Corp dibeli dengan harga lebih dari 25 miliar dolar. Di industri komputer sendiri, jika jadi terlaksana maka ini bisa melibihi angka pembelian Compaq oleh Hewlett-Packard sebesar sekitar 19 miliar dolar AS pada tahun 2002 silam.

 

Sumber: Bloomberg.

 

Previous Story

Telkomsel Sediakan Fasilitas Billing Operator untuk BlackBerry App World

Next Story

Tips: Mengisi Ulang Batere Lumia yang Sempat Lama Mati

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Dell-PC-Komersial-terbaru

Dell Membarui Portofolio PC Komersial dan Menyederhanakan Portofolio Desktop dengan Fitur Cerdas

Dell telah memperbarui portofolio PC komersialnya, baik itu laptop dan
Concept Luna and microfactory

Desain Laptop Berkelanjutan Dell, Concept Luna Mendapat Beberapa Kemajuan

Masih ingat dengan Concept Luna yang dikembangkan oleh Dell Technologies?