Mobile
for SEO
Mobile

[Rumor] iOS 9 Akan Hadirkan Peningkatan Performa dan Stabilitas

12 February 2015Aditya Daniel

Dalam 2 tahun terakhir, Apple menghadirkan perubahan besar dalam sistem operasi mobile mereka. iOS yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2007 silam mendapat perombakan antar muka besar-besaran menjadi lebih datar ketika memasuki versi iOS 7.

Pada iOS 8, Apple mulai menambahkan banyak fitur untuk menambah pengalaman pengguna, sebut saja Extensions, dukungan aplikasi keyboard pihak ketiga milik pengembang, widget pada Notification Center dan masih banyak lagi.

Tahun ini, kita seharusnya akan menerima iOS 9 sebagai sistem operasi penerus iOS 8. Dan seperti tradisi tahun-tahun sebelumnya, iOS 9 akan dirilis bersamaan dengan iPhone seri terbaru. Meski masih jauh dari jadwal perilisannya namun rumor mengenai iOS 9 sudah mulai muncul ke internet.

iOS 9 dengan codename Monarch dikabarkan akan hadir dengan sejumlah perbaikan serta improvement pada sistem operasi iOS. Perombakan antar muka iOS pada iOS 7, hingga penambahan fitur pada versi iOS 8 tentu tak lepas dari munculnya bugs yang menyebabkan ketidaknyamanan. Lebih lagi, beberapa pengguna merasa kesulitan untuk memperbaharui perangkat iOS-nya ke iOS 8 karena besarnya ruang penyimpanan yang diperlukan.

 

Info Menarik:Bersihkan “Other” di Perangkat iOS Dengan PhoneExpander

 

Untuk itulah nampaknya Apple akan berfokus pada perbaikan sistem operasi mobile mereka ini pada iOS 9. Tak hanya itu, Apple juga sedang berusaha agar pengguna tak perlu lagi kerepotan ketika melakukan update dengan sistem over the air dengan mengecilkan ukuran ruang penyimpanan yang diperlukan, terutama bagi mereka yang memiliki perangkat iOS dengan kapasitas 16 GB.

Hal yang masih menjadi pertanyaan adalah, apakah Apple akan menghentikan dukungan terhadap perangkat iOS yang tak memiliki prosesor 64 bit di versi iOS selanjutnya? Jika hal ini benar, maka iPhone 5c, iPad mini pertama dan iPod touch generasi ke lima sudah pasti akan dihentikan dari peredaran alias discontinue.

Selain itu, hal ini juga akan menyederhanakan pengembangan yang dilakukan baik itu oleh Apple ataupun oleh pengembang aplikasi pihak ketiga karena mereka cukup menyediakan dukungan aplikasi berarsitektur 64-bit.

 

Info Menarik: Membuat Jurnal Harian Dengan Aplikasi Day One di iOS

 

Meski menyediakan update secara berkala, tingkat adopsi iOS terbilang masih cukup baik. Di laman App Store Distribution milik Apple, tingkat adopsi iOS 8 kini mencapai 72 % per 2 Februari yang lalu. Bandingkan dengan sistem operasi teranyar dari Google, Android Lollipop yang hanya menyumbang 1.6% dari total sistem operasi Android yang ada.

Jika iOS 9 memang benar menawarkan stabilitas dan peningkatan performa bagi perangkat iOS, maka saya yakin tingkat adopsinya akan semakin lebih cepat lagi. Bagaimana menurut Anda?

Sumber artikel: 9to5mac dan TheVerge. Gambar header: Twin Design/Shutterstock.com.

Play video

24 May 2022

[Review] Samsung Kelas Menengah Galaxy A23 Vs Galaxy A13, Pilih Mana?

Buat kalian yang lagi mencari smartphone Samsung dengan fitur komplet, tetapi punya budget terbatas. Maka jawabannya ...

Others from #HybridTV