Dark
Light

Rubbee X, Perangkat yang Mampu Mengubah Sepeda Biasa Jadi Sepeda Listrik

1 min read
January 3, 2018

Banyak orang masih menganggap sepeda sebagai alat transportasi yang kuno, melelahkan dan tidak efektif. Hingga akhirnya sejumlah pabrikan perangkat berinisiatif meracik sepeda dengan motor listrik sehingga perlahan menepis anggapan itu, karena ia mampu melaju lebih cepat, lebih efisien dan tidak membutuhkan banyak tenaga. Salah satu contohnya adalah sepeda listrik QiCycle keluaran Xiaomi. Dan kini sebuah perusahaan bernama Rubbee menginisasi perangkat yang memungkinkan Anda mempunyai sepeda listrik tanpa harus membuang sepeda lama Anda.

Bernama Rubbee X, perangkat tambahan untuk sepeda ini bekerja dengan cara memberikan daya dorong secara elektrik langsung ke roda belakang. Untuk berfungsi sepenuhnya, Rubbee X membutuhkan pasokan daya lewat beberapa keping baterai yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Selain untuk memberikan daya dorong, daya ini juga dipakai untuk kebutuhan rem tanpa menggunakan kabel satu helai pun.

Rubbee X_2

Kesinambungan kerja antara roda dan daya dorong dipicu oleh sebuah sensor nirkabel yang disematkan di pedal. Dengan sensor ini, Rubbee X mendapatkan informasi tambahan daya yang dibutuhkan oleh pengguna secara real-time tanpa menekan tombol.

Dalam hal desain, Rubbee X mempunyai ukuran yang hampir seukuran penyedot debu portable untuk kendaraan roda empat. Dengan engsel khusus, Rubbee X disematkan di bawah jok yang terhubung langsung ke rangka sepeda di mana sisi lainnya diposisikan melekat dengan ban belakang. Di bagian belakang perangkat terdapat sebuah lampu LED yang akan berkedip ketika pengguna menggerem atau berbelok.

Rubbee X_1

Rubbee X bisa menggunakan modul baterai yang berbeda, mulai satu sampai dengan tiga modul. Satu modul baterai dapat menempuh sampai dengan 16km dan maksimum mencapai 46km jika menggunakan tiga modul baterai.

Rubbee selaku perusahaan pengembang menawarkan perangkat inovatif ini melalui KickStarter dengan paket harga yang berbeda mulai £269 sampai dengan £1079.

Sumber berita KickStarter dan Rubbee.

Previous Story

Rencana Freeware Spaces Tambah Dua Cabang “Co-Living” Baru di Jakarta

Next Story

Dalam Developer Update Terbaru, Blizzard Singgung Hero Overwatch ke-27

Latest from Blog

Don't Miss

AI banyak dipakai dalam pembuatan game Firmament

AI Banyak Dipakai dalam Pembuatan Game Ini, Sejumlah Pemainnya Kecewa

Penggunaan generative AI di industri video game terus menuai kontroversi.

Amazon Dapatkan Kontrak dengan Studio Pembuat Film Sonic the Hedgehog, Kickstarter Buat Dewan Penasehat untuk Jajaki Blockchain

Amazon Studios mengungkap bahwa mereka telah mendapatkan kontrak dengan dj2