Esports Ecosystem

RRQ TCN dan EVOS Galaxy Sades Raih Prestasi di Point Blank World Challenge 2019

28 May 2019 | Ayyub Mustofa
PBWC dan PBIWC 2019 jadi ajang pembuktian bahwa Indonesia adalah negara yang kuat di bidang esports.

Indopride! Kira-kira seperti itulah ekspresi kegembiraan kita para penggemar esports Indonesia melihat kabar dari kompetisi Point Blank World Challenge (PBWC) 2019 di Moskow, Rusia, 25 – 26 Mei kemarin. Diikuti oleh 8 tim perwakilan juara dari 5 negara, yaitu Rusia, Turki, Indonesia, Thailand, dan Brasil, ajang PBWC 2019 merupakan kompetisi tertinggi Point Blank untuk menentukan siapa jagoan terkuat di dunia. Dan kali ini Indonesia boleh berbangga hati karena perwakilan kita keluar sebagai juara!

Indonesia mengirimkan dua wakil untuk terbang bertanding ke Rusia. Pertama yaitu RRQ TCN, sang juara kompetisi Point Blank National Championship (PBNC) 2019 bulan April lalu. Mereka adalah tim yang beranggotakan 5 orang yaitu Pradipta, Seno Muhamad, Muhamad Hilal, Iqbal, dan Yusuf.

RRQ TCN x EVOS Galaxy Sades
Kebersamaan para wakil Indonesia | Sumber: Point Blank Indonesia

Satu perwakilan lagi datang dari tim ladies juara Point Blank Ladies Championship (PBLC) 2019, yaitu EVOS Galaxy Sades. Mereka adalah Pricilia Angelica, Maria Rasandy, Indri Sherlyana, Nur Indah, dan Devi Anggita. EVOS Galaxy Sades bertanding dalam turnamen yang disebut Point Blank International Women’s Championship (PBIWC) 2019.

Pertarungan di PBWC dan PBIWC 2019 sudah terasa sengit sejak hari pertama. Tim EVOS Galaxy Sades harus berhadapan dengan TokioStriker Lady (Thailand) dan 3A.Power (Rusia) di satu-satunya grup PBIWC. Sementara RRQ TCN yang masuk ke Group A PBWC bertemu dengan tim Vaevictis eSports (Rusia) dan Besiktas Espor (Turki). Dua tim teratas di PBIWC akan langsung maju ke babak final, sementara dua tim teratas grup PBWC maju ke babak semifinal knockout.

EVOS Galaxy Sades - PBIWC 2019
EVOS Galaxy Sades di PBIWC 2019 | Sumber: Point Blank Indonesia

Hebatnya, kedua wakil Indonesia ini sama-sama berhasil lolos hingga ke babak Grand Final! EVOS Galaxy Sades kembali bertemu dengan TokioStriker Lady di babak ini. Sementara RRQ TCN harus terlebih dahulu mengalahkan tim Black Dragons (Brasil), sebelum akhirnya berhadapan dengan Attack All Around alias AAA (Thailand). Artinya di babak Grand Final dua turnamen ini sama-sama terjadi pertarungan Indonesia versus Thailand.

RRQ TCN - PBWC 2019 Winner
Juara dunia! | Sumber: Point Blank Indonesia

RRQ TCN menunjukkan permainan yang gemilang di babak Grand Final ini. Mereka berhasil menumbangkan AAA, bahkan salah satu pemain RRQ TCN yaitu Seno Muhamad Gudiarto juga mendapatkan predikat MVP di PBWC. Sementara itu EVOS Galaxy Sades tidak memperoleh peruntungan yang sama. Mereka dikalahkan oleh TokioStriker Lady dan harus puas dengan juara dua. Meski tidak meraih gelar juara PBIWC, prestasi ini pun sudah membanggakan bagi kita.

EVOS Galaxy Sades - PBIWC 2019 Winner
Para Srikandi berprestasi | Sumber: Point Blank Indonesia

Sebagai juara PBWC, RRQ TCN berhak atas piala serta uang hadiah senilai US$30.000 (sekitar Rp431,4 juta). EVOS Galaxy Sades selaku runner-up juga mendapat hadiah senilai US$2.500 (sekitar Rp35,9 juta). Pihak PT Zepetto Interactive Indonesia selaku penerbit Point Blank di Indonesia pun membagi-bagikan in-game item berupa Kriss S.V RRQ dan Kriss S.V Evos 3D secara cuma-cuma kepada Troopers (para pemain Point Blank) sebagai kenang-kenangan dan wujud apresiasi.

Selamat kepada RRQ TCN dan EVOS Galaxy Sades! Semoga saja di masa depan kedua tim ini bisa lebih berprestasi lagi, mengharumkan nama bangsa, serta menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia adalah negara kuat di bidang esports. Maju terus esports Indonesia!