Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Inilah Role Pemain PUBG Mobile dalam Sebuah Tim Esports

11 July 2021Roni Istianto

Setiap role di PUBGM mempunyai tugas utama masing-masing yang membawa tim menuju kemenangan dan meraih WWCD.

PlayerUnknown’s Battlegrounds Mobile (PUBG Mobile) adalah salah satu game paling populer di Indonesia. Game bergenre battle royale tersebut dapat dimainkan sendirian alias solo ataupun squad bersama 1 anggota tim.

Sebagai game yang dimainkan secara tim, tentu saja kerjasama dan kekompakan antar anggota sangat berpengaruh. Setiap pemain juga mempunyai role atau peran tersendiri dalam setiap permainan. Untuk mendapatkan kemenangan “Winner Winner Chicken Dinner” tentunya setiap pemain harus memerankan perannya tersebut dengan baik.

Namun tahukah Anda apa saja role atau peran para pemain dalam 1 tim PUBG Mobile? Berikut ini role para pemain PUBG Mobile (PUBGM) dalam 1 tim esports:

In-Game Leader / Shoutcaller

In-Game Leader merupakan pemimpin atau ketua dalam setiap tim PUBG Mobile. Tugas utama mereka adalah memberikan komando dan pengambil keputusan terakhir setiap tim. Seorang In-Game Leader harus mempunyai kemampuan mengambil keputusan yang baik dan tepat. Karena hal tersebut yang dapat membuat tim memenangkan permainan atau malah berakhir dengan kekalahan.

Selain itu seorang In-Game Leader juga harus mempunyai kepemimpinan yang tinggi dan dipatuhi oleh anggota tim lainnya. Biasanya In-Game Leader dalam tim esports profesional juga mempunyai peran ganda sebagai role lainnya di dalam permainan. Pemain profesional PUBG Mobile yang mempunyai role sebagai In-Game Leader adalah Luxxy di Bigetron Red Aliens dan Microboy untuk tim EVOS Reborn.

Rusher

Rusher adalah salah satu role pemain PUBGM dalam tim esports yang sangat penting. Tugas utama mereka adalah berdiri di depan dan menerobos pertahanan lawan. Seorang Rusher harus mempunyai kemampuan menembak dan bertarung melawan tim musuh dari jarak dengan baik. Selain itu seorang Rusher juga harus mempunyai kecepatan yang tinggi dan mampu membidik musuhnya sambil bergerak.

1 tim esports biasanya mempunyai 1 atau 2 pemain Rusher. Salah satu pemain Rusher berperan ganda sebagai Scout atau Support. Potensi seorang Rusher akan sangat terlihat pada pertengahan hingga akhir permainan. Di saat safe zone sudah semakin mengecil maka tim harus mendobrak maju. Di sinilah seorang Rusher harus berusaha melangkah maju dan mengambil alih tempat yang aman.

Seorang Rusher biasanya mempunyai kill yang paling banyak di dalam tim. Namun pemain dengan role Rusher juga biasanya mati terlebih dahulu di dalama permainan. Pemain esports profesional yang mempunyai role sebagai Rusher adalah Ryzen di tim Bigetron Red Aliens serta NiKK dan Cleon di tim ONIC Esports.

Scout

Pemain scout mempunyai peran besar bagi tim. Tugas utama dari Scout adalah mencari tempat aman dan memberikan segala jenis informasi kepada anggota tim lainnya. Mulai dari tempat item yang bagus hingga posisi tim lawan berada.

Seorang Scout juga bisa berperan ganda dalam permainan. Mereka biasanya juga bermain sebagai Rusher kedua tim maupun Flanker. Perbedaan dengan Rusher utama adalah Scout berusaha mendobrak pertahanan tim lawan dari arah yang berbeda. Pemain profesional yang biasanya mempunyai posisi sebagai Scout adalah Zuxxy dalam tim Bigetron Red Aliens, Hzlnuts di tim Alter Ego LIMAX, dan RedFace di tim EVOS Reborn.

Sniper

Sniper adalah role di PUBGM yang jarang diperhatikan oleh para pemain PUBG Mobile. Hal ini karena perannya tidak begitu terlihat saat permainan. Namun jangan salah, seorang Sniper dapat menjadi sosok penentu dalam kemenangan sebuah tim esports.

Tugas utama dari seorang Sniper adalah membunuh pemain lawan dari jarak jauh. Oleh karena itu dia harus mempunyai kemampuan membidik dengan baik dan mencari lokasi strategis. Di saat tim mengalami jalan buntu dan tidak bisa menerobos pertahanan tim lawan, seorang Sniper dapat menjadi MVP tim. Dengan kemampuan membunuh dari jarak jauh, mereka bisa mengeliminasi pemain musuh satu per satu.

Pemain dengan role sebagai Sniper biasanya mendapatkan kill yang sedikit dan cenderung berdiam diri ditempat yang aman dan mengamati sekitar. Pemain yang mempunyai role sebagai Sniper di tim esports profesional adalah Luxxy di tim Bigetron Red Aliens dan NoMrcy pada tim Aura Esports.

Support

Support adalah role pemain PUBG Mobile yang tidak kalah pentingnya. Seorang Support mempunyai tugas yang berat bagi sebuah tim esports. Seorang Support harus mempunyai kemampuan ganda mulai dari menembak musuh dari jarak dekat hingga jarak jauh, bergerak dengan cepat dan tidak terlihat, hingga membaca jalannya permainan.

Seorang Support juga harus menyesuaikan komposisi timnya. Mereka dapat menjadi Rusher kedua tim. Pemain Support punya banyak tugas utam. Ia harus memberikan perlengkapan mulai dari medic kit hingga ammo kepada para pemain yang membutuhkan. Ia juga harus mendatangi anggota tim yang tengah terdesak serangan tim lawan. Ataupun Support juga bisa mengambil alih peran pemain lain apabila anggota tim tersebut ada yang terbunuh.

Pemain profesional yang mempunyai role sebagai Support di dalam tim profesional adalah LiQuiD di tim Bigetron Red Aliens, WarunK di tim RRQ RYU, serta IkyAr di tim BOOM Esports.


Itulah tadi beberapa role pemain PUBG Mobile atau PUBGM dalam sebuah tim. Meskipun begitu, peran pemain tersebut bukanlah sesuatu yang tetap atau baku. Setiap tim esports biasanya menyesuaikan role para pemainnya dengan gaya bermain masing-masing anggota dan keadaan saat permainan berlangsung.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV