Dark
Light

Rockstar: Jangan Instal Disc Play Grand Theft Auto V Xbox 360!

1 min read
September 17, 2013

Grand Theft Auto V baru saja dirilis beberapa jam lalu, puluhan reviewer memberikan skor hampir sempurna, tetapi seperti karya digital lain ia tidak bebas sepenuhnya dari masalah. Jika Anda kebetulan membeli game ini versi Microsoft Xbox 360, Rockstar menegaskan sebaiknya Anda tidak menginstal DVD ‘Play’.

Pada versi Xbox 360, Grand Theft Auto V disajikan dengan dua keping DVD, Install dan Play. Secara logika, menginstal isi DVD ke harddisk akan mempercepat proses streaming data ketimbang menjalankannnya langsung dari optical drive. Sang Chief Digital Foundry, Richard Leadbetter menjelaskan, “Proses instalasi pertama disc pertama merupakan keharusan, game akan menginstal konten sebesar 7,7GB ke harddisk Anda. Kemudian seperti biasa, Anda dapat menginstal disc ‘play’ via dashboard Xbox 360. Disc kedua ini membutuhkan tambahan 7,8GB lagi. Namun begitu, dengan melakukannya akan mempengaruhi kemampuan game men-streaming data, menyebabkan objek-objek di dalam game yang muncul tiba-tiba dan tekstur yang terlambat loading”.

Leadbetter berpendapat bahwa proses streaming yang optimal dapat dilakukan dengan menggunakan seluruh kemampuan bandwidth sistem tersebut. Mengapa streaming dari harddisk saja jika data bisa diakses dari HDD dan disc secara bersama-sama? Sayangnya, menjalankan kedua bagian inilah yang menjadi peyebab utama masalah texture-popping, karena ia memperlambat waktu akses, mempengaruhi performa streaming.

Hal ini juga ditegaskan oleh Rockstar sendiri, mereka mengeluarkan sebuah tweet resmi yang menyarankan agar para pemilik versi Xbox 360 tidak menginstal DVD Play ke platform mereka.

Setelah diselidiki lebih lanjut oleh Digital Foundry, mereka akhirnya mendapatkan sebuah cara alternatif untuk memperbaiki masalah ini: Anda bisa menyambungkan flash drive 8GB atau lebih ke Xbox 360, kemudian menginstal seluruh konten DVD Play ke sana.

Anda bisa menyaksikan video perbandingan dari Digital Foundy untuk mereka yang menginstal DVD Play ke HDD dan mereka yang tidak melakukannya di bawah ini.

Perbandingannya dengan mengakses langsung via DVD dan menginstal DVD Play menggunakan flash disk bisa Anda lihat di video embedded ini.

Tentu saja masalah ini bukanlah masalah yang merusak pengalaman bermain Grand Theft Auto V karena dalam hitungan jam kita bisa menemukan solusi alternatif untuk menyingkirkannya. Tetapi dari sini kita bisa melihat bahwa console last-gen ini sudah mulai kehilangan sentuhannya dalam menangani game. Rockstar sebaiknya cepat-cepat mengumumkan Grand Theft Auto V versi PC, Xbox One dan PlayStation 4.

Terimakasih kepada Eurogamer.com. Sumber gambar: Edge-Online.

Previous Story

Google Akuisisi Aplikasi Startup Berbagi Data, Bump

Next Story

Coba Imbangi Galaxy Note 3, LG Optimus Vu 3 Siap Rilis Oktober?

Latest from Blog

Don't Miss

PUBG: Battlegrounds Bakal Jadi Gratis di 2022, GTA V Jadi Game Terpopuler di Twitch

Sepanjang minggu lalu, ada beberapa berita menarik terkait dunia game.

Apresiasi Komunitas GTA V Roleplay, Nimo TV Adakan Event Kompetisi Server

Grand Theft Auto (GTA) adalah game yang identik dengan kekacauan.