Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Kalahkan DWG KIA, RNG Juara MSI 2021

24 May 2021Yabes Elia

Dengan kemenangan RNG, Tiongkok kembali menjadi negara paling kuat di LoL.

Meski tidak mulus mengawali musim 2021, Royal Never Give Up (RNG) berhasil meraih kembali titel juara MSI (Mid-Season Invitational) untuk yang kedua kalinya.

Kemenangan tipis 3-2 atas DWG (DAMWON Gaming) KIA pada partai terakhir MSI 2021 membuat RNG jadi salah satu di antara dua tim yang berhasil meraih gelar juara MSI lebih dari satu kali. Tim asal Tiongkok tersebut berhasil membawa pulang piala MSI pada tahun 2018. Satu tim lainnya yang berhasil menjadi juara MSI lebih dari satu kali adalah SK Telecom T1 yang jadi juara MSI di 2016 dan 2017.

Kemenangan RNG atas DWG terbilang mengejutkan karena DWG KIA digadang-gadang sebagai tim terkuat di 2021 ini. Buat yang tidak terlalu mengikuti skena LoL, DWG KIA adalah sang juara dunia tahun lalu berkat kemenangan dominan mereka di LoL World Championship 2020 yang digelar di Shanghai, Tiongkok.

Berkat performa gemilangnya, Chen “GALA” Wei dinobatkan menjadi MVP 2021. Satu hal yang tak kalah menarik adalah fakta bahwa Yuan Hao “xiaohu” Li menjadi satu-satunya pemain yang pernah menjuarai MSI di dua Role yang berbeda. Selain itu, meski di 2019 (karena MSI 2020 dibatalkan karena pandemi) tim Eropa (G2) yang berhasil jadi juara MSI, tahun ini tim Eropa hanya bisa finis di peringkat 3-4. MAD Lions dari LEC (liga Eropa bahkan harus bersanding dengan PSG Talon dari PCS (liga Taiwan, Hong Kong, dan Asia Tenggara).

Sebagai sang juara, Royal Never Give Up pun berhak mendapatkan hadiah sebesar US$75k atau 30% dari total hadiah sebesar US$250k. Sedangkan sang runner-up, DWG KIA berhasil mengantongi hadiah sebesar US$50k. Di peringkat 3 dan 4, MAD Lions dan PSG Talon berhak membawa pulang hadiah sebesar US$25k.

Meski terhitung masih kalah kasta dibanding World Championship, MSI kali ini tetap berhasil mendulang banyak sekali penonton. Menurut data dari Esports Charts, Peak Viewers MSI 2021 mencapai angka 1,8 juta orang saat pertandingan antara DWG KIA vs. RNG.

Jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, jumlah penonton MSI menunjukkan tren yang positif karena mengalami kenaikan setiap tahunnya (kecuali 2020 karena absen) — masih menurut data dari Esports Charts.

Featured Image credit: Riot Games

Play video

16 June 2021

HY ESPORTS - ESPORT TIDAK MENGENAL DAERAH

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV