Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Riot Games Luncurkan Liga Nasional League of Legends di Belanda dan Belgia

20 November 2019Ayyub Mustofa

LoL Belgian League dan LoL Dutch League menjadi pengganti dari Benelux Premier League.

Riot Games baru-baru ini dikabarkan akan meluncurkan liga nasional League of Legends untuk dua negara berbeda, yaitu Belanda dan Belgia. Untuk penyelenggaraannya, Riot menggandeng perusahaan siaran asal Belgia yaitu 4Entertainment, dan menyediakan hadiah sebesar total 25.000 Euro (sekitar Rp390.000.000) untuk masing-masing liga.

League of Legends Belgian League dan League of Legends Dutch League musim pertama akan diikuti oleh enam tim, dan direncanakan untuk berkembang menjadi delapan tim di musim-musim berikutnya. Seperti halnya liga-liga yang sudah ada, liga Belgia dan Belanda ini juga akan dibagi menjadi dua musim dalam setahun, yaitu Spring Split dan Summer Split.

Pertandingan perdana kedua liga akan digelar pada tanggal 20 Januari 2020, kemudian tim-tim peserta akan menjalani musim selama delapan minggu. Empat tim teratas berhak maju ke babak playoffs, kemudian juara liga akan maju ke turnamen European Masters serta membawa pulang hadiah senilai 7.500 Euro (sekitar Rp116,9 juta).

Di samping liga reguler ini, Riot juga berencana menggelar turnamen National Finals dengan hadiah 10.000 Euro (sekitar Rp155,9 juta) setelah masing-masing Split berakhir. Ini masih ditambah dengan program Open Tour, yaitu wadah kompetisi untuk para pemain dan tim League of Legends amatir atau semiprofesional. Informasi lebih lanjut tentang Open Tour akan diumumkan di tahun 2020.

Sebelum adanya LoL Belgian League dan LoL Dutch League, Riot Games menggabungkan negara Belanda dan Belgia sebagai satu wilayah kompetisi yaitu Benelux (Belgium, Netherlands and Luxembourg), dengan liga yang bernama Benelux Premier League (BPL). Kini BPL ditiadakan, dan dengan dua liga baru tersebut akan menjadi jalur kualifikasi pengganti untuk European Masters. Laga European Masters selama ini dikenal sebagai “batu loncatan” bagi tim atau pemain yang ingin naik kelas ke League of Legends European Championship (LEC).

Menariknya, pemain-pemain dari wilayah Benelux dibebaskan untuk memilih liga mana yang mereka ikuti. Jadi jangan kaget bila ada pemain Luksemburg di liga Belgia, atau ada pemain Belgia di liga Belanda. Riot Games juga akan menghadirkan konten-konten bernuansa lokal, termasuk menyiarkan liga dalam bahasa Belanda, bahasa Flandria/Flemish (bahasa resmi Belgia), dan bahasa Perancis.

“Kami berharap dapat menghadirkan pengalaman esports yang mendebarkan lewat ekosistem yang sustainable kepada para tim dan fans. Dua liga bari ini akan mewakili level kompetisi tertinggi dari masing-masing negara dan akan membantu memperkokoh ekosistem esports Benelux dengan cara memberikan lebih banyak keteraturan dan framework bagi tim-tim untuk meningkatkan level,” ujar Damien Ricci, Head of Esports France & Benelux di Riot Games, dilansir dari Esports Insider.

Ia menambahkan, “Liga-liga ini akan mengikuti kalendar kompetisi internasional kami dan akan memberikan para penggemar kesempatan mengonsumsi konten reguler tentang tim-tim lokal dan talenta-talenta lokal baru. Pengalaman serta keahlian 4Entertainment akan membantu kami memastikan kesuksesan liga-liga ini dalam hal image serta kualitas konten yang diberikan pada komunitas.”

Sumber: Dot Esports, Esports Insider, LoL Esports

Play video

19 May 2022

Dampak Penggunaan NFT Dalam Game #hybridhighlight

Episode pertama dari #hybridhighlight. Kali ini akan membahas tentang maraknya blockchain game dan dampak buruk dari ...

Others from #HybridTV