Dark
Light

RIM Perkenalkan Program Baru Untuk Developer Serta ‘Hadiah’ $10K

by
1 min read
September 5, 2012

Menjelang kehadiran BlackBerry 10, RIM baru saja mengumumkan dua program baru yang berpusat bagi pengembangan aplikasi dan fasilitas untuk para pengembang aplikasi. Built for BlackBerry dan $10K Developer Commitment adalah dua program terbaru mereka yang berfokus pada pengembang aplikasi.

Dua program ini merupakan komitment RIM atas kualitas yang ada di komunitas pengembang dan ekosistem aplikasi mereka, seperti yang telah diungkapkan oleh Alec Sounders, Vice President Developer Relations and Ecosystem Development RIM pada acara BlackBerry 10 Jam di Orlando bulan Mei kemarin.

Built for BlackBerry adalah program yang akan hadir musim panas ini yang memungkinkan pengembang mengirimkan aplikasi untuk BB 10 (BlackBerry 10 WebWorks atau BlackBerry 10 Native Apps) untuk di review oleh pihak RIM. Aplikasi yang lolos seleksi akan mendapatkan status ‘Built for BlackBerry’. Pengembang bisa mencantumkan ‘status’ ni di situs mereka, di toko aplikasi BB (BlackBerry App World) atau ditempat lain dimana pengembang memasarkan aplikasi mereka. Fasilitas ini tersedia gratis, untuk sekarang, tetapi ada kemungkinan akan berbayar di waktu mendatang. RIM menjelaskan bahwa program ini akan memberikan peluang bagi pengembang untuk mempromosikan aplikasi mereka yang diperuntukkan bagi BB 10, yang menurut rencana akan hadir awal tahun depan.

Satu program lagi, $10K Developer Commitment adalah program RIM yang berhubungan dengan penjualan aplikasi. Pengembang harus mengirimkan aplikasi BB 10 ke App World menjelang peluncuran BB 10. Jika aplikasi pengembang mendapatkan penjualan minimal US$1000 tapi di bawah US$10.000 maka RIM akan membayar perbedaaan dari pendapatan yang diterima pengembang serta uang sebanyak US$10.000. Pendapatan mandiri dari aplikasi ini bisa didapatkan dari item digital dari proses pembelian dalam aplikasi atau penjualan dari aplikasi tersebut. Jika pendapatan dari aplikasi di bawah US$1000 atau di atas US$10.000 maka pengembang tidak masuk kualifikasi program ini.

RIM sendiri belum menyebutkan tanggal rilis BB 10, dalam keterangan atas pengumuman dua program ini, RIM hanya mengatakan ‘more to come on specific dates’, namun beberapa bocoran produk mereka serta beberapa informasi perkembangan atas pengenalan BB 10 pada operator telah muncuk di Internet. Kabarnya akan ada 6 perangkat BB 10 yang akan dilepas di pasar pada peluncuran BB 10 awal tahun 2013 nanti.

Pengembang tentu saja menjadi acuan pentin dalam pengembangan ekosistem smartphone, tanpa aplikasi yang dibuat oleh pengembang maka, toko aplikasi BB App World, tentu tidak akan begitu menarik bagi pengguna. Aplikasi menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari penggunaan smartphone, dan karenanya menciptakan ekosistem, termasuk peluang bisnis dari pengembangan aplikasi adalah hal penting yang harus terus dilakukan RIM.

Semoga saja RIM peluncuran BB 10 akan tepat waktu dan RIM bisa memperkenalkannya untuk konsumsi publik awal tahun depan, dan bisa dimanfaatkan oleh pengembang, termasuk yang berasal dari Indonesia.

Via: TheNextWeb.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

[Simply Business] The Hidden Enemy

Next Story

RIM Luncurkan Program Built For BlackBerry dan $10K Developer Commitment

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Peran Developer Game di Metaverse

Metaverse jadi salah satu topik yang dibahas dalam Consumer Electronics

Sami Kizilbash: Google Indie Game Accelerator Mencari Game Unik dengan Tim Solid

Salah satu kesempatan emas yang datang pada saat diundang ke