Dark
Light

RIM Luncurkan Program Built For BlackBerry dan $10K Developer Commitment

1 min read
September 5, 2012

Melalui blog developer-nya, kemarin Research in Motion (RIM) memperkenalkan dua program baru untuk memperkuat kerjasamanya dengan pengembang. Dua program tersebut adalah Built For BlackBerry dan $10K Developer Commitment.

Kedua program ini merupakan wujud komitmen RIM untuk memastikan kualitas aplikasi BlackBerry buatan pengembang, sekaligus untuk menarik pengembang agar tertarik mengembangkan aplikasi untuk sistem operasi baru, BlackBerry 10 yang kabarnya akan dirilis Januari mendatang.

Program Built For BlackBerry merupakan semacam program sertifikasi bagi aplikasi BlackBerry 10 buatan pengembang. Dalam program ini, RIM mengajak pengembang untuk mengumpulkan aplikasi untuk BlackBerry 10 baik yang berbasis Webworks maupun aplikasi native. Aplikasi dari pengembang ini nantinya akan di-review oleh pihak ketiga untuk menilai kualitas aplikasi tersebut.

Aplikasi yang dianggap berkualitas, akan mendapatkan label Built For BlackBerry. Pengembang dapat menggunakan label ini untuk mempromosikan aplikasi mereka baik di website mereka sendiri maupun di pasar-pasar penjualan aplikasi BlackBerry. Untuk saat ini, pengembang dapat menikmati proses sertifikasi ini secara gratis.

Konsep program $10K Developer Commitment sebenarnya telah diumumkan pada pelaksanaan BlackBerry 10 Jam di Orlando pada Mei lalu. Dalam program ini RIM menjamin bahwa pengembang yang merilis aplikasinya sebelum dirilisnya BlackBerry 10, akan mendapatkan minimal pemasuka sebesar 10.000 dollar Amerika, dari penjualan aplikasi tersebut. Tentu saja ada syarat tertentu agar pengembang dapat menikmati program ini.

Aplikasi buatan pengembang tersebut setidaknya harus mendapatkan 1.000 dollar Amerika baik dari penjualan aplikasi maupun penjualan barang dari aplikasi tersebut. Jika pengembang melewati batas ini, namun tidak berhasil mencapai 10.000 dollar Amerika, RIM akan memberikan uang kepada pengembang sebesar selisih tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

RIM Perkenalkan Program Baru Untuk Developer Serta ‘Hadiah’ $10K

Next Story

Rovio Akan Luncurkan Bad Piggies, Jadikan Babi Hijau Sebagai Karakter Utama

Latest from Blog

Don't Miss

Snack Video Punya 43 Juta Pengguna di Indonesia, Siap Ungguli para Pesaingnya

Siapa yang saat ini tidak mengakses aplikasi berbasis video pendek?

Whatsapp Bakal Bisa Kirim Gambar Tanpa Kompresi?

Siapa yang saat ini masih menggunakan Whatsapp untuk mengirim gambar?