30 March 2022

by Galih

Intel Akan Resmi Rilis GPU Intel Arc Akhir Bulan ini

GPU perdana Intel akan tiba pertama kali untuk laptop.

Antisipasi para gamer di seluruh dunia terhadap GPU Intel Arc memang sangat tinggi. Apalagi Intel memang membutuhkan waktu yang cukup panjang hingga mereka akhirnya memastikan peluncuran GPU baru mereka tersebut.

Namun untungnya, Intel kini mengambil langkah maju dengan meluncurkan GPU Intel Arc pertama mereka pada akhir bulan ini, tepatnya pada 30 Maret mendatang.

Sebagai catatan, Intel juga menjelaskan bahwa GPU Intel Arc yang akan diluncurkan pada akhir bulan ini adalah versi discrete graphics untuk laptop. Acara peluncuran tersebut dijadwalkan akan dilaksanakan pada pukul 8 A.M. Pacific Time atau untuk di Indonesia pada pukul 22:00 WIB.

Intel memang tidak memberikan informasi lebih lanjut mengenai GPU laptop tipe apa saja yang akan mereka umumkan pada event mendatang. Namun diprediksi bahwa kemungkinan besar Intel akan membawa GPU Intel Arc untuk laptop low hingga mid range.

Meskipun laptop-laptop yang akan diluncurkan menggunakan Intel Arc masih rahasia, namun dalam informasi terpisah dari Tom's Hardware mengabarkan bocoran kemungkinan salah satu produknya yaitu Dell Precision 5470.

Laptop kerja profesional ini memiliki opsi yang cukup banyak untuk prosesor, memori, hard drive, dan juga GPU. Dan dalam bocoran foto tersebut tertulis pilihan GPU Intel Arc A30M Pro Graphics dengan catatan 'akan datang' di belakangnya.

Image Credit: ITHome

Sayangnya, tidak ada informasi lebih lanjut mengenai GPU ini. Mengingat nama Intel Arc A30M Pro Graphics juga belum pernah mengemuka sebelumnya. Namun melihat fakta bahwa laptop ini merupakan seri laptop kerja milik Dell maka ada kemungkinan GPU Intel Arc A30M ini merupakan seri menengah ke bawah.

Untuk para fans yang sudah tidak sabar menanti peluncuran GPU desktop Intel Arc kelihatannya harus ekstra bersabar. Karena dari beberapa informasi yang beredar Intel akan mengundur perilisan Intel Arc untuk desktop hingga bulan Juni mendatang.

Intel sangat berhati-hati dalam perilisan GPU desktop-nya, sehingga mereka sepertinya akan menunggu langkah dari NVIDIA dan AMD terlebih dahulu untuk dapat memastikan peluncuran GPU desktop mereka nantinya mampu memiliki harga yang menarik.