Gadget News
for SEO
Gadget News

Ricoh Theta X Adalah Kamera 360 Derajat Dengan Layar, Baterai Dapat Diganti, Dan Slot Kartu Micro SD

27 January 2022Lukman Azis

Harganya US$799 dan akan tersedia pada Maret 2022

Kalau Anda kerap bepergian dan suka bikin konten traveling, maka Anda harus mencoba kamera 360 derajat. Sesuai namanya, perangkat ini dapat menangkap video secara 360 derajat sehingga kita bisa melihat hasil videonya dari berbagai sisi.

Ricoh merupakan salah satu pabrikan kamera yang konsisten menawarkan kamera 360 derajat. Yang terbaru mereka telah mengumumkan Theta X, kamera 360 derajat seri Theta dari Ricoh yang untuk pertama kalinya dilengkapi layar sentuh 2,25 inci, baterai yang dapat diganti, dan slot kartu micro SD.

Sebelumnya kamera 360 derajat Ricoh sangat bergantung pada smartphone untuk mengontrol, mentransfer, serta mengedit hasil foto dan videonya. Theta X mencoba mengambil pendekatan yang berbeda, dengan menghadirkan layar sentuh berwarna 2,25 inci yang dapat digunakan untuk menavigasi menu kamera dan menyusun komposisi.

Walaupun layarnya mungil, fitur ini jelas berguna dan dapat mengurangi ketergantungan dengan smartphone. Ricoh juga telah menambahkan baterai yang dapat diganti dan slot kartu microSD,  kamera Theta sebelumnya memiliki baterai dan penyimpanan terintegrasi yang membatasi kemampuannya.

Sekarang Anda bisa membeli ekstra baterai sehingga lebih banyak konten yang bisa Anda hasilkan. Penyimpanan juga bukan jadi soal, Anda bisa menyisipkan micro SD dengan kapasitas sesuai kebutuhan dan membawa beberapa micro SD untuk backup. Proses transfer file berukuran besar ke laptop juga bisa lebih cepat melalui microSD card reader.

Di dalam Theta X, Ricoh menyematkan sensor gambar CMOS 48 MP baru, prosesor utama dan desain lensa juga ditingkatkan. Theta X dapat mengambil gambar diam 360 derajat pada resolusi 60 MP, sementara perekam videonya mencapai 5,7K (5760×2880 piksel) hingga 30 fps dengan fitur enhanced image stabilization.

Fitur lainnya termasuk GPS bawaan untuk informasi geolokasi dan port USB-C di sisi kamera yang memungkinkan mengisi daya lewat power bank. Ricoh Theta X diharapkan akan tersedia pada Maret 2022 mendatang dengan harga US$799 atau sekitar Rp11,4 jutaan.

Sumber: DPreview

Play video

24 May 2022

[Review] Samsung Kelas Menengah Galaxy A23 Vs Galaxy A13, Pilih Mana?

Buat kalian yang lagi mencari smartphone Samsung dengan fitur komplet, tetapi punya budget terbatas. Maka jawabannya ...

Others from #HybridTV