Esports Ecosystem

Reza Arap Livestream 24 Jam Galang Dana Bencana Asap di Riau dan Kalimantan

20 Sep 2019 | Akbar Priono
Dengan kampanye #BersatuMelawanAsap, Reza Arap dan Bangpen lakukan livestream 24 jam untuk galang dana bencana asap di Sumatra dan Kalimantan

Seiring perkembangan teknologi, game streaming telah mendapatkan tempatnya tersendiri di kalangan para gamers. Melihat keseruan orang bermain game, atau sang streamer berbagi berbagai macam hal jadi salah satu dari beberapa alasan kenapa game streaming dan para streamer kini jadi populer di kalangan gamers.

Streamer memang merupakan salah satu dari banyak pekerjaan di ekosistem esports yang bisa digunakan untuk mendulang keuntungan dan popularitas. Tapi menariknya, pekerjaan ini juga kerap digunakan untuk kegiatan-kegiatan sosial, salah satunya lewat kegiatan maraton streaming.

Di luar negeri, fenomena ini semakin menjamur. Salah satu contohnya ada media IGN yang menggalang dana dalam peringatan National Suicide Prevention Week. Sementara itu, kalau di Indonesia ada Reza “Arap” Oktovian, yang baru-baru ini mengadakan ajang livestream galang dana untuk bencana asap di Riau dan Kalimantan.

Sumber: Rilis Resmi Revival TV
Sumber: Rilis Resmi Revival TV

Dalam acara bertajuk Livestream For Charity Reza Arap melakukan streaming selama 24 jam, mulai dari jam 1 siang 19 September 2019 kemarin. Acara ini juga mengundang berbagai content creator ataupun streamer lain yang juga populer di kalangan gamers.

Beberapa di antaranya seperti BangPen, WAW.TakaNoMe, hingga SkinnyFabs. Dalam kurun waktu 24 jam, Arap akan melakukan berbagai aktivitas agar tetap dapat menghibur para penontonnya. Bangpen sendiri akan bermain game PUBG Mobile dan Dota 2. Sementara untuk Arap, selain dari PUBG Mobile dan Dota 2, ia akan bermain Fortnite dan beberapa kegiatan selain dari bermain game.

Nantinya, hasil dari penggalangan dana ini akan digunakan untuk membeli alat-alat yang dibutuhkan oleh para korban bencana di Riau dan Kalimantan, seperti tabung Oksigen dan Masker. Belakangan, kondisi di Riau dan Kalimanatan terbilang semakin parah. Dilansir dari Tempo, parahnya kabut asap bahkan sampai membuat 8 bandara di Sumatera dan Kalimantan terpaksa tutup.

Sumber: Rilis Resmi Revival TV
Sumber: Rilis Resmi Revival TV

Kegiatan ini menjadi sesuatu yang berarti bagi komunitas gamers. Hal ini seakan menjadi bukti bahwa gamers juga bisa memberikan kontribusi positif kepada masyarakat lewat kegiatan yang dilakukan, salah satunya seperti Livestream for Charity.

Gelaran Livestream For Charity ini diselenggarakan lewat channel YouTube Reza Oktovian dan juga Bangpen. Bagi Anda yang ingin melakukan Donasi, Anda dapat langsung menuju ke tayangan tersebut.