Dark
Light

Revolusi Strategi Pemasaran dengan Big Data

1 min read
November 1, 2016
Big data dan revolusi marketing

Dewasa ini big data bisa memiliki banyak peran dalam memajukan bisnis. Salah satunya adalah dengan mengubah bagaimana cara bisnis mengkonversi pelanggannya. Seperti banyak ditulis sebelumnya big data adalah inti dari teknologi untuk memahami lebih jauh kebutuhan pengguna. Ini juga yang akhirnya dimanfaatkan untuk membantu meningkatkan dan mengubah cara-cara konversi pengguna.

Big data tidak hanya membantu atau mengoptimalkan sebuah bisnis untuk memahami pelanggan, big data lebih dari itu. Big data merevolusi cara-cara bisnis memandang pelanggan. Termasuk cara baru untuk memasarkan. Tentu semuanya disesuaikan untuk menjangkau lebih banyak dan lebih personal pelanggan-pelanggan dari bisnis.

Revolusi big data dalam bisnis dimulai dari bagaimana big data mengubah, tepatnya menaikkan posisi data dalam bisnis. Data sekarang banyak dipandang sebagai sebuah aset yang harus dimanfaatkan dan harus dijaga. Tentu yang paling utama dan langsung bersinggungan dengan bisnis adalah data pelanggan. Baik itu data pribadi, sejarah transaksi, hingga minat seorang pelanggan terhadap sebuah produk. Termasuk juga waktu yang tepat untuk mengirim kampanye, desain, dan lain sebagainya.

Setelah itu bisnis mulai memanfaatkan big data untuk mengetahui lebih lanjut pertimbangan-pertimbangan dalam melakukan strategi marketing. Hasil analisis dari big data bisa menghasilkan sebuah wawasan yang berguna untuk menghasilkan sebuah strategi marketing yang tepat sasaran. Misalnya dengan mempertimbangkan keterkaitan, minat, atau sejarah transaksi dari pelanggan. Semua dibaca, semua disimpan, dan disimpulkan untuk menghasilkan sebuah strategi yang lebih matang dan revolusioner untuk meningkatkan tingkat konversi pengguna.

Terdengar mudah memang, tapi dalam prakteknya banyak menemui kendala. Seperti kesesuaian dan keakuratan data hingga kevalidan data. Big data, sama seperti teknologi lainnya, membawa bisnis ke level selanjutnya.


Disclosure: DailySocial bekerja sama dengan Bigdata-madesimple.com untuk seri penulisan artikel tentang big data.

Previous Story

Generasi Millennial Butuh Pemimpin yang Mau Mendengar

Next Story

Cara Submit Sitemap Blog WordPress ke Google Webmaster Tools

Latest from Blog

Don't Miss

Co-Founder & CEO Shoplinks Teresa Condicion / Shoplinks

Personalisasi Kupon Belanja Shoplinks Dorong Kegiatan Pemasaran Brand FMCG

Berangkat dari pengalamannya bekerja di perusahaan FMCG selama 17 tahun,
Tips Mengubah Pembeli Jadi Pelanggan dengan Email Marketing - DailySocial.id

Tips Mengubah Pembeli Jadi Pelanggan dengan Email Marketing

Dalam menjalankan sebuah bisnis, pastinya memiliki pembeli adalah hal yang