Hybrid
for SEO
Hybrid

[Review] Xiaomi Mi Desktop Monitor 27 Inci: Layar Besar Terjangkau untuk Bekerja dengan 75 Hz

31 March 2022Dimas Galih W.

Sebuah monitor 27 yang menarik dilirik karena harganya yang cukup terjangkau dan nyaman di mata

Salah satu kegiatan yang sampai saat ini dikerjakan oleh hampir setiap orang di kota-kota besar adalah bekerja dan sekolah di rumah. Dengan begitu, orang akan memerlukan sebuah perangkat komputer (laptop atau desktop) maupun tablet yang terhubung dengan internet. Untuk itu, tentu saja semakin besar layar monitor yang digunakan akan menjadi lebih nyaman dalam bekerja. Salah satu layar monitor yang bisa digunakan adalah Xiaomi Mi Desktop Monitor 27″.

Artikel kali ini kami akan mencoba untuk melakukan review atas perangkat Xiaomi Mi Desktop Monitor 27 yang hadir ke ruang redaksi Hybrid.co.id.

Mi Desktop Monitor 27″ dipasarkan sebagai monitor PC yang multifungsi. Hal tersebut berarti monitor ini bisa digunakan untuk menonton hiburan, bekerja, dan juga bermain game. Tidak seperti kebanyakan monitor, Mi Desktop Monitor 27″ menawarkan refresh rate hingga 75 Hz. Panelnya sendiri menggunakan IPS dengan dimensi 27 inci.

Review Xiaomi Mi Desktop Monitor 27

Monitor yang memiliki nomer model RMMNT27NF ini juga menawarkan teknologi pelindung mata. Teknologi yang dikenal sebagai low blue light ini sudah dikenal luas lebih membuat mata tidak cepat lelah. Bahkan, monitor ini juga sudah tersertifikasi oleh TÜV Rheinland.

Spesifikasi dari Mi Desktop Monitor 27″ bisa dilihat pada tabel berikut ini:

Dimensi layar27″
Rasio16:9
Resolusi1920×1080
Tipe panelIPS 16,7 juta warna 100% sRGB
Refresh Rate75 Hz
Dimensi613,2 × 205,3 × 476,0 mm
Berat total4,3 KG
PortHDMI 1.4 / VGA / audio jack‎‎‎
Response Time6 ms GTG
Kontras1000:1
Daya24 watt

Mi Desktop Monitor 27″ juga memiliki penyangga panel yang bisa membuat layarnya menghadap ke atas atau ke bawah. Jadi kita tidak lagi harus mengganti tempat duduk agar bisa pas dengan layarnya. Selain itu, pada monitor ini juga sudah memiliki tombol navigasi sehingga nyaman untuk digunakan.

Unboxing Review Xiaomi Mi Desktop Monitor 27

Selain monitor dan kakinya, inilah yang bisa didapatkan pada paket penjualan dari Mi Desktop Monitor 27″

Review Xiaomi Mi Desktop Monitor 27

Desain

Mi Desktop Monitor 27″ menggunakan layar dengan panel In Plane Switching. Untuk waktu respons layarnya, Mi Desktop Monitor 27″ menawarkan kecepatan 6 ms Grey to Grey. GTG sendiri menhitung berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh sebuah piksel untuk berubah di antara dua warna. Kabarnya, pengukuran GTG menawarkan perhitungan yang paling tepat.

Layar ini sendiri memiliki resolusi 1920×1080 dengan refresh rate 75 Hz. Untuk rasio kontrasnya sendiri memiliki nilai 1.000:1 dengan rasio dynamic contrast-nya adalah 1.000.000:1. Ternyata saat dinyalakan monitor ini tidak memakan banyak daya, hanya sektiar 24 watt saja.

Review Xiaomi Mi Desktop Monitor 27

Monitor Mi Desktop Monitor 27″ memiliki 2 kaki yang tipis namun cukup panjang. Penyangga pada monitor ini memiliki engsel pada bagian belakangnya sehingga bisa membuat sudut layarnya dinaikkan atau diturunkan. Monitor ini juga tidak terlalu berat untuk sebuah ukuran 27 inci, hanya 4,3 gram saja. Badannya sendiri memiliki ketipisan yang hanya 7,5 mm saja.

Pada bagian belakang dari monitor ini dapat ditemukan sebuah tombol navigasi yang juga sekaligus merupakan tombol untuk menyalakan atau mematikan monitor. Di samping tombol ini terdapat beberapa port, seperti untuk daya, HDMI 1.4, VGA atau D-SUB, dan audio 3,5 mm untuk headphone atau speaker tambahan. Untuk bagian depannya, kita bisa melihat adanya indikator LED berwarna putih untuk menandakan bahwa monitor ini sedang menyala atau mati.

Dengan adanya tombol navigasi 4 arah yang terdapat dibelakangnya, menandakan bahwa monitor ini juga memiliki menu on-screen display. Pada OSD tersebut, kita bisa mengatur hampir semua settings yang ada, seperti menaikkan atau menurunkan kecerahan, kontras, maupun tingkat warna hitam. Selain itu, saat kita menggunakan 2 perangkat sekaligus, pada OSD ini juga bisa ditentukan mau menggunakan port HDMI atau VGA.

Menggunakan untuk bekerja: Nyaman

Dari tahun 2020 hingga saat ini, saya selalu menggunakan laptop dengan dimensi layar 15 inci karena sedang bekerja di rumah. Tentunya, menggunakan layar tersebut untuk sebuah laptop memang cukup besar, namun saat dipakai lama tentu saja menjadi tidak nyaman. Apalagi, saya menggunakan aplikasi Office untuk mengetik dan membutuhkan tingkat ketelitian yang lebih. Namun jika saya men-zoom tulisan, maka jumlah tulisan yang ada di layar akan berkurang.

Dengan menggunakan Mi Desktop Monitor 27″, tentu saja mata saya menjadi jauh lebih nyaman. Semua huruf yang terlihat tentu saja lebih besar jika dibandingkan dengan layar 15 inci. Apalagi saat menggunakannya untuk melakukan video conferencing seperti memakai Zoom atau Google Meet. Semuanya akan terlihat lebih baik.

Saya menggunakan monitor ini dengan total pemakaian sekitar 3 minggu. Walaupun saya menggunakannya untuk menonton hiburan seperti Youtube dan Netflix, namun sebagian besar digunakan untuk membuat artikel. Memang, monitor ini cukup nyaman untuk digunakan. Apalagi saat menonton film-film action, saya tidak melihat adanya bayangan saat adegan yang cepat.

Untuk mencoba refresh rate dari monitor Mi Desktop Monitor 27″, saya masih menggunakan Test UFO sebagai sebuah benchmark yang gratis. Pada saat percobaan pertama, saya masih mendapatkan 60 fps. Hal tersebut memang secara default, pilihan refresh rate memang akan terpasang di 60 Hz. Kita harus mengubah sendiri ke 75 Hz jika ingin lebih nyaman.

Selain itu, saya juga mencoba layar ini untuk bermain game. Agar bisa mencapai frame rate maksimum, saya mencoba layar ini untuk bermain Valorant. Tentu saja game tersebut akan stabil di 75 fps, mengikuti refresh rate 75 Hz dari layarnya. Bermain game tentu akan lebih nyaman jika dibandingkan dengan sebuah layar dengan refresh rate 60 Hz.

Layar ini memang memiliki jenis port yang cukup sedikit. Untuk koneksinya, layar ini hanya mendukung HDMI 1.4 dan VGA. Untuk mereka yang membutuhkan Display Port atau DVI, tentunya harus membeli konverternya secara terpisah. Sepertinya Xiaomi memang memberikan 2 port yang memang banyak digunakan saat ini.

Terakhir, monitor ini juga memberikan port audio 3,5 mm. Dengan adanya port ini, membuat kita bisa menggunakan speaker terpisah atau sebuah headphone untuk mendengarkan suara. Memang sayang, tidak terdapat speaker internal pada monitor yang satu ini.

Verdict Review Xiaomi Mi Desktop Monitor 27

Sampai saat ini masih banyak rekan yang bertanya kepada saya monitor mana yang bisa mereka beli untuk bekerja di rumah. Tentu saja, rekomendasi pertama selalu tertuju pada monitor dengan dimensi besar dan harganya terjangkau. Selain itu, refresh rate yang lebih tinggi dan kenyamanan di mata tentu menjadi nilai tambah. Ternyata, alternatif tersebut saat ini bertambah dengan munculnya Xiaomi Mi Desktop Monitor 27″.

Fitur yang dibawa oleh Xiaomi Mi Desktop Monitor 27″ akan menambah nyaman pengguna saat memakainya. Dengan low blue light yang membuat mata tidak cepat lelah, pengguna akan dapat bekerja lebih lama saat melihat layarnya. Refresh rate di atas 60 Hz memang menjadi nilai tambah saat kita sedang bermain game atau menonton video. Terakhir, sudut layar yang bisa diatur naik atau turun tentu akan membuat tulang belakang menjadi tidak cepat pegal karena posisinya yang pas.

Xiaomi Mi Desktop Monitor 27″ dijual pada harga Rp. 2.499.000 langsung dari website resminya. Harga tersebut memang bukan miliki Xiaomi saja di pasar monitor, namun termasuk terjangkau untuk ukuran besar dan refresh rate yang cukup tinggi. Xiaomi juga memberikan garansi 12 bulan untuk monitor yang satu ini. Tentunya, hal ini akan menambah pilihan untuk membeli monitor terjangkau di tahun 2022.

Sparks

  • Refresh rate 75 Hz yang cukup nyaman
  • Dimensi layar 27 inci
  • Mode low blue light yang membuat mata tidak cepat lelah
  • Badan yang ramping serta bingkai yang tipis
  • Harganya cukup terjangkau
  • OSD yang mudah dinavigasi
  • Sudut layar bisa dinaikkan atau diturunkan

Slacks

  • Pilihan port hanya HDMI dan D-SUB saja
  • Tanpa built in speaker
Play video

4 July 2022

Ini Alasan realme Rilis Banyak Varian realme GT Neo 3 #quickquery

realme belum lama ini hadirkan smartphone terbaru realme GT Neo 3. Ponsel ini hadir dalam beberapa varian. Simak alasan ...

Others from #HybridTV