Review The Crackpet Show. Pertempuran Ala Happy Tree Friends

Game ini memiliki karakter yang unik namun penuh kesadisan

Bila Anda masih ingat dengan salah satu kartun kontroversial Happy Tree Friends di jaman dulu, maka The Crackpet Show ini bisa dibilang versi game dari acara tersebut. Jadi pemain harus bersiap dengan semua kekerasan dan kesadisan yang akan hadir.

Secara konsep, The Crackpet Show mengambil formula roguelike dan twin-stick shooter namun mengemasnya lebih kasual. Namun hal tersebut tidak serta-merta membuat game ini tidak memiliki sisi menariknya tersendiri.

Malah, game ini bisa dibilang menjadi salah satu game arena shooter yang memiliki keunikannya sendiri. Terutama di tengah gempuran game-game yang memaksa Anda untuk berhadapan dengan pemain lain.

Berikut adalah review dari The Crackpet Show.

Acara TV gladiator binatang-binatang lucu

The Crackpet Show diceritakan sebagai sebuah acara TV yang akan menempatkan para binatang-binatang lucu yang telah mengalami mutasi. Binatang-binatang tersebut ditempatkan di sebuah arena gladiator untuk dapat bertahan dari serbuan binatang-binatang lain.

Pemain tentu menjadi satu dari beberapa pilihan binatang yang nantinya akan bertarung di arena. Pilihan jenis binatang tersebut murni untuk visual saja, karena untuk kemampuan dan role dari para pemain dapat dipilih terpisah.

Role dalam game ini sendiri juga lebih menjadi โ€˜starter packโ€™ ketimbang peran penuh selama permainan nantinya. Karena seiring pertempuran nantinya pemain akan berkesempatan untuk mengganti senjata hingga item yang akan dibawa.

Gameplay cepat yang penuh Aksi

Dalam mengeksekusi konsep acara TV-nya, The Crackpet Show membuat campaign pemain menjadi beberapa beberapa episode yang bisa dipilih. Setiap level akan berupa arena dengan beberapa macam musuh yang harus dihadapi.

Pemain dapat menentukan level mana yang akan mereka pilih, karena nantinya akan mempengaruhi hadiah ketika menyelesaikan level tersebut. Sistemnya jalur bercabang sehingga pemain bisa memilih jalur dengan hadiah terbaik.

Setelah menyelesaikan beberapa level, pemain nantinya dapat menemui Shop atau toko untuk membeli item dan menjual senjata untuk mendapat ekstra uang.

Namun perlu diperhatikan bahwa setelah toko biasanya pemain akan dekat dengan pertarungan Bos. Dan dalam melawan bos pemain harus ekstra hati-hati, karena bila pemain mati maka mereka harus mengulangnya dari awal.

Kontrol sederhana yang tidak terlalu sulit

Menjadi sebuah game roguelike memang memberi tantangan besar bagi pemain untuk melawan gerombolan musuh bersamaan. Apalagi mengembalikan darah dalam game ini juga tidak mudah.

Sehingga, satu-satunya jalan yang bisa diambil adalah terus menghindari serangan dari musuh-musuh tersebut. Untungnya, developer Vixa Games membuat kontrol game ini cukup bersahabat.

Berbeda dengan game twin-stick shooter lain yang mengharuskan pemain terus bergerak sekaligus membidik musuh, dalam game ini karakter pemain akan otomatis mengunci sasaran.

Pemain juga dapat menggunakan kombinasi keyboard+mouse ataupun gamepaduntuk memainkan game ini. Meskipun menurut saya pengalaman terbaiknya dengan menggunakan gamepad.

Visual warna-warni dengan bumbu kekerasan

Seperti yang saya katakan di awal, grafis dari The Crackpet Show ini mirip dengan serial Happy Tree Friends sehingga didominasi dengan karakter hingga obyek dunia 2 dimensi.

Meskipun pada awalnya terihat sederhana, namun visual dari game ini nanti akan berubah menjadi penuh ketika pemain menghadapi banyak musuh dengan proyektil tembakang masing-masing.

Animasi yang ditunjukkan ketika musuh atau bahkan karakter utama mati juga cukup sadis. Sehingga bagi para gamer yang memang sangat sensitif terhadap hal tersebut sebaiknya berhati-hati.

Senjata-senjata unik yang wajib dikoleksi

Selain 6 episode yang terseida, game ini memiliki beberapa konten menarik untuk menambah durasinya. Semua konten tambahan tersebut dapat dilihat pemain saat berada di Lobby sebelum permainan dimulai.

Yang pertama adalah koleksi senjata, item, dan perks yang disatukan dalam bagian 'Collections'. Di sini pemain akan dapat melihat berbagai variasi senjata yang dapat digunakan selama permainan.

Setiap senjata ini memiliki kemampuan yang unik dan bahkan aneh. Mulai rocket launcher, senjata pelontar ayam, hingga senjata berbentuk terompet yang mengeluarkan not suara.

Selain senjata, pemain juga bisa mengoleksi item yang tidak kalah variatif. Mulai dari bom, turret, hingga dapat membuat pemain menghilang, semua item tersebut nantinya dapat sangat membantu selama permainan.

Tentu saja ada skin karakter dan upgrade

Seperti game modern pada umumnya, The Crackpet Show juga tidak lupa menyediakan tambahan skin untuk para karakter yang tersedia di dalamnya. Tapi skin yang tersedia tersebut murni untuk kosmetik visual saja.

Untuk mendapatkannya, pemain harus mengumpulkan poin yang nantinya akan digunakan untuk memutar roda acak. Sehingga mungkin pemain tidak akan mendapatkan skin untuk karakter favoritnya dalam satu kali putar.

Uniknya, game ini juga memiliki sistem upgrade layaknya game RPG. Ada 2 sistem upgrade yang ada dalam game ini, yaitu peningkatan permanen menyeluruh yang disebut 'Sponsors'. Dan peningkatan acak pada penjual 'Goldfish'.

Seperti namanya, Sponsors akan meningkatkan status pemain secara keseluruhan. Sedangkan peningkatan lewat Goldfish hanya akan terjadi pada senjata, item, atau perks terentu. Sifatnya tetap permanen namun pemberiannya acak.

Bermain sendiri atau ramai-ramai?

Sejak di lobby The Crackpet Show ini mengisyaratkan dengan jelas bahwa game ini dapat dimainkan bersama-sama (co-op) hingga empat orang pemain.

Sayangnya, saya memang belum sempat mencoba memainkan game ini bersama pemain lain. Padahal game ini menyediakan fitur Remote Playsehingga pemain bisa langsung mengundang temannya meskipun tidak memiliki game-nya.

Memainkan The Crackpet Show secara solo memang cukup seru karena akan memberikan pengalaman yang menantang. Namun ada beberapa aspek dalam game-nya yang memang didesain untuk memaksimalkan pengalaman bermain bersama.

Salah satunya adalah untuk buff yang bisa didapatkan. Beberapa buff bersifat area yang tentunya baru akan berguna ketika ada pemain lain yang bermain bersama-sama.

Dan bila semua episode telah berhasil ditaklukan, bermain bersama-sama tentunya juga akan sangat berguna saat memainkan mode Endless. Di sini pemain dan teman-temannya dapat saling membantu untuk bertahan selama mungkin.

Verdict Review The Crackpet Show

The Crackpet Show pada akhirnya menyediakan pengalaman roguelike yang seru dan unik. Dengan visual yang khas dan unik, game ini membentuk identitas yang mudah dikenali oleh para gamer.

Gameplay yang ditawarkan oleh game ini cukup solid dengan musuh yang cukup menantang, namun diimbangi dengan aksi yang juga leluasa.

Game ini juga memiliki cukup banyak konten yang akan menambah jam yang bisa dihabiskan untuk memainkan game ini. Dan tentunya game ini dapat dijadikan pilihan untuk sesi main bareng (mabar) bersama dengan teman-teman.

The Crackpet Show tersedia untuk platform PC via Steam dan Nintendo Switch. Harga yang dibanderol untuk game ini juga cukup terjangkau yaitu Rp109.999.