Dark
Light

Review Tecno Camon Pro 20 Mr Doodle Edition: ‘Gimmick’ Asik, Harga Tidak Mencekik

3 mins read
June 25, 2024

Meja redaksi Hybrid kali ini kedatangan sebuah smartphone unik keluaran Tiongkok yang hadir dengan gimmick cukup menarik. Berkolaborasi dengan seniman tulis acak alias doodle, Tecno Camon Pro 20 mengusung Mr Doodle Edition sebagai salah satu lini jagoannya.

Pabrikan yang satu ini seolah mengerti bahwa untuk survive dan bersaing di jagat teknologi, mengandalkan spesifikasi saja atau design saja tidak cukup, maka dari itu Divisi RnD mereka harus sangat kreatif untuk bisa melahirkan produk produk yang nantinya akan dipasarkan baik di negeri sendiri atau secara global.

Tecno Camon 20 Pro Mr Doodle Edition seolah menjadi suksesor seri Tecno Camon 19 Pro Mondrian yang memang sudah menjadi pembuka jalan smartphone unik dengan gimmick atau ciri khas yang anti mainstream. 

Tecno Camon 20 Pro Mr Doodle Edition

 

Desain dan spesifikasi

Tecno Camon Pro 20 Mr Doodle Edition hadir dengan ukuran body yang cukup lega, mengusung layar berukuran 6.67 inch, smartphone ini sejatinya sama saja dengan versi standarnya yaitu Tecno Camon 20 Pro. Yang membedakan perangkat ini dari edisi biasa, jelas bagian belakang dari smartphone tersebut yang jika kita melihat di ruangan gelap, terdapat doodle atau tulis acak khas karya dari Mr Doodle dalam format Glow in The Dark.

Body yang kokoh dan firm serta adanya Dynamic Port di bagian layar menjadikan smartphone ini semakin menarik untuk dikulik makin dalam. Fungsi Dynamic Port ini tidak jauh beda dengan Dynamic Island ala iPhone yang memang jadi andalan perangkat IOS tersebut. Dynamic Port ini fungsinya menampilkan notifikasi dari beberapa hal termasuk saat baterai di-charge, baterai lemah, dan banyak lagi yang lainnya.

Tecno Camon 20 Pro Mr Doodle Edition juga disematkan RAM 8 GB dan storage 256 GB. Layar yang ditawarkan tidak hanya memukau secara visual, namun juga mempersembahkan ketajaman gambar dengan resolusi Full HD Plus, yaitu 1080 x 2400 piksel. Sementara di bagian belakang terdapat susunan tiga lensa dengan kamera utama 64 MP. Kamera utama ponsel ini didukung teknologi optical image stabilization (OIS) untuk meminimalisir guncangan.

Secara umum spesifikasi teknis produk dengan desain paling beda dari semua smartphone yang pernah mampir di meja redaksi kali ini masih setara dengan model standarnya. Jeroan perangkat ini menggunakan chipset Dimensity 8050 yang diproduksi dengan fabrikasi 6 nm besutan MediaTek dengan prosesor Octa Core yang mampu berakselerasi hingga 3.0 GHz. Untuk melengkapi kehandalannya, tersedia pula GPU Mali-G77 MC9 untuk kebutuhan grafis Anda.

Lensa lain yakni kamera selfie 32 MP juga dibekali di bagian muka ponsel berdesain artistik ini. Di sektor tenaga, produk ini disokong baterai dengan kapasitas 5000 mAh. Pengisian cepat 33 Watt juga didukung untuk mempersingkat proses pengisian daya. Secara keseluruhan, ini adalah ponsel 5G yang juga mendukung konektivitas WiFi 5 dan Bluetooth 5.

Gaming Test

Meskipun dibesut dengan SOC kelas mid, smartphone ini masih kencang saat digeber bermain Mobile Legends Bang Bang, pengaturan yang digunakan saay review pun sama dengan standar kompetitif pemain di turnamen tingkat nasional, atau di-set rata kanan Ultra – Ultra baik dari Frame Rate dan Grafis. Hal ini disebabkan adanya semacam auto boost yang secara otomatis menyala saat game dijalankan. Tidak hanya game kompetitif, memainkan game casual dalam waktu cukup lama pun tidak terdeteksi adanya stuttering atau lag saat bermain.

Suhu perangkat bisa dibilang cukup normal, tidak seperti beberapa smartphone yang biasanya akan naik secara signifikan saat digunakan push rank dalam jangka waktu yang cukup panjang. Disclaimer, penulis menguji di dalam ruangan dengan konektifitas wifi berkecepatan up to 50mbps.

Hasil Foto Tecno Camon 20 Pro Mr Doodle Edition

Foto yang dihasilkan smartphone dengan embel embel AI Cam ini bisa dibilang kuat di pencahayaan terang, dan “oke” saat malam hari. Pencahayaan menjadi satu faktor yang sangat penting saat penggguna menggunakan fitur kamera di smartphone ini. Foto foto dengan setting auto bisa dibilang sangat baik, baik dari segi normal ataupun saat diperbesar dua kali. 

Selfie atau swafoto bisa dibilang juga menjadi titik kuat “jualan” smartphone dengan disain cakep ini. Hasil foto yang dihasilkan juga “cakep” dengan dukungan ai yang akan menginfokan jika foto kita backlight, low light atau HDR yang diaktifkan.

Fitur portrait di smartphone ini sangat apik, beautifikasi-nya tidak medok, dan tidak membuat wajah kita sukar dikenali saat upload foto di social media. Blur background-nya juga rapih, sekali lagi kita harus berterima kasih pada AI yang disemat di kamera smartphone ini.

Uji Performa Tecno Camon Pro 20 Mr Doodle Edition

Geekbench

Uji performa dengan Geekbench untuk melihat performa CPU menjalankan kegiatan berponsel sehari-hari.

PC Mark

Uji performa dan baterai dengan test yang berdasarkan kegiatan berponsel sehari-hari, kemudian dibandingkan dengan beberapa model ponsel yang ada.

Kesimpulan Review Tecno Camon Pro 20 Mr Doodle Edition : Gimmick Asyik, Harga Tidak Mencekik 

Buat Anda yang punya hasrat nongkrong di cafe atau tempat populer lainnya dan pas untuk telepon atau berkegiatan di dunia maya, dan ingin keliatan beda dan anti mainstream, smartphone ini Anda banget! Design yang beda dengan sentuhan ala Mr Doodle emang cakep banget di malam hari, apalagi performa dan kamera yang ciamik seolah semakin menegaskan kalau Tecno ini tidak jualan gimmick doang. Dengan rentang harga 4jutaan, Anda bisa langsung meminang smartphone ini di e-commerce kesayangan Anda atau langsung aja datang ke retail retail terdekat di kota Anda.

Sparks : 

  • Design beda
  • Performa SoC gegas
  • Kamera AI dengan pencahayaan oke
  • Body firm dan tidak ringkih
  • Masih ada jack audio 3.5mm


Slacks

  • Saat lowlight kamera agak ngos-ngosan
  • Harus ada effort untuk menunjukkan glow in the dark
Previous Story

Fujifilm Luncurkan Kamera Analog Instan Baru “Instax WIDE 400”

Next Story

Logitech Perkenalkan G515, Keyboard Gaming Low-Profile Terbaru dengan Performa Tinggi

Latest from Blog

Don't Miss

Review Tecno Phantom V Flip 5G, Smartphone Foldable yang Lebih Bersahabat

Review Tecno Phantom V Flip 5G, Smartphone Foldable yang Lebih Bersahabat

Bagi yang tertarik dan penasaran bagaimana pengalaman menggunakan smartphone foldable,

Hape Anak FF Segera Hadir, Tecno Pova 6 Rilis 13 Juni 

Tecno bersiap untuk merilis ponsel baru yaitu Tecno Pova 6.