[Review] Reno7 Z 5G, Desain Menarik, Prosesor Snapdragon 695 5G dan Kaya Akan Fitur

Reno7 Z 5G akan hadir di Indonesia dengan harga 5.999 juta rupiah

OPPO telah resmi memperkenalkan Reno 7 Series 5G, akan ada 2 perangkat yang masuk ke jajaran seri Reno7 5G ini, yaitu Reno7 5G, Reno7 Z 5G. Sedangkan adik kecilnya, Reno7 varian biasa belum diperkenalkan secara resmi. Namun untuk artikel kali ini kita akan fokus pada Reno7 Z 5G saja. 

Bagaimana pengalaman Reno7 Z 5G menggunakan serta apa saja keunggulan dari perangkat ini? Mari kita bahas. 

Spesifikasi dan keunggulannya

Rangkuman spesifikasi Reno7 Z 5G:

  • Prosesor Snapdragon 695 5G
  • Kamera depan dan belakang: 16MP selfie kamera, 64MP main camera, 2MP depth camera dan 2MP macro camera
  • Layar 6.4” Single Punch-Hole AMOLED FHD+ Display 60Hz refresh rate
  • Finishing belakang untuk warna Rainbow Spectrum adalah three layer texture dan two layer coating proces sedangkan warna Cosmic Black mengggunakan finishing OPPO Glow.
  • Baterai 4500mAh, 33W SuperVOOC
  • RAM 8GB RAM dengan ekspansi RAM 5GB + 128GB ROM, dapat diperluas hingga 1TB
  • Konektivitas 5G (Band N1, N3, N40 telah diuji dengan 3 Operator 5G Indonesia)
  • Warna Rainbow Spectrum dan Cosmic Black

Dari spesifikasi di atas saya akan bercerita pengalaman penggunaan perangkat selama kurang lebih satu minggu dari sisi prosesor alias komputasi untuk kegiatan yang saya jalankan di smartphone ini. Lalu untuk pengalaman baterai SuperVOOC serta pengalaman yang berhubungan spesifikasi layar. 

Untuk dari sisi komputasi, alias dukungan Snapdragon 695 5G, dalam kegiatan atau penggunaan sehari-hari selama penggunaan yang saya lakukan tidak ada masalah. Dan pengalamannya cukup baik. Berpindah aplikasi, mengakses media sosial, Youtube sampai bermain game bisa dijalankan dengan baik. 

Saya mencoba menggunakan pengaturan gesture di smartphone ini bukan yang button agar bisa melihat respon dari perangkat atas aktivitas yang dilakukan. Dan pengalamannya tanpa kendala, bahkan ketika saya menggunakan pengaturan pop up untuk multi window juga lancar tanpa lag atau tanpa experience yang menurun. 

Spesifikasi RAM 8GB RAM + 128GB ROM juga mendukung untuk performa yang baik. Ruang penyimpanan bawaan yang cukup lega bisa menyimpan aplikasi atau foto dan bisa juga di tambahkan microSD sampai dengan 1TB. Oh ya, Reno7 Z 5G juga mendukung ekspansi RAM 5GB. Jadi selama ruang penyimpanan masih tersedia maka RAM bisa 'diperlebar' maksimal sampai 5GB untuk membantu performa. 

 

Dukungan komputasi juga bisa diberikan saat bermain game. Saya mencoba dua game PUBGM New State dan Super Mecha Champion dan keduanya bisa dijalankan tanpa masalah. Lebih lanjut tentang ini ada di bagian bawah.

Beralih ke spesifikasi dan pengalaman terkait layar Reno7 Z 5G, meskipun refresh rate hanya 60Hz (touch sampling rate sampai 180Hz) tetapi dukungan layar 6.4” AMOLED FHD+ membantu dalam memberikan pengalaman yang menyenangkan dalam mengakses layar. Apalagi jika Anda gemar menonton serial dan berlangganan Netflix atau Amazon HD, Reno7 Z 5G sudah mendapatkan serfifikasi HD streaming. 

Saya mencoba untuk menonton di HBO GO, meski tidak masuk daftar sertifikasi HD streaming, tetapi layar AMOLED FHD+ sudah memberikan pengalaman yang baik dalam menonton film. Pengaturan display screen color mode dengan mode Vivid agar warna pada layar lebih tajam. 

Salah satu spesifikasi favorit saya di perangkat OPPO adalah SuperVOOC. Reno7 Z 5G juga sudah dilengkapi dengan ini. Baterainya sendiri 4500mAh dan dukungan 33W SuperVOOC. Kepala charger dan kabel semua didapatkan konsumen mulai dari boks penjualan. Jadi tidak perlu lagi membeli kepala charger tambahan yang telah mendukung SuperVOOC. 

Untuk pengalaman mengisi daya sendiri, dengan smartphone idle (tanpa digunakan dan notifikasi hanya beberapa aplikasi saja), saya mendapatkan waktu yang cukup cepat, dari 17% pada pukul 15.19 bisa mencapai 89% di jam 16.05. Fitur ini tentunya berguna saat waktu untuk mengisi daya cukup sebentar, sedangkan Anda memerlukan perangkat untuk digunakan. 

Fitur SuperVOOC yang ada di Reno7 Z 5G memang lebih rendah dari reno7 5G yang mendukung 65W, tetapi setidaknya dukungan SuperVOOC telah tersedia di perangkat Reno7 Z 5G. 

Desain yang pengalaman genggam

Salah satu keunggulan dari dari perangkat Reno7 Z 5G adalah dari sisi tampilan belakang perangkat yang berhubungan dengan finishing, baik dari warna maupun ke rasa saat menyentuh. 

Dari sisi warna, kombinasi finishing dari perangkat ini cukup memberikan efek yang menarik. Unit yang saya gunakan memiliki nama resmi Rainbow Spectrum. Efek warna yang dihadirkan seperti warna pelangi karena mampu memberikan beragam tampilan warna ketika terkena cahaya, di sisi lain ada pula kesan doff saat menyentuh yang menjadikannya bebas sidik jari. 

Finishing ini dilakukan OPPO dengan memberikan three layer texture dan two layer coatingproces. Dalam penjelasan resminya disebutkan, “Rainbow Spectrum menggunakan pelapisan dua lapis: lapisan gradien warna pada bagian atas terdiri dari warna merah, kuning, dan hijau, dan lapisan dasar yang mengandung lapisan indium reflektif. lapisan-lapisan ini menciptakan efek warna-warni prismatik dari enam warna yang memantulkan transisi merah ke hijau mint, kuning ke ungu, dan hijau ke merah muda.”

Efek prismatik ini memang benar menyenangkan untuk dilihat. Pengguna akan diajak untuk menaruhnya secara terbalik ketika di meja (bagian belakang perangkat terlihat), untuk menikmati gradasi warna yang dihasilkannya. 

Sedangkan untuk rasa genggam sendiri, Reno7 Z 5G membawa nuansa retro dengan pinggiran ‘kotak’. Membawa rasa nostalgia model smartphone jaman dulu. Tampilan ini berbeda dengan reno7 5G yang lebih rounded. 

Secara desain, efek ‘kotak’ ini memang memberikan nuansa tersendiri, apalagi OPPO bisa mengemasnya dengan layout lensa kamera belakang sedemikian rupa, digabungkan dengan warna prismatik sehingga secara keseluruhan tampilannya sangat cocok. Namun demikian, bagi saya pribadi, rasa genggam pinggiran ‘kotak’ ini terasa lebih melelahkan untuk digenggam satu tangan dalam waktu lama, jika dibandingkan pinggiran smartphone yang lebih rounded. Agak beda pengalamannya ketika memegang dengan dua tangan saat bermain game atau menonton video, karena terasa lebih nyaman alih-laih menggenggam dengan satu tangan. 

Performa main game dan sehari-hari 

Sekarang mari kita masuk ke pengalaman bermain game. Untuk uji kali ini saya menggunakan dua game sebagai bahan uji, yaitu PUBGM New State dan Super Mecha Champions. Keduanya game bergenre shooter battleground

Dua game ini bisa dilahap tanpa masalah, untuk masalah panas, terasa hangat namun masih dalam taraf wajar. Lokasi panas ada di bagian belakang perangkat dekat modul kamera. Untuk grafis sendiri, Super Mecha Champions bisa dilahap rata kanan tanpa masalah, sedangkan PUBGM New State maksimal di Frame Rate Ultra dan grafis High. Bisa sampai frame rate Max tetapi untuk kualitas grafis harus diturunkan jadi Lite. Untuk grafis Ultra bisa dinikmati tetapi frame rate-nya maksimal di Very High untuk pengaturan ini. 

Untuk rasa genggam saat bermain game cukup nyaman, seperti yang sudah dijelaskan di tas. Namun satu kendala adalah tentang speaker. Karena hanya mono, saat menggenggam suara speaker terkadang tertutup oleh tangan. Jadi untuk kenyamanan saat bermain game, bisa menggunakan bluettooh earphone seperti OPPO Enco. 

Reno7 Z 5G juga sudah mendukung beberapa fitur khusus gaming seperti Focus Mode, Quick Startup dan AI System Booster.

Bahas kamera dan pengalaman memotret

Untuk spesifikasi kamera, Reno7 Z 5G membawa 4 kamera. 3 kamera belakang yang terdiri dari 64MP main camera, 2MP depth camera dan 2MP macro camera. Sedangkan kamera depan 16MP selfie kamera

Aplikasi kamera bawaan juga cukup lengkap fiturnya. Anda bisa menikmati fitur fotografi malam, Portrait yang merupakan andalan OPPO untuk Reno7 series serta untuk Anda yang ingin mengambil foto manual bisa juga menikmati  fitur Expert atau Pro. 

Reno7 Z 5G juga sudah mendukung dual view video yang memungkinkan dua kamera (depan dan belakang) bekerja bersamaan dalam merekam konten. Fitur Macro dan Extra HD juga tersedia melengkapi SloMo, Time Lapse dan Panorama foto. 

Untuk fitur portrait sendiri, kalau boleh jujur saya lebih menyukai fitur yang ada di Reno7 5G yang memungkinkan pengguna menggeser aperture secara live untuk melihat efek bokeh yang diinginkan. Di Reno7 Z 5G fitur itu tidak tampak. Meski demikian, bukan berarti fitur fotografi, termasuk portrait di smartphone ini lebih rendah. Anda tetap bisa menikmati hasil bokeh yang baik dengan Reno7 Z 5G. 

Secara general, perangkat yang masuk jajaran Reno7 Series sudah dibekali dengan berbagai keunggulan dari sisi fotografi. Diantaranya bokeh flare portrait untuk foto baik kamera depan atau belakang, atau optimasi lain baik secara otomatis  atau pilihan pengguna untuk menghasilkan foto yang maksimal, baik dalam cahaya terang atau temaram. 

Dalam speed review kali ini saya mencoba beberapa foto untuk menguji. Foto di bawah ini mungkin tidak terlalu estetis karena tujuannya adalah untuk menguji kemampuan kamera terutama di cahaya temaram. 

Foto buah-buahan dilakukan di dalam toko yang cahaya terbatas, pengaturan foto menggunakan AI bisa menghasilkan warna yang lebih baik. Untuk foto di area parkir minimarket dan neon boks, bisa terlihat dauh serta batang pohon bisa tampak jelas. warna lampu dan neon juga bisa baik ter-capture.

Beberapa contohnya: 

Bahas fitur tambahan seperti Dual Orbit Light bahan, nonton video dan suara

Untuk bahasan bagian terakhir dari ulasan OPPO Reno7 Z 5G saya akan mencoba untuk membahas pengalaman beberapa fitur tambahan yang menurut saya menjadikan perangkat ini layak untuk dipilih. Kita mulai dari fitur Dual Orbit Light. 

Dual Orbit Light adalah fitur tambahan yang hadir lewat lampu indikator. Letaknya di area bawah lingkaran lensa kamera belakang. Dual Orbit Light ini menurut OPPO akan membawa penggunanya pada nostalgia breathing light yang pernah diperkenalkan pada seri OPPO Find 7 di tahun 2013. 

Fungsi lampu indikator ini pada dasarnya memberikan petunjuk bagi pengguna, memberikan tanda ketika berkedip atau menyala dengan berbagai warna tergantung dari aktivitas ponsel itu sendiri. Lampu ini akan menyala terus ketika mengisi daya, menjadi penanda ada panggilan telepon masuk atau menjadi penanda ada notifikasi yang belum terbaca, lampu akan berkedip.

Kesan nostalgia yang dihadirkan lampu ini cukup selaras dengan desain retro kotak dari keseluruha smarphone. Selain itu ternyata cocok juga dengan warna dari perangkat itu sendiri yang memberikan efek dinamis warna-warni. 

Seperti yang pernah saya tuliskan di artikel tentang Reno7  Z 5G sebelumnya, fitur Dual Orbit Light ini akan membuat Anda tergoda untuk menaruh perangkat dengan tampilan belakang smartphone yang terlihat. Selain menjadi penunjuk akan adanya notifikasi, Dual Orbit Light ini akan menjadi tambahan desain yang menyenangkan untuk dilihat. 

Pengalaman tambahan lain yang juga memberikan kesan bahwa perangkat ini menarik untuk dimiliki adalah tentang pengalaman menonton video. Seperti yang telah dijelaskan di atas, tampilan layar Reno7 Z 5G cukup memanjakan mata, meski eksekusi OPPO pada layar perangkat mereka rata-rata memang memberikan efek terang pada layar yang cukup kentara (setidaknya jika dibandingkan dengan perangkat lain di pasaran), namun untuk menonton video ini ternyata tidak menggangu bahkan di beberapa kondisi malah memberikan kenyamanan. Selain itu Anda juga bisa mengatur tingkat kecerahan menggunakan fitur Eye Comfort atau secara manual. 

Ukuran layar 6.4 inci dengan 1080 x 2400 piksel juga mendukung kenikmatan dalam menonton konten misalnya di Youtube, dengan jaringan memadai bisa dinaikkan kualitas ke 1080 (jika video juga mendukung). Pengalaman video juga ditopang oleh kualitas suara yang cukup baik di perangkat ini. Meski speaker-nya hanya mono tetapi hasil suara yang dihasilkan baik dan menambah keseruan dalam menonton konten video. 

Untuk urusan sistem operasi serta tampilan antar muka, Reno7 Z 5G meskipun berbasis Androis 11 tetapi untuk ColorOS yang di gunakan diperangkat sudah menggunakan ColorOS versi 12. Jadi pengguna akan bisa menikmati berbagai fitur dari bawaan antara muka seperti split screen, felxible windows, quick return bubble, quick launch, smart sidebar, kid space dan banyak lagi.

OPPO Watch Free, kombinasi lengkap untuk Reno7 Z 5G

Sebelum menutup artikel kali ini, ada satu perangkat OPPO yang bisa menjadi pelengkap dalam menggunakan Reno7 Z 5G, dia adalah OPPO Watch Free. Jam tangan pintar terbaru dari OPPO yang hadir dengan spesifikasi sebagai berikut.

  • Warna:                        Black dan Vanilla
  • Dimensi:                     46.0 mm × 29.7 mm × 10.6 mm
  • Berat:                          32.6 g (watch body & strap)
  • Layar:                         1.64-inch AMOLED display
  • Baterai:                      230 mAh (daya Tahan Baterai 14 hari)
  • Penyimpanan:         128 MB
  • Rating Tahan Air:    5 ATM
  • Sensor:                       6-axis motion sensor, optical heart rate sensor, optical SpO2 sensor, and ambient light sensor
  • Monitoring Kesehatan: Continuous second-level SpO2 monitoring, Sleep Monitoring, Real-time Heart Rate monitoring, Daily Activity, Stand-up Reminders

Pengalaman singkat mencoba perangkat jam tangan ini, saya menemukan beberapa keunggulan antara lain bobotnya yang ringan sangat menyenangkan digunakan karena tidak mengganggu gerak dan tidak membuat lelah lengan. Fitur yang ada juga cukup lengkap termasuk minitoring kesehatan seperti detak jantung dan SpO2 minitoring.

Tampilan layar juga cukup cerah dan pengalaman sentuhnya untuk mengakses menu juga tanpa kendala. Satu kekurangan yang mungkin lebih ke personal adalah tidak ada button di perangkat jam pintar ini, jadi jika kita ingin mematikan sementara jam tangan lalu menyalakannya kembali tidak bisa karena untuk 'memancing' jam kembali menyala harus menggunakan charger yang terhubungen dengan daya listrik (baik listrik utama PLN atau bisa juga ke powerbank dan laptop).

Kombinasi antara Reno7 Z 5G dan OPPO Watch Free menjadi kombinasi yang cukup menarik. Meski warna yang dihadirkan hanya dua, vanilla dan hitam namun desainnya yang minimalis bisa cocok dengan Reno 7 Z 5G.

Penutup

Secara overall, Reno7 Z 5G adalah perangkat yang menarik. Baik dari sisi desain maupun dukungan spesifikasi untuk performa perangkat. Sisi kamera juga bisa diandalkan dengan tentunya fitur-fitur khas OPPO seperti bokeh flare portrait yang membawa OPPO untuk jadi Portrait Expert. Favorit saya untuk fitur perangkat ini, selain tentunya yang berhubungan dengan performa, adalah dual ortbit light, dukungan SuperVOOC serta kualitas layar. Desain dan warna tampilan belakang juga menjadi bagian favorit tambahan di perangkat ini.

OPPO Reno7 Z 5G sudah resmi diperkenalkan oleh OPPO. Perangkat ini dijual  dengan harga 5.999 juta rupiah. Ini adalah perangkat jajaran seri Reno7 bersama dengan Reno7 5G dan Reno7 varian biasa yang juga akan tersedia untuk bisa dibeli oleh penikmat gadget tanah air.

Pre-orderOPPO Reno7 Z 5G sudah dibuka mulai dari 2-10 Maret 2022. Untuk info lainnya, selama persediaan masih ada, konsumen yang melakukan pemesanan akan bisa mendapatkan bluetoothspeaker eksklusif Reno7 Digisound selama persediaan masih ada. OPPO juga membundling penjualan Reno7 Z 5G ini dengan operator Telkomsel berupa paket data hingga 192GB dengan tambahan 10GB ekslusif pada jaringan 5G.

Lalu untuk pembelian Reno7 series 5G OPPO juga akan memberikan potongan harga sebesar 300 ribu rupiah apabila konsumen membeli paket bundling berikut OPPO Watch Free. 

Ada pula program cicilan Bunga 0% dengan syarat dan ketentuan berlaku dari Home Credit, Kredit Plus, dan Indodana. Lalu gratis biaya admin dan cicilan pertama dari Payku. AEON Fast juga ada promo cicilan pertama hingga 500 ribu rupiah untuk pembelian perangkat OPPO. 

OPPO Reno7 Z 5G sudah bisa dipesan OPPO Official Store yang ada di situs e-dagang di Indonesia, atau aplikasi OPPO Store yang terpasang pada smartphone OPPO. Untuk pemesanan luring bisa lewat OPPO Store dan partner retail resmi OPPO di seluruh Indonesia.