Dark
Light

Review realme 13 Pro+, Desain Cakep, Fitur Kameranya Bikin Nagih PhotoWalk

7 mins read
September 25, 2024
Review realme 13 Pro+

realme kembali menghadirkan seri perangkat angka mereka yaitu realme 13 Series. Hybrid diberikan kesempatan untuk mencoba salah satu varian perangkat ini, realme 13 Pro+ 5G. Selain desain dan rasa genggam yang menyenangkan untuk digunakan, berikut pengalaman kami dalam berbagai kegiatan menggunakan perangkat ini. 

realme sendiri menghadirkan dua varian untuk seri realme 13 ini. Selain yang varian Pro+ ada pula varian Pro. Perbedaan paling signifikan adalah adanya fitur kamera – periscope di varian Pro+ serta dukungan fast charging yang lebih cepat untuk varian Pro+.

Untuk harga sendiri, berikut selengkapnya realme 13 Pro+: varian 8GB/256GB harga normal 6.499.000 dan harga flash sale 6.099.000, sedangkan varian 12GB/512GB harga normal 6.999.000 dan harga flash sale 6.599.000. Untuk realme 13 Pro hanya ada satu varian 12GB/512GB harga normal 5.999.000 dan harga flash sale 5.599.000.

Sekarang, mari kita kupas beberapa hal yang menarik dan layak untuk dibahas di perangkat realme 13 Pro+.

Review realme 13 Pro+

Desain realme 13 Pro+ 5G

Kalau realme sendiri menjelaskan bahwa desain bagian belakang dari seri realme 13 Pro+ ini terinspirasi dari kayar seni Monet. Untuk warna yang kami coba adalah warna Granstack atau Sunset. 

Tampilan belakang dari perangkat meski terkesan polos sebenarnya tidak benar-benar polos. Ada seperti goresan-goresan lukisan yang tampil di seluruh bagian belakang perangkat. Bagian ini adalah bagian kaca buram yang dibuat menggunakan proses flash gold. Bagian belakang ini jadi seperti kanvas lukisan. 

Dari sisi bodi perangkat keseluruhan, realme 13 Pro+ mengambil pendekatan layar curve, jadi tampilan pinggir akan melengkung sehingga pinggiran bodi akan terasa lebih tipis. 

Rasa genggam dari perangkat ini cukup solid. Jika tidak menggunakan case, kesan doff yang ada di bagian belakang varian Sunrise atau gold ini membuat tidak licin sekaligus menambah kesan premium. Karena dipadukan dengan elemen desain lain termasuk pinggiran bodi. Meski terasa agak berat namun secara keseluruhan, desainnya memberikan rasa flagship yang cukup kentara. 

Review realme 13 Pro+

Tampilan bagian belakang di area kamera masih menggunakan desain serupa ring, bentuk bulat menjadi rumah dari 3 kamera belakang serta satu lampu flash yang ada di perangkat ini. 

Dengan hadirnya 3 kamera belakang, lengkap dengan kamera telefoto periskop, baterai cukup besar di kelasnya serta finishing yang elegen, perangkat ini masih bisa tampil tidak terlalu tebal meski berbobot 190g.

Spesifikasi realme 13 Pro+ 5G

Karena seri realme 13 ini menampilkan keunggulan dari sisi kamera, salah satu spesifikasi unggulannya tentu saja ada di bagian kamera. Perangkat ini menggunakan sensor Ada dua sensor dari Sony yang digunakan pada perangkat ini, yaitu Sony LYT-701 with OIS untuk Ultra Clear Photo dan Sony LYT-600 with OIS untuk Ultra Clear Zoom yang merupakan sendor untuk lensa periskop. 

Tidak hanya itu, dari realme sendiri menghadirkan teknologi Hyperimage+ yang membawa fitur AI untuk aktivitas yang berhubungan dengan fotografi. Fitur AI yang disematkan adalah AI Ultra Clarity, AI Hyper RAW Algoritm, AI Group Photo Enhance dan AI Smart Removal). 

Review realme 13 Pro+

Berikut spesfikasi untuk kameranya. 

Kamera Utama

Sony LYT-701; 50MP 1 / 1.56”; f / 1.88

Dilengkapi dengan OIS

Kamera Periskop

Sony LYT-600; 50MP 1 / 1.95”; f / 2.65 Dukungan OIS

Kamera Ultra-Wide

8MP; f / 2.2

Kamera Depan

Sony; 32MP; f / 2.45

4K 30FPS 1080P 60 FPS

1080P@120FPS / 720P@240FPS Slow Motion

Dengan kombinasi spesifikasi ini, perangkat bisa digunakan untuk mengambil foto dengan layak baik di waktu siang atau malam. Perangkat ini juga punya fitur zoom yang cukup baik, termasuk untuk portrait, perangkat ini menghadirkan optical zoom 3x dan in zoom sensor yang optimal sampai 6x. Perangkat juga mampu melakukan zoom sampai dengan 120x untuk kebutuhan yang spesifik. 

Untuk Anda yang mencari hasil foto hi-res, realme 13 Pro+ juga punya fitur ini dengan kualitas sampai 50 MP serta bisa zoom sampai 3 kali dengan kualitas MP yang sama. Ini akan cocok untuk membuat foto berkualitas meski dengan zoom. 

Untuk spesifikasi lainnya, perangkat ini menggunakan prosesor Snapdragon 7s Gen 2 5G, untuk realme 13 Pro+ ada varian 8GB/256GB dan 12GB/512GB, kedua varian ada perluasan virtual memory yang sama dengan besaran memory-nya.. Layar sudah 120Hz dengan Pro-XDR serta 2160 PWM Dimming. Perlindunga mata berbasis AI juga hadir untuk menjaga kenyamanan dalam menggunakan. 

Baterai di perangkat ini cukup besar, 5200mAh dengan dukungan fast charding 80W SUPERVOOC untuk realme 13 Pro+. Perangkat juga dilengkapi dengan perlindungan jatuh karena sudah mengantongo Swiss SGS 5 Stars. 

Kalau dari spesifikasi di atas, yang menarik tentu saja adalah kemampuan kamera dari perangkat ini. Lebih jauh nanti akan dibahas pada bagian pengalaman kamera. Tetapi secara overall fitur dan kemempuan kamera di perangkat ini bisa diandalkan. Apalagi realme 13 pro+ ini juga dilengkapi mode applikasi kamera Street bawaan, yang memudahkan kita berganti focal lenght dari 16mm, 24mm, 49mm, 73mm, 144mm dengan sekali tap. Ini membuat seru bagi mereka yang suka photowalk seperti saya, jadi terasa seperti punya bermacam lensa padahal hanya satu smartphone saja. 

Spesifikasi lain yang juga menarik adalah digunakannya Snapdragon 7s 5G sebagai salah satu pilihan untuk segmen perangkat ini, yang ada dikisaran 6 jutaan rupiah. Sudah mendukung 5G juga jadi untuk wilayah yang terkover dan dukungan SIM ada, bisa menikmati jaringan kecepatan tinggi. 

Oh ya, hampir lupa belum mambahas layar dari perangkat ini. Realme 13 Pro+ membawa layar 6.7 inci jenis AMOLED dengan resolusi FHD+ – 2412×1080. Untuk refresh rate sampai 120Hz dan touch sampling rate 240Hz/2000Hz. Kecerahan layar 600/1200/2000nit. Perangkat juga sudah support WiFi 6 serta 360 NFC jadi bisa dengan mudah men-tap kartu NFC dari sisi mana saja. 

Untuk speaker juga telah dual stereo jadi makin seru untuk bermain game atau digunakan menonton serial. Untuk mendengarkan musik, perangkat ini juga sudah Hi-Res Audio Certified. 

Dengan segmen dan kisaran harganya, realme 13 Pro+ menjadi cukup unggul, udah punya telefoto periskop (LYT-600 dengan OIS), Sensor telefoto besar, rentang zoom 120x cukup jauh untuk perangkat di segmennya, serta tampil dengan desain tipis meski punya kamera telefoto periskop.

Hasil pengujian software 

Berikut beberapa hasil pengujian software untuk perangkat realme 13 Pro+ yang saya review. 

Pengalaman penggunaan 

Sebelum kita membahas pengalaman penggunaan paling utama, yaitu dari sisi foto, kita bahas dulu pengalaman penggunaan lain seperti untuk main game dan untuk sehari-hari. 

Untuk bermain game, saya mencoba untuk bermain game Honor of Kings, dan pengalamannya cukup menyenangkan. Layar dari realme 13 Pro+ mampu memberikan kualitas gambar yang baik sehingga permainan menjadi lebih seru. Suara yang dihasilkan perangkat ini juga meski tidak terlalu wah tetapi cukup baik karena sudah stereo juga. Setidaknya suaranya cukup kencang untuk menambah keseruan bermain. 

Dari sisi manajemen panas juga cukup baik. Bermain beberapa match dengan jangka waktu yang cukup lama tidak membuat perangkat terasa panas. Jadi tetap nyaman untuk bermain. Baterai 5200 cukup membuat tenang kala bermain lama, dan SUPERVOOC 80W bisa diandalkan sebagai pengisian cepat, jadi no worries

Salah satu kendala atau kekurangan yang saya temukan dari sisi desain ketika bermain game adalah ukuran kamera yang cukup menonjol, jadi terasa ketika menggenggam bermain HoK. Namun karena ukurannya yang bulat dan berada tepat di tengah bagian atas, tidak terlalu mengganggu, khususnya jari telunjuk, jadi aman ketika bermain. 

Untuk pengaturan bermain HoK cukup bisa mentok kanan dengan pengaturan seperti di foto. Pengaturan yang bisa high saya pilih yang paling mentok.

 

Untuk pengalaman penggunaan sehari-hari dan untuk hiburan (menonton Youtube), perangkat ini cukup aman dan bisa memberikan pengalaman yang cukup menarik. Terutama dari sisi layar untuk menonton video. 

Layar AMOLED dengan resolusi yang cukup tinggi di kelasnya memungkinkan pengguna untuk menikmati konten dengan lebih menyenangkan. Refresh rate 120Hz juga memberikan kenyamanan untuk menjelajah aplikasi atau konten lain. Untuk penggunaan dalam waktu lama, dukungan fast charging 80W tidak bikin pusing ketika membutuhkan mengisi daya dalam waktu singkat. Baterai 5200 mAh juga cukup besar untuk aktivitas sehari-hari. 

Pengalaman foto

Seri realme angka memang biasanya dipertuntukkan untuk fotografi, sedangkan seri GT untuk performa atau bermain game. Demikian juga realme 13 Pro+, perangkat ini diberikan fitur oleh realme yang mendukung kegiatan fotografi. 

Dari penjelasan spesifikasi di atas, beberapa keunggulan antara lain dua kamera dengan sensor Sony, MP yang besar dan tentu saja yang juga penting adalah OIS untuk membantu kestabilan saat mengambil foto. 

Perangkat ini juga punya kemampuan zoom yang cukup menarik di range harga yang jadi segmennya. Anda bisa menikmati zoom optical sampai 3 kali dengan hasil yang cukup baik. Dalam kegunaan sehari-hari untuk foto, ini akan memudahkan ketika tidak ingin meng-crop hasil foto, jadi kita bisa framing area tertentu yang ingin masuk dalam frame. Atau bisa juga saat membutuhkan foto subjek dengan lebih dekat namun tidak memungkinkan pada subjek tersebut. 

Untuk zoom di atas 3x, realme 13 Pro+ ini juga punya kemampuan zoom yang cukup baik, setidaknya zoom 6x sampai 10x masih bisa sangay diandalkan. Di atas itu, masih bisa diandalkan juga tetapi harus memperhatikan cahaya dan juga subjek. Kekurangan ini sebetulnya cukup masuk akal, mengingat range harga perangkat ini masuk dalam area mid-range. Apalagi kini makin jarang, segmen ini punya kemampuan zoom yang cukup jauh.

Salah satu fitur zoom yang juga penting ada di perangkatini menurut saya adalah, sistem ‘stabilizer’ atau lock area ketika menggunakan zoom jauh, di atas 30x hadir dengan cukup baik dan prosesnya cepat. Ini membantu karena biasanya klo zoom sudah di atas 30x akan susah untuk locking subjek. 

Saat digunakan untuk memfoto dengan kualitas 50MP juga memungkinkan untuk zoom sampai 3x, ini menyenangkan sekali karena ketika kita butuh kualitas MP yang besar, misalnya untuk keperluan cetak atau bahkan cropping saat editing, kita bisa mengandalkan fitur ini. 

Sedangkan untuk pengalaman penggunaan foto portrait kita juga bisa menggunakan fitur zoom yang dengan kamera periskop untuk telefoto. Ini juga penting untuk bisa mendapatkan foto portrait dengan kualitas baik namun jarak dengan subjek bisa agak jauh. 

Fitur yang saya suka di realme 13Pro+ adalah mode Street – lalu atur filter menggunakan B&W Plus, setelahnya mainkan focal lenght sesuai kebutuhan atau keiningin (bisa pilih 16mm, 24mm, 49mm, 73mm, 144mm). Filter B&W ini memang bukan fiter hitam putih biasa, karena contrast-nya memang dilebihkan. Tidak semua foto akan cocok dengan filter ini, tetapi kalau menemukan subjek dan suasana serta cahaya yang pas, hasilnya jadi cukup seru. 

Review realme 13 Pro+

Untuk fitur kamera lain yang dilengkapi fitur AI juga cukup menarik untuk dicoba. Realme menamakan fitur-fitur AI ini sebagai HYPERIMAGE+. Ada banyak fitur yang bisa dicoba, dan beberapa cukup membantu untuk kondisi foto tertentu. Ada AI Ultra Clarity, AI Hyper RAW Algorithm, AI Group Photo Enhance & AI Smart Removal. Beberapa yang sudah saya coba antara lain adalah AI Smart Removal, fitur yang sebenarnya hampir ada di semua produk smartphone modern tetapi hasil yang diberikan realme cukup bisa digunakan karena cukup presisi. 

Fitur AI Ultra Clarity yang ada saat kita melakukan editing di aplikasi foto bawaah realme ini juga cukup berguna. Anda bisa merestorasi file foto lama agar tampak lebih ‘hi res’, atau kalau saya biasanya fitur ini digunakan untuk memperjelas foto yang saya ambil dengan bajak subjek (landscape kota misalnya) agar bagian-bagian detail dari foto bisa di-enhance agar tampak lebih baik. 

Berikut beberapa hasil foto yang saya ambil menggunakan realme 13 Pro+.

Hasil foto malam

Hasil foto siang

Hasil foto BW atau hitam putih

Hasil foto portrait

Hasil foto lainnya, beberapa foto tidak menggunakan watermark untuk mempertahankan ProHDR

Hasil foto zoom

Kesimpulan Review realme 13 Pro+

Sebagai perangkat yang ingin menyasar mereka yang gemar fotografi, realme 13 Pro+ memberikan banyak fitur yang bisa dijelajah. Kemampuan telefoto dengan periskop serta kedua kamera utama dilengkapi oleh Sony image sensor serta yang melengkapi semuanya adalah dukungan fitur AI dengan HYPERIMAGE+. Fitur aplikasi di kamera bawaannya juga cukup lengkap, termasuk RAW serta mode favorit saya adalah Street. 

Sisi desain juga cukup baik dengan kesan elegan dan cukup mewah. Performa, meski bukan yang paling oke tetapi dikisaran harganya cukup bisa menunjang fitur-fitur yang ada termasul proses foto dan juga fitur AI. 

Sebagai alternatif smartphone dengan fitur kamera yang mumpuni, realme 13 Pro+ bisa jadi pilihan yang cukup menarik untuk range harga 6 jutaan. 

Sparks

  • Fitur kamera cukup lengkap
  • Hasil foto ciamik
  • Desain premium
  • Periskop 
  • Kestabilan OS (terutama untuk aplikasi kamera bawaan)

Slacks

  • Prosesor kelas menengah
  • Cukup berat

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

Previous Story

Pixel 9 Pro XL: ‘Kembaran’ iPhone yang Hampir Sempurna

Latest from Blog